.

.

.

Minggu, 30 Juli 2017

Kadinkes Salurkan Empat Kendaraan Operasional untuk Puskesmas di Wajo

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo, dr Baso Rahmanuddin (tengah) foto bersama sejumlah jajarannya sesaat setelah menyerahkan kendaraan operasional kepada para Kepala Puskesmas di halaman kantornya, Jumat (28/7/2017).
WAJO, Tabloid SAR- Dalam rangka lebih memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Puskesmas, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Wajo, dr Baso Rahmanuddin menyalurkan empat unit kendaraan operasional roda empat.

Menurut Kadinkes Wajo, dr Baso keempat unit kendaraan operasional tersebut bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tahun 2017.

“Kendaraan operasional ini, tiga diantaranya kita akan fungsikan sebagai mobil Puskel (Puskesmas Keliling- red) untuk wilayah Kecamatan Gilireng, Sajoanging dan Tanasitolo. Sementara yang satu unitnya kita fungsikan sebagai mobil Ambulance khusus untuk Puskesmas Belawa,” jelas dr Baso saat menyerahkan kendaraan tersebut kepada para Kepala Puskesmas terkait di halaman Kantor Dinkes Wajo, Jumat (28/7/2017).

Mantan Direktur RSUD Lamaddukelleng itu, mengatakan pihaknya berharap dengan kendaraan operasional tersebut para petugas kesehatan dari Puskesmas dapat turun langsung ketengah-tengah masyarakat untuk memberikan layanan kesehatan hingga kepelosok desa-desa terpencil di Wajo.

Ia juga berharap dengan kendaraan itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo melalui jajaran Dinkes dapat membantu masyarakat saat membutuhkan kendaraan roda empat untuk mendapatkan layanan kesehatan.

“Jadi kalau ada masyarakat kita yang membutuhkan kendaraan roda empat untuk mendapatkan layanan kesehatan, maka Ambulance ini bisa dipakai secara gratis,” kata dr Baso.

Pada kesempatan itu pula, dr Baso menjelaskan bahwa idealnya setiap Puskesmas memiliki minimal tiga unit kendaraan roda empat sebagai kendaraan operasional agar pelayanan kesehatan dapat lebih maksimal dan cepat.

“Yaa idealnya setiap Puskesmas memiliki tiga kendaraan roda empat untuk operasional para petugas kesehatan. Meski demikian, dari 23 Puskesmas di Kabupaten Wajo rata-rata baru memiliki dua kendaraan operasional roda empat yakni kendaraan Puskel dan Ambulance,” sebutnya.

Sementara Kepala Puskesmas Salobulo, dr Maskura Syam menerangkan bahwa di Kecamatan Sajoanging khususnya pada wilayah desa-desa pelosok, masih banyak warga yang susah menjangkau Puskesmas untuk mendapatkan pelayanan kesehatan karena terkendala masalah kendaraan, pasalnya jarak rumah mereka sangat jauh dari Puskesmas.

“Kita berharap dengan adanya kendaraan Puskel ini, petugas kesehatan kami dari Puskesmas dapat menjangkau masyarakat hingga kepelosok desa untuk memberikan pelayanan kesehatan secaramaksimal,” tandasnya.

Editor : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.