.

.

.

Senin, 21 Januari 2019

Tahun 2019 DPMPTSP Kabupaten Torut Prioritaskan Program Ini

Kepala DPMPTSP Kabupaten Torut, Dra. Mulyati S.Tikupadang

TORAJA, Tabloid SAR – Setiap Tahun Anggaran (TA) baru, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) maupun Pemkab dan Pemkot di Indonesia menyusun sejumlah program yang menjadi skala prioritas.

Penyusunan program dan penetapan program yang menjadi skala prioritas OPD pada lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toraja Utara (Torut) dalam TA 2019 juga dilakukan oleh para Kepala OPD bersama jajarannya.

Demikian pula pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Torut, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala DPMPTSP Kabupaten Torut, Mulyati S.Tikupadang ketika ditemui wartawan Tabloid SAR di ruang kerjanya yang berada di  Jl. Kartika, Kecamatan Rantepaa Ibukota Kabupaten Torut, Senin (21/1/2019) siang.


Menurutnya, tahun ini ia bersama jajarannya telah menyusun dan menetapkan sejumlah program DPMPTSP Kabupaten Torut yang akan menjadi skala prioritas.

“Tahun ini kami telah menyusun sejumlah program DPMPTSP Kabupaten Torut yang akan menjadi prioritas dalam TA 2019. Salah satunya adalah program pendekatan pelayanan perizinan IMB dan izin-izin perdagangan seperti SITU, SIUP dan TDP,” kata Mulyati.

Mantan Kapala Bagian (Kabag) Ekonomi Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Torut tersebut, menerangkan pula bahwa program pendekatan pelayanan perizinan itu akan dilaksanakan dengan membentuk Tim Pelayanan Keliling DPMPTST Torut.

“Tim itu nantinya akan keliling wilayah Kecamatan Rantepao, untuk memberikan pelayanan perizinan IMB dan izin-izin perdagangan kepada masyarakat,” terang Mulyati sembari mengatakan, tim bentukannya itu akan mulai berjalan pada Februari 2019 mendatang.

“Setelah Tim Pelayanan Keliling DPMPTSP Kabupaten Torut melayani masyarakat Kecamatan Rantepao, maka selanjutkannya tim itu akan memberikan pelayanan yang sama bagi masyarakat Kecamatan Tallunglipu dan Kesu’,” tambahnya.


Selain itu, Alumni Fakultas Sospol Universitas Hasanuddin (Unhas) ini, menyebutkan pihaknya juga memprioritaskan program pengusulan dua Rancangan Peraturan Bupati (Perbup) Torut kepada Bupati Torut, DR. Kalatiku Paembonan, MSi.

“Rancangan Perbup yang akan kami usulkan kepada Pak Bupati pada awal tahun ini ada dua, yakni Perbup tentang Dispensasi Pemberian IMB, dan Perbup tentang Penyaluran Dana CSR Pengusaha dan Perbankan,” sebut Mulyati.

Draff kedua Rancangan Perbup itu, kata Mulyati saat ini sementara dalam tahap penyusunan dan akan mulai disingkronisasi atau dibahas bersama dengan sejumlah OPD terkait pada pekan depan, guna menyerap masukan dan usul dari stakeholder tersebut.

“Setelah tahapan itu, selanjutnya kami akan merampungkan kedua Draff Perbup tersebut, kemudian diserahkan kepada Pak Bupati untuk dibuatkan Pebup,” tukasnya.

Lebih lanjut, Kepala DPMPTSP Kabupaten Torut menjelaskan bahwa pihaknya mengusulkan Rancangan Perbup tentang Pemberian Dispensasi IMB, karena di Torut masih banyak terdapat bangunan permanen yang belum memiliki IMB.

“Kalau Perbup itu telah diterbitkan oleh Pak Bupati, maka selanjutnya akan kami sosialisasikan secara luas kepada masyarakat Torut, agar mereka tahu dan mau mengajukan permohonan IMB bagi yang sudah berdiri bangunannya tapi belum memiliki IMB,” jelasnya.


Sedangkan pengusulan Rancangan Perbup tentang Penyaluran Dana CSR di Kabupaten Torut diusulkan, agar dana CSR para pengusaha dan perbankan yang ada di Torut dapat tersalurkan dengan baik dan tepat sasaran, serta bisa diketahui oleh Pemkab Torut dan publik, sebab dana tersebut adalah hak publik sehingga penggunaannya perlu diketahui oleh masyarakat luas.

“Dalam Draff Perbup tersebut, kami mengusulkan untuk pembentukan Forum CSR yang terdiri dari unsur pengusaha, pemerintah dan masyarakat. Melalui forum itu, masyarakat mengajukan permintaan dana CSR lewat satu pintu. Sehingga jelas dan bisa diketahui, siapa yang menerima dan menggunakan dana CSR itu untuk apa,” tukasnya.

Melalui kesempatan ini, Mulyati mengungkapkan, pihaknya berharap agar seluruh jajarannya di DPMPTSP Kabupaten Torut, bisa lebih semangat lagi dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Torut.

“Karena mulai tahun ini, Pemkab Torut telah memberlakukan pemberian tunjangan berbasis kinerja kepada seluruh ASN di Kabupaten Torut. Dan pemerintah memang harus pula hadir untuk memberikan pelayanan secara maksimal dan cepat kepada masyarakat,” kuncinya.

Penulis   : William Marthom & David Luase
Editor     : Zottok


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.

.