.

.

.

Sabtu, 31 Desember 2016

Lomba Qasida Rebana Meriahkan Lovely December 2016 di Tator

Bupati Tana Toraja, Ir. Nicodemus Biringkanae, foto bersama para juara Lomba Qasidah
Nicodemus Biringkanae : Ini Momentum Penting, Sebab untuk Pertama Kalinya Sepanjang Sejarah Toraja Diadakan Lomba Qasidah Rebana

TATOR, Taloid SAR- Event promosi wisata Toraja yang lebih dikenal dengan istilah Lovely December, tahun ini sangat menakjubkan dan jauh berbeda dengan tahun- tahun sebelumnya.

Pasalnya, meski kegiatan Lovely December sudah 9 kali digelar, setiap memasuki bulan penghujung tahun di daerah yang berjuluk surga parawisata itu, namun baru kali ini momentum tersebut memperlombakan kesenian bernuansa islami, yakni lomba Qasidah Rebana.

Lomba seni suara dengan iringan musik rebana bernafaskan nuansa islami dan lantunan syair lagu berisi baid- baid ungkapan syukur kepada pencipta alam semesta yang juga mengandung nilai- nilai dakwa islami tentang ajaran “amar ma’ruf nahi mungkar atau mengajarkan kebaikan dan mencegah kemunkaran” tersebut, diikuti oleh 13 group Qasidah Rebana se Kabupaten Tana Toraja (Tator), Sulawesi Selatan (Sulsel).

Festifal yang berlangsung di lokasi Pasar Seni Makale itu, di buka secara resmi oleh Bupati Tator, Nicodemus Biringkanae dengan diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata Tator, Jidon Sitohang, Jumat (09/12/2016) sore.

Kegiatan yang pertama kalinya dilaksanakan dalam rangkaian event Lovely December sejak tahun 2009 itu, semakin melegitimasi predikat Kabupaten Tator sebagai daerah yang sangat toleran dalam menjalin hubungan kerukunan antar umat beragama.

Selain itu, perbedaan kedua dalam pelaksanaan promosi wisata di Toraja kali ini adalah lokasi pelaksanaannya yang selama ini hanya dipusatkan di Ibukota Kabupaten Tator yakni di Kota Makale,Kecamatan Makale.

Sedangkan pada tahun ini, Lovely December selain dilaksanakan di Ibukota Kabupaten, juga dilaksanakan pada masing- masing Ibukota Kecamatan se Kabupaten Tator.

Acara tersebut, ditutup secara resmi oleh Bupati Tator Nicodemus Biringkanae, pada Jumat (09/12/2016) malam.

Dalam sambutannya, ketika menutup kegiatan ini, Nicodemus mengatakan pelaksanaan kegiatan Qasidah Rebana kali ini bukan hanya melegitimasi Toraja sebagai daerah yang toleran dan menjunjung tinggi nilai- nilai pluralisme.

Akan tetapi juga dapat menjadi contoh bagi daerah lainnya di Indonesia maupun dunia, bagaimana masyarakat Toraja memupuk persatuan dan kesatuan dalam dimensi perbedaan nilai- nilai spiritual yang toleran, ujarnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Tator tersebut, juga mengungkapkan jika tepat pada hari itu, Ia dan Wakil Bupati Tator Victor Datuan Batara, mendapat kepercayaan untuk memimpin Kabupaten Tator oleh masyarakat Tator pada Pilkada tahun 2015 lalu

“Hari ini saya sangat bersyukur atas terlaksananya momentum ini, sebab untuk pertama kalinya sepanjang sejarah Toraja, diadakan lomba Qasidah Rebana. Apa lagi saat ini, bertepatan satu tahun saya bersama Bapak Wakil Bupati (Victor Datuan Batara- red) dipercayakan memimpin daerah ini oleh masyarakat Tator,” kata Nicodemus disambut riuh tepuk tangan para peserta lomba Qasidah dan ratusan penonton yang hadir di tempat itu.

Kegiatan tersebut berlangsung meriah dan mendapat sambutan antusias dari masyarakat Tator, khususnya warga Kota Makale. (Marthinus/WM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.