.

.

.

Senin, 24 Desember 2018

Bupati Torut Pastikan Segera Tempati Kantor Barunya di Panga’ Setelah Perayaan Tahun Baru 2019

Bupati Torut, DR. Kalatiku Paembonan, M.Si

TORAJA, Tabloid SAR – Bupati Toraja Utara (Torut), DR. Kalatiku Paembonan MSi, pastikan segera menempati kantor barunya yang dibangun di Kompleks Kantor Gabungan Dinas (Gadis) atau Perkantoran Terpadu Torut  di Jl. Pasang Lambe’, Lembang (Desa- red) Panga’, Kecamatan Tondon, Kabupaten Torut, Sulawesi Selatan.

Menurutnya, jika proses pembangunan kantor barunya sudah rampung dan telah bisa difungsikan sesuai peruntukannya, maka setelah perayaan Tahun Baru 2019 mendatang dirinya akan segera pindah dan mulai beraktivitas di kantor bupati permanen tersebut.

“Kalau kantornya sudah rampung dan telah bisa difungsikan, maka saya akan segera berkantor di sana. Supaya uang rakyat yang digunakan Pemkab Torut untuk membangun kantor baru itu, bisa mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Torut,” kata Kalatiku ketika dikonfirmasi wartawan Tabloid SAR di ruang kerjanya, Jumat (21/12/2018) siang.


Selain itu, Kalatiku menerangkan bahwa kantor sementaranya saat ini yang berada di Kompleks Kantor Kecamatan Rantepao di Jl. DR. Ratulangi No. 72, Kelurahan Singki’, Kecamatan Rantepao Ibukota Kabupaten Torut, akan segera dialih fungsikan sebagai Markas Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tana Toraja (Tator).

“Secepatnya setelah perayaan Tahun Baru 2019 mendatang, saya akan pindah dari sini jika proses pembangunan kantor baru di Panga’ sudah rampung dan telah bisa difungsikan. Apa lagi kantor ini, akan ditempati Satlantas Polres Tator. Mereka (Satlantas- red) akan bermarkas di sini, karena di Makale Ibukota Kabupaten Tator tidak terlalu macet dan masyarakatnya lebih santun berlalu-lintas. Beda dengan Rantepao Ibukota Kabupaten Torut, macetnya minta ampun dan masyarakatnya juga agak gaduh berlalu-lintas,” terangnya.


Untuk diketahui, sebelumnya Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Kadis Perkimtan) Torut, Ir. Daniel Tandi MSi, yang bertanggungjawab dalam urusan pembangunan Kantor Bupati Torut yang permanen di Kompleks Perkantoran Terpadu Kabupaten Torut, menyatakan bahwa proses pembangunan Kantor Bupati Torut sudah hampir rampung dan telah bisa difungsikan pada awal tahun 2019 mendatang, jika Bupati Kalatiku berkenan untuk mulai berkantor di kantor baru tersebut.

Hingga kini, proses pembangunan kontruksi Kantor Bupati Torut telah menghabiskan anggaran sekitar Rp 34 milliar lebih. Karena dalam APBD Kabupaten Torut Tahun Anggaran (TA) 2017 Pemkab Torut menganggarkan sebanyak Rp 28 milliar untuk biaya pemasangan rangka baja gedung kantor berlantai empat itu. Meski pada akhirnya hanya sekitar Rp 24 milliar yang dicairkan, sesuai dengan progres pekerjaan yang bisa dirampungkan oleh pihak rekanan pada saat itu. Sedangkan pada tahun berikutnya dalam APBD TA 2018 Pemkab Torut kembali menggelontorkan anggaran sebanyak Rp 9,799 milliar.


Kantor Bupati Torut yang dibangun di Perkantoran Terpadu Kabupaten Torut tersebut, terdiri dari 4 lantai dan ruang kerja bupati berada pada lantai 2 bangunan permanen itu.

Pasca memekarkan diri dari Kabupaten Tator pada tahun 2008 lalu, hingga saat ini Sekretariat Pemkab Torut masih berada di Kompleks Kantor Kecamatan Rantepao Ibukota Kabupaten Torut, tepatnya di Jl. DR. Ratulangi No. 72 Rantepao. Sehingga Bupati Torut dan Wabup Torut masih berkantor sementara di tempat tersebut.

Penulis   : William Marthom
Editor     : Zottok



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.

.