.

.

.

Selasa, 20 November 2018

Ada Apa ... SMP Negeri 9 Palopo Gelar Rapat Bersama Komite Sekolah dan Orangtua Siswa Bahas Pelaksanaan Semester Ganjil Berbasis Online?

Kepala SMP Negeri 9 Palopo, Iding Nangke, S.Pd

PALOPO, Tabloid SAR- Guna menindaklanjuti intruksi Dinas Pendidikan Kota Palopo, terkait pelaksanaan ujian semester ganjil berbasis online yang akan dilaksanakan pada tanggal 3 – 8 Desember 2018 mendatang. Pihak SMP Negeri 9 Palopo mengundang Komite Sekolah dan para orangtua siswanya.

Hal tersebut, diungkapkan oleh Kepala SMP Negeri 9 Palopo, Iding Nangke SPd, ketika ditemui wartawan Tabloid SAR di ruang kerjanya, sesaat sebelum rapat dengan Komite Sekolah dan para orangtua siswa-siswi Kelas III SMP Negeri 9 Palopo dimulai, Senin (19/11/2018) pagi.

Menurutnya, hal itu dilakukan sebagai ajang untuk mensosialisasikan kebijakan Dinas Pendidikan Kota Palopo yang mewajibkan seluruh SMP di Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), untuk menyelenggarakan ujian semester ganjil berbasis online khusus bagi siswa-siswi Kelas III SMP.

“Kami sengaja mengundang Komite Sekolah dan para orangtua siswa Kelas III di sekolah ini, untuk mengadakan rapat bersama guna mensosialisasikan bahwa pada awal Desember 2018 mendatang, seluruh peserta didik SMP di Kota Palopo, termasuk siswa Kelas III di sekolah kami, diwajibkan mengikuti ujian semester ganjil berbasis online,” kata Iding.


Ia menambahkan bahwa rapat itu, selain untuk mensosialisasikan kebijakan tersebut, juga untuk membahas bersama, solusi mengenai kurangnya komputer dan laptop milik SMP Negeri 9 Palopo.

“Karena ujian semester ganjil berbasis online, harus menggunakan komputer maupun laptop dan HP Android yang ketersediaannya masih sangat kurang di sekolah kami. Maka dalam rapat itu, nantinya kita akan membahas bersama solusi terbaiknya, seperti apa agar seluruh siswa-siswi Kelas III SMP Negeri 9 Palopo, bisa mengikuti ujian tersebut,” tambah Iding.

Selain itu, Kepala SMP 9 Palopo menerangkan bahwa sekolah yang dinahkodainya, hanya memiliki 10 unit komputer dan laptop pinjaman sebanyak 20 unit, sedangkan jumlah siswa-siswi Kelas III SMP Negeri 9 Palopo yang akan mengikuti ujian semester ganjil berbasis online sebanyak 176 orang.

“Komputer dan laptop di sekolah ini, masih sangat kurang maka masalah kekurangan itu, perlu dicarikan solusinya. Misal dengan cara, meminta orangtua para peserta didik agar mencarikan laptop maupun HP Android buat anak-anak mereka untuk dipergunakan pada saat mengikuti ujian semester ganjil berbasis online nantinya,” terang Iding.


Lebih lanjut, mantan Kepala SMP Negeri 13 Palopo tersebut, menjelaskan bahwa kelebihan dari pelaksanaan ujian semester ganjil berbasis online adalah selain karena hasilnya bisa langsung diketahui sesaat pasca pelaksanaan ujian berakhir, juga untuk membiasakan peserta didik kami dalam menggunakan aplikasi berbasis online.

“Sehingga pada saat mengikuti Ujian Sekolah Bertaraf Nasional  (USBN) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada akhir semester genap nantinya, mereka sudah tidak canggung lagi, karena sudah terbiasa menggunakan aplikasi berbasis online pada saat mengikuti ujian semester ganjil,” jelas Iding.

Melalui kesempatan ini, Kepala SMP Negeri 9 Palopo juga menyebutkan bahwa secara umum soal-soal ujian semester ganjil berbasis online nantinya berjumlah sekitar 25 – 30 nomor pilihan ganda, dan soal essai sebanyak 5 nomor.

“Soal ujiannya nanti terdiri dari soal pilihan ganda dan essai. Kalau soal pilihan gandanya mungkin hanya sekitar 25 – 30 nomor dan soal essainya 5 nomor untuk setiap mata pelajaran,” sebut Iding sembari mengatakan bahwa pada saat ujian semester ganjil berbasis online mendatang, mereka akan menggunakan 2 unit server dan satu Wifi milik sekolah.


Untuk diketahui, jumlah peserta didik SMP Negeri 9 Palopo yang akan mengikuti ujian semester ganjil pada awal Desember 2018 mendatang, sebanyak 569 orang. Sebanyak 190 orang siswa Kelas I dan 203 siswa Kelas II, serta 176 siswa Kelas III.

SMP Negeri 9 Palopo berada di Km 11 Jalan Poros Palopo – Masamba, tepatnya di Kelurahan Maroangin, Kecamatan Teluwanua, Kota Palopo, Sulsel.

Penulis   : William Marthom
Editor     : Zottok


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.