.

.

.

Rabu, 05 Desember 2018

Satpol PP Lutra Gelar Pelatihan Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat

Ratusan anggota Satlinmas Lutra mengikuti pelatihan yang digelar oleh Satpol PP Lutra di Baruga Simpurusiang Kabupaten Lutra, Selasa (04/12/2018)

LUTRA, Tabloid SAR – Satuan Polisi dan Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Luwu Utara (Lutra) menggelar Pelatihan Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) atau Hansip (Pertahanan Sipil) Kabupaten Lutra di Baruga Simpurusiang Kabupaten Lutra, Selasa (04/12/2018).

Dalam kegiatan ini, Kepala Satpol PP Kabupaten Lutra, H. Aspar ketika menyampaikan laporannya di hadapan para hadirin, mengatakan bahwa Pelantikan Satlinmas Kabupaten Lutra sudah dilaksanakan pada Januari 2018 lalu atau telah berlalu 11 bulan, hanya saja baru hari ini, bisa melaksanakan pelatihan.

“Tujuan pelatihan ini, untuk memberi pembekalan dan pengetahuan kepada perangkat Satlinmas dalam rangka mendukung terwujudnya stabilitas keamanan dan ketertiban di daerah Lutra,” ujar Aspar.


Selain itu, Aspar menyebutkan bahwa alumni kegiatan ini, akan dibagi menjadi 2 angkatan.

“Angkatan pertama mulai mengikuti pelatihan pada hari ini, (Selasa, 04 Desember 2018) hingga Kamis 06 Desember 2018. Sedangkan angkatan kedua akan mengikuti pelatihan mulai pada tanggal 11-13 Desember 2018,” sebutnya.

Ia juga menerangkan bahwa jumlah peserta yang akan mengikuti pelatihan ini, sebanyak 510 orang.

“Kegiatan ini, diikuti oleh 510 anggota Satlinmas Kabupaten Lutra, dan insyah Allah pada tahun 2019 mendatang, kita akan melatih sekitar 1.974 orang yang nantinya akan bertugas pada setiap TPS di Lutra. Jadi pada Pemilu 2019 mendatang, setiap TPS akan dijaga oleh minimal dua orang anggota Satlinmas,” terang Aspar.


Sementara, Bupati Lutra Indah Putri Indriani dalam sambutannya mengatakan bahwa Pelatihan Anggota Satlinmas ini, bertujuan untuk mempersiapkan mereka dalam mengawal kondisi keamanan dan ketertiban pada 987 TPS yang tersebar di Kabupaten Lutra dalam pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang.

“Saya bangga karena anggota Satlinmas ada dari kaum perempuan yang sedianya akan mengawal pelaksanaan Pilpres dan Pileg pada Pemilu 2019 mendatang,” kata Indah Putri.

Pada kesempatan ini, Bupati Lutra juga menghimbau agar seluruh anggota Satlinmas Kabupaten Lutra bisa aktif pada setiap TPS yang ada di Lutra pada Pemilu 2019 mendatang.

“Saya berharap agar pada Pemilu 2019 mendatang, seluruh anggota Satlinmas Kabupaten Lutra bisa aktif di setiap TPS tempat di mana ditugaskan nantinya,” himbau Indah Putri.


Lebih lanjut bupati cantik itu, juga menuturkan bahwa tugas lain dari anggota Satlinmas yang tak kalah pentingnya adalah sebagai anggota siaga atau tanggap bencana.

“Jadi berdasarkan fungsi itu, maka diharapkan agar seluruh anggota Satlinmas bisa menjadi garda paling terdepan dalam setiap penanganan bencana yang terjadi,” tuturnya.

“Saya yakin dan percaya, di tangan kita semua bisa tercipta kondisi ketertiban, keamanan, dan kedamaian dalam masyarakat kita,” sambung Indah Putri.

Pada bagian akhir sambutannya, Indah Putri menegaskan bahwa melalui pelatihan ini, pihaknya berharap hasilnya adalah dapat menambah wawasan ilmu dan pengetahuan bagi Satlinmas Lutra.

“Saya berharap, melalui pelatihan ini maka wawasan ilmu dan pengetahuan seluruh anggota Satlinmas Lutra bisa bertambah, guna menjadi bekal dalam melaksanakan tugas dan fungsinya di lapangan nanti,” tegasnya.


Kegiatan ini, selain dihadiri oleh Bupati Lutra Indah Putri Indriani dan Kepala Satpol PP Lutra H. Aspar, hadir pula Kasat Binmas Polres Lutra Kompol Wake A. Maming dan segenap unsur Forkopimda Lutra, serta para anggota Satlinmas se-Kabupaten Lutra.

Untuk diketahui, penjelasan mengenai Satlinmas dapat ditemukan pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 10 Tahun 2009 tentang Penugasan Satuan Perlindungan Masyarakat Dalam Penanganan Ketenteraman, Ketertiban, dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum pada pasal 1 butir 1 yang berbunyi, “Satuan Perlindungan Masyarakat yang selanjutnya disebut Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan, serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat,”.

Adapun tugas pokok Satlinmas, yakni mengumpulkan dan menganalisa data serta informasi satuan perlindungan masyarakat dan pengamanan swakarsa, menyusun prosedur tetap petunjuk teknis dan pelaksanaan satuan perlindungan masyarakat serta pengamanan swakarsa, mengidentifikasi dan menyusun usulan sarana prasarana satuan perlindungan masyarakat dan pengamanan swakarsa, menyusun kebutuhan satuan perlindungan masyarakat yang bertugas di TPS dan teknis pelaksanaan pembekalan pada Pemilu.

Juga bertugas untuk menyiapkan satuan perlindungan masyarakat dalam rangka mendukung pengamanan penyelenggaraan Pemilu, menyiapkan dan melakukan kesiap-siagaan satuan perlindungan masyarakat untuk penugasan, serta pencarian, pertolongan dan penyelamatan korban bencana, termasuk mengkoordinasikan dan bekerjasama dengan instansi terkait dalam pengembangan satuan perlindungan masyarakat, dan membuka pos pantau bencana sebagai media informasi satuan perlindungan masyarakat , serta melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan atasannya.

Penulis   : Dedhy
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.