.

.

.

Senin, 22 Oktober 2018

Warga Desa Wiwitan Gelar Pemilihan Anggota BPD

Proses Pemilihan Anggota BPD Wiwitan periode 2018-2024 sedang berlangsung di Aula Kantor Desa Wiwitan, Kecamatan Lamasi, Kabupaten Luwu, Senin (22/10/2018) pagi

LUWU, Tabloid SAR- Warga Desa Wiwitan, Kecamatan Lamasi, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel), berbondong-bondong mendatangi aula kantor desa mereka, Senin, (22/10/2018) pagi tadi.

Kedatangan warga tersebut, di alua kantor desanya adalah untuk menggunakan hak pilih mereka dalam pemilihan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Wiwitan periode 2018-2024.


Menariknya karena dalam pemilihan itu, warga desa menggunakan hak pilih mereka secara demokratis.

Hanya saja dalam pemilihan ini, setiap dusun di Desa Wiwitan hanya diwakili oleh 30 orang pemilih. Jadi dari 3 dusun yang ada di Desa Wiwitan yakni Dusun Gerumbul, Wiwitan Barat, dan Wiwitan Tengah, cuma diwakili oleh 90 orang pemilih.


Sistem pemilihan tersebut, berbeda dengan mekanisme pemilihan Kepala Desa (Kades), karena dalam Pilkades, setiap warga desa yang memiliki hak suara, berhak untuk memilih calon Kades pilihan mereka.

Dalam pemilihan itu, setiap pemilih yang memiliki hak suara sebagai perwakilan dusun mereka, secara bergantian memasuki ruangan tempat pemungutan suara (TPS) untuk mencoblos kertas suara Calon Anggota BPD yang bersaing dalam pemelihan tersebut.


Sebanyak 10 orang kandidat yang berkompetisi dalam pemilihan ini, bersaing secara ketat memperebutkan 5 kursi BPD di desa mereka, untuk masa bakti selama 6 tahun kedepan.

Pemilihan Calon Anggota BPD yang berlangsung di Aula Kantor Desa Wiwitan ini, dimulai sekitar pukul 09.00- 12.00 WITA. Usai pemilihan dan istrahat untuk makan siang, perhitungan suara kemudian dilaksanakan pada pukul 13.00 WITA oleh panitia penyelenggara.


Dalam pemilihan tersebut, sebanyak 5 orang kandidat dari 10 calon yang bersaing ditetapkan sebagai Anggota BPD Wiwitan perode 2018-2024.

Para kandidat yang terpilih dalam pemilihan itu, yakni Budianto dengan dukungan sebanyak 27 suara, Ruli 22 suara, Rian 9 suara, dan Tarsan 8 suara.


Sedangkan calon yang mewakili kaum perempuan yaitu Budiarseh dan Widya mendapat dukungan dengan jumlah draw atau seri, sebanyak 15 suara. Namun Widya kemudian legowo untuk tidak duduk dalam Struktur Anggota BPD Wiwitan setelah dilakukan perhitungan suara. Satu suara dinyatakan batal dalam pemilihan tersebut.

Jadi berdasarkan hasil perhitungan suara, Budianto, Ruli, Rian, Tarsan dan Budiarseh ditetapkan sebagai Anggota BPD Wiwitan periode 2018-2024.


Usai perhitungan suara, para calon yang terpilih menggelar musyawarah internal, untuk menentukan Struktur BPD Wiwitan.

Alhasil, Tarsan ditetapkan sebagai Ketua, dan Ruli terpilih jadi sekretarisnya, sedangkan Budianto, Rian, dan Budiarseh selaku Anggota BPD Wiwitan  untuk masa bakti 6 tahun kedepan.  


Dalam kesempatan ini, Kades Wiwitan Sriyanto mengatakan bahwa pihaknya berharap agar kedepannya, para Anggota BPD yang baru saja terpilih dan ditetapkan, dapat bersinergi dengan jajaran Pemerintah Desa Wiwitan.

“Saya selaku Kades, berharap agar para Anggota BPD yang baru saja ditetapkan dalam pemilihan ini, bisa bekerjasama dengan kami agar roda Pemerintahan Desa Wiwitan dapat berjalan lancar. Sehingga pembangunan desa dan kesejateraan warga bisa diakselerasi, jika BPD dengan kami dapat bersinergi dalam menjalankan amanah sesuai harapan masyarakat,” kata Sriyanto ketika ditemui seusai penetapan Struktur Anggota BPD Wiwitan.


Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan Anggota BPD Wiwitan, Sumadi mengungkapkan bahwa pihaknya mewakili para panitia penyelenggara mengucapkan terima kasih atas dukungan dan partisipasi semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini.

“Kami selaku panitia penyelenggara, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung penuh kegiatan ini, sehingga dapat terlaksana dengan aman, lancar dan tertib, sesuai harapan,” ujar Sumadi.


Selain itu, Sumadi mengucapkan pula selamat kepada semua Anggota BPD Wiwitan yang terpilih, dan meminta para kandidat yang tidak terpilih untuk tetap mendukung para calon yang terpilih.

“Selamat kepada Anggota DPD yang terpilih, semoga amanah dalam menjalankan tugasnya 6 tahun kedepan. Dan bagi calon yang tidak terpilih dalam pemilihan ini, kami harapkan agar tetap bisa bekerjasama untuk mendukung jalannya roda pemerintahan di Desa Wiwitan,” kuncinya.


Untuk diketahui, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Pemendagri) Nomor 110 Tahun 2016 tentang Badan Permusyawaratan Desa, dijelaskan bahwa BPD memiliki fungsi yang sangat strategis dalam sistem pemerintahan desa saat ini.

Fungsi BPD dalam Permendagri Nomor 110 Tahun 2016, secara umum adalah membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kades, serta menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, termasuk melakukan pengawasan kinerja Kades.

Penulis   : Jirham
Editor     : William Marthom


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.