.

.

Rubrik

.

Jumat, 12 Oktober 2018

Upayakan Peningkatan Kualitas Kesehatan Ibu dan Anak, Sejumlah Kader Gelar Posyandu di Kelompok Randanan Tallunglipu Torut

Sejumlah Kader Posyandu menggelar pelayanan Posyandu di kolong rumah milik salah satu warga Kelompok Randanan Tallunglipu di Kabupaten Torut, Jumat (12/10/2018)

TORAJA, Tabloid SAR- Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) merupakan salah satu sarana kemasyarakatan pada tingkat wilayah lembang atau desa, dan kelurahan.

Posyandu memiliki peran yang sangat vital dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya pada peningkatan kualitas kesehatan ibu dan anak, serta integrasi program pelayanan Keluarga Berencana (KB) bagi Pasangan Usia Subur (PUS).

Bahkan Posyandu tidak hanya berfungsi pada aspek kesehatan, namun juga dapat dimanfaatkan sebagai media yang lebih efektif dan efisien oleh pemerintah setempat untuk mensosialisasikan informasi kebijakan, serta program-program kerakyatan dan pembangunan lainnya.


Apa lagi dengan adanya disentralisasi pembagian urusan pelayan dasar kebutuhan masyarakat, maka Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Toraja Utara (Torut) dituntut memiliki peran serta yang intensif secara berkesinambungan dalam membina dan mengembangkan pelaksanaan Posyandu.

Karena Posyandu sebagai ujung tombak pembinaan kesehatan masyarakat melalui kebijakan dengan melibatkan sejumlah stakeholder terkait yang bisa saling bersinergi baik dalam bentuk dukungan peningkatan kapasitas pengetahuan para pengelolah Posyandu atau Kader Posyandu, maupun dalam bentuk dukungan sarana dan prasarananya.


Oleh karena itu, setiap lembang dan kelurahan pada 21 kecamatan yang ada di Kabupaten Torut, Sulawesi Selatan (Sulsel), memiliki minimal satu Posyandu.

Karena begitu penting dan strategisnya peran Posyandu, maka para Kader Posyandu bersama petugas medis dari Puskesmas Tallunglipu, Kabupaten Torut, secara rutin melakukan  kegiatan pelayanan Posyandu.


Dalam kegiatan ini, selain memberikan pelayanan rutin berupa pemantauan gizi Balita (bawa lima tahun- red) dengan melakukan penimbangan dan pemberian bubur, serta pengukuran berat badan dan tinggi badan Balita, juga dilakukan pelayanan kesehatan berupa pemberian imunisasi DPT, Polio, BCG dan MR, serta penyuluhan kesehatan dan KB dengan melibatkan para tenaga penyuluh BKKBN Kabupaten Torut.

Hal tersebut, digelar oleh para Kader Posyandu dan petugas medis dari Puskesmas Tallunglipu di Posyandu Kelompok Randanan Tallunglipu di Kelurahan Tallunglipu, Kabupaten Torut, Jumat (12/10/2018) pagi hingga siang hari.

Editor : William Marthom


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.