.

.

.

Kamis, 29 November 2018

Pertama Kali Kunjungi Lutra, Gubernur Sulsel Sebut Bupati “Macca”, Inovatif dan Agresif


Gubernur Sulsel, Prof. Dr. Ir. H. M. Nurdin Abdullah, M. Agr saat meninjau langsung proses pembangunan Bendung Baliase di Kecamatan Mappideceng, Kabupaten Lutra, Rabu (28/11/2018)

LUTRA, Tabloid SAR – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah  melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Luwu Utara (Lutra).

Ini merupakan kunjungan pertama kali, Nurdin Abdullah ke Lutra semenjak resmi menjabat sebagai Gubernur Sulsel.

Kunjungan perdana Gubernur Nurdin Abdullah tersebut, dimaksudkan untuk mininjau perkembangan pembangunan Bendung Baliase yang terletak di Kecamatan Mappedeceng, Kabupaten Lutra, Sulsel.


Bupati Lutra, Indah Putri Indriani dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Gubernur Sulsel bersama rombongannya.

“Selamat datang di Bendung Baliaese, bendungan ini kami sebut sebagai bendungan terunik di Indonesia. Karena bendungan ini, terintegrasi langsung dengan Jalan Trans Sulawesi (Jalan Nasional- red) dan pemukiman masyarakat. Olehnya itu, bendungan ini akan menjadi icon baru di daerah Lutra. Sehingga nantinya, jika kita mendengar sebutan Bendungan Baliase, berarti itu nenadakan Kabupaten Lutra,” kata Indah Putri di lokasi pembangunan Bendungan Baliase, Rabu (28/11/2018).

Melalui kesempatan itu, Bupati Lutra juga meminta dukungan kepada Gubernur Sulsel untuk pembangunan irigasi saluran tersier yang terkoneksi langsung dengan Bendungan Baliase.

“Pak Gubernur yang kami hormati, bantu kami untuk membangun saluran irigasi guna mengairi areal persawahan masyarakat Lutra secara maksimal yang air bakunya berasal dari bendungan ini nantinya. Karena Lutra, siap menjadi penyangga pangan baik untuk Sulsel maupun bagi Indonesia pada umumnya. Hanya saja saluran irigasi tersier kami, masih belum maksimal dan masih sangat membutuhkan perhatian pemerintah baik dari Pemrov Sulsel maupun dari pemerintah pusat,” pinta Indah Putri dengan rada penuh harap.


Sementara itu, Gubernur Sulsel yang akrab disapa Prof Andalan, mengatakan bahwa masyarakat Lutra harusnya bersyukur karena punya Bupati Macca (pintar- red) dan juga agresif, serta tidak kenal lelah.

“Kita patut bersyukur, karena kita punya bupati macca dan selain itu, Ibu Indah juga sangat agresif dan tidak mengenal lelah,” ujar Nurdin Abdullah menyanjung Bupati Lutra.

Selain itu, Gubernur Sulsel juga menerangkan bahwa Presiden Jokowi terus mendorong Sulsel agar dapat menjadi lumbung pangan nasional, itu ditandai dengan komitmennya yang terus – menerus membangun sejumlah bendungan besar di Sulsel, termasuk Bendungan Baliase di Lutra.

“Oleh karena itu, air akan menjadi problem kita kedepan jika tidak didukung dengan sarana dan prsarana yang memadai seperti  bendungan – bendungan besar. Karena itu, Sulsel sebagai penyangga pangan nasional, harus betul – betul memperhatikan persoalan ketersediaan air baku untuk kebutuhan sektor pertanian. Sebab air betul-betul, akan menjadi salah satu tumpuan kebutuhan para petani dalam meningkatkan produksi pangan di Sulsel dan contoh baiknya ada di Lutra dengan hadirnya Bendung Baliase ini,” terangnya.


Ia menambahkan bahwa Bendung Baliase ini, bisa dikembangkan menjadi industri pariwisata.

“Bendungan ini, bisa menjadi salah satu industri pariwisata, seperti wisata mancing, arung jeram, tempat rekreasi dan lain – lain. Ini bisa menjadi pusat unggulan wisata di Kabupaten Lutra,” tambah Gubernur Sulsel tersebut.

Untuk diketahui, ketika Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah meninjau proses pembangunan Bendungan Baliase, ia dampingi oleh Bupati Lutra Indah Putri bersama Sekda Lutra Abdul Mahfud, Waka Polres Lutra Kompol Amir Majid bersama jajarannya, dan sejumlah Anggota DPRD Lutra, termasuk para Asisten, serta para Staf Ahli Bupati dan para pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Lutra.

Penulis   : Dedhy
Editor     : William Marthom


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.