.

.

.

Selasa, 04 Desember 2018

Bupati Lutim Kukuhkan Pengurus Baru FK Tagana Kabupaten Lutim

Bupati Lutim, HM Thoriq Husler (kiri) membacakan SK ketika melantik dan mengukuhkan para personil Tagana Lutim yang terpilih menjadi Pengurus FK Tagana Kabupaten Lutim periode 2018 - 2021 di Gedung Wanita Simpurusiang, Malili Ibukota Kabupaten Lutim, Selasa (04/12/2018) 

Husler : Pemprov Sulteng dan Kemsos RI, Juga Sudah Mengakui Kinerja dan Bakti Para Personil Tagana Kabupaten Lutim

LUTIM, Tabloid SAR – Bupati Luwu Timur (Lutim), HM. Thoriq Husler mengukuhkan para Pengurus Forum Koordinasi Taruna Siaga Bencana (FK-Tagana) Kabupaten Lutim periode 2018 -2021 di Gedung Wanita Simpurusiang, Malili Ibukota Kabupaten Lutim, Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa (04/12/2018).

Dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Lutim, Sukarti dihadapan bupati dan para Anggota Tagana Lutim, serta para tamu undangan ketika menyampaikan laporannya mengungkapkan maksud dan tujuan pembentukan FK-Tagana Kabupaten Lutim.

“FK Tagana Kabupaten Lutim, kami bentuk sebagai wadah untuk mempermudah koordinasi dan pemberdayaan, guna mengkoordinir perencanaan, pengorganisasian dan pengendalian. Ini juga sebagai upaya dalam rangka memaksimalkan kesiapsiagaan Anggota Tagana agar semakin tanggap darurat menghadapi bencana dan pemulihan sosial sebagai akibat dari dampak bencana,” ungkap Sukarti dalam laporannya di depan para hadirin.


Selain itu, Sukarti juga menjelaskan bahwa FK Tagana Kabupaten Lutim merupakan mitra Dinsos P3A Lutim dalam upaya penanggulangan bencana di daerah Lutim.

“Untuk diketahui bersama bahwa Tagana telah terbentuk di Kabupaten Lutim sejak Tahun 2009 lalu dan hingga saat ini, Tagana Lutim telah melakukan rekruitmen anggota dalam tiga angkatan dengan jumlah keseluruhan personel sebanyak 67 orang. Tagana merupakan relawan yang berasal dari masyarakat Lutim, mereka disebar pada setiap kecamatan di Lutim untuk siaga dan tanggap dalam memberikan pertolongan manakala ada bencana yang terjadi,” jelasnya.

Sementara Bupati Lutim, HM Thoriq Husler dalam sambutannya mengatakan bahwa  pengabdian dan karya kemanusiaan yang telah dilaksanakan oleh Tagana Kabupaten Lutim selama ini, sudah selayaknya mendapatkan apresiasi serta dukungan baik dari pemerintah maupun masyarakat.

“Oleh karena itu, saya selaku Kepala Daerah Kabupaten Lutim menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh Anggota Tagana Lutim yang selama ini telah  menjadi mitra pemerintah dalam melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan pada berbagai kegiatan tanggap bencana maupun kegiatan pasca bencana,” kata Husler dalam sambutannya seusai melantik FK Tagana Kabupaten Lutim periode 2018 – 2021.


Ia menambahkan bahwa FK-Tagana Kabupaten Lutim, merupakan relawan penanggulangan bencana berbasis masyarakat yang sudah teruji profesionalitasnya dan berdedikasi tinggi.

Lebih lanjut mantan Bupati Lutim tersebut, menghimbau agar kepengurusan FK-Tagana Lutim masa bakti 2018 - 2021 yang baru terbentuk di bawah koordinasi Awaluddin selaku koordinator, supaya lebih meningkatkan fungsi koordinatif dalam berbagai kegiatan kebencanaan, baik pra hingga pasca bencana, serta terus menguatkan daya tanggap dan komitmen Anggota Tagana Kabupaten Lutim dalam mengabdi pada masyarakat.

“Bekerjalah dengan semangat dan dengan jiwa yang ikhlas, serta terus berkreasi dan senantiasa meningkatkan kapasitas pada berbagai lini kecakapan, termasuk terus meningkatkan kemahiran secara profesional,” himbau Husler.


Menurut orang nomor satu di Kabupaten Lutim itu, bahwa kinerja Tagana Lutim bukan hanya mendapat apresiasi dari Pemkab Lutim, akan tetapi juga dari Pemprov Sulteng, bahkan dari Kementrian Sosial RI.

“Pemprov Sulteng dan Kemsos RI, juga sudah mengakui kinerja dan bakti para personil Tagana Kabupaten Lutim. Tagana Lutim sudah berbuat banyak dan nyata untuk masyarakat yang tertimpa bencana di daerah Palu dan Donggala, Sulteng,” ujar Husler.

“Untuk itu, maka roh dan jiwa Tagana harus bersifat relawan yang ikhlas dan tidak boleh bekerja hanya karena sesuatu atau karena honor. Maka untuk itu, saya berharap agar segenap personil Tagana Lutim tetap bekerja dan membantu sesama dengan semangat yang ikhlas, serta selalu mengedepankan komunikasi dan bersinergi atau bekerjasama dengan seluruh stakeholder. Mudah-mudahan dengan demikian akan membawa kebaikan dan kemajuan untuk Kabupaten Lutim,” tandasnya.


Seusai melantik dan mengukuhkan pengurus baru FK-Tagana, Bupati Lutim menyerahkan Piagam Penghargaan secara simbolis kepada personil Tagana Lutim yang telah melaksanakan tugas kemanusian di Kota  Palu dan Kabupaten Donggala beberapa waktu lalu ketika gempa bumi dan tsunami memporakporandakan Palu dan Donggala di Sulteng.

Tampak hadir dalam kegiatan ini, selain Bupati Lutim HM Thoriq Husler dan Kepala Dinsos P3A Kabupaten Lutim Sukarti, hadir pula Perwira Penghubung Lutim, Mayor TNI Inf. Suparman, Kapolsek Malili AKP Abd. Nur Adnan, dan para personil Tagana Lutim, serta perwakilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lutim.

Editor : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.