.

.

.

Minggu, 18 November 2018

Pemkab Torut Gelar Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-54 Tahun 2018

Tiga personil Satpol PP sedang mengibarkan bendera Merah Putih pada saat upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke- 54 Tahun 2018 dilaksanakan di Lapangan Bakti Rantepao, Kecamatan Rantepao Ibukota Kabupaten Torut, Sabtu (17/11/2018)

TORAJA, Tabloid SAR- Pemerintah Kabupaten Toraja Utara (Torut) menggelar upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 Tahun 2018.

Upacara tersebut, dilaksanakan di Lapangan Bakti Rantepao, Kecamatan Rantepao, Ibukota Kabupaten Torut, Sulawei Selatan (Sulsel), Sabtu (17/11/2018) pagi.

Kali ini, upacara peringatan HKN dipimpin oleh Ketua DPRD Torut, Stepanus Mangatta.

Dalam amanatnya, Ketua DPRD Torut mengatakan bahwa diperlukan kesadaran individu untuk bisa meningkatkan perilaku hidup sehat, serta mengubah pola hidup propentif dan preventif agar dapat meningkatkan kesadaran gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) di Kabupaten Torut.

“Untuk mensukseskan program Germas sebagaimana yang dicanangkan oleh pemerintah pusat hingga jajaran pemerintah pada tingkat kabupaten/kota, kuncinya adalah harus dimulai dari invidu kita, baru kemudian bisa diterapkan pada segala lini,” kata Stepanus.


Ia juga menyebutkan bahwa dalam rangka mensukseskan program Germas, maka pemerintah harus mampu mendekatkan pelayanan masyarakat pada bidang kesehatan.

“Pendekatan pelayanan pada bidang kesehatan itu, seperti meningkatkan sarana dan prasarana kesehatan yang meliputi pembangunan fisik fasilitas pelayanan kesehatan,” sebut Stepanus.

Selain itu, Stepanus menghimbau agar peningkatan pelayanan kesehatan di Torut agar terus digalakkan oleh jajaran dinas terkait, dengan memberi instruksi dan arahan secara kongkrit kepada jajarannya. Sehingga dengan demikian, dapat pula diketahui sejauh mana peningkatan derajat kesehatan masyarakat kita di Torut ini.

“Kuncinya kita harus terus meningkatkan sarana dan prasarana kesehatan yang dibarengi dengan pelayanan kesehatan secara maksimal, sehingga kita bisa mencapai derajat pembangunan kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya,” himbaunya.


Pada bagian akhir amanatnya, Ketua DPRD Torut juga mengingatkan masyarakat agar membiasakan diri untuk berperilaku hidup sehat.

“Dalam rangka mencapai kesuksesan peningkatan pola hidup sehat, maka masyarakat harus pula ikut berpartisipasi dalam mensukseskan program Germas. Karena dengan mencintai perilaku hidup sehat, maka derajat kesehatan kita dan lingkungan di sekitar kita dapat ditingkatkan. Sebab kata orang bijak, ‘kebersihan adalah sebagian dari pada iman’ jika itu kita aminkan, maka program pencanangan Torut sebagai kabupaten bebas deman berdarah (DBD) dan bebas rabies, akan sukses,” kuncinya.

Tampak hadir dalam upacara tersebut, Dandim 1414 Tana Toraja (Tator) Letkol CZI Hiraz Manaek Saragih Turnip, jajaran Pemkab Torut, para pemerhati kesehatan, dan para dokter, suster, serta bidan se-Kabupaten Torut.

Editor : William Marthom


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.