.

.

.

Selasa, 01 Agustus 2017

Bupati Lutim Hadiri Upacara Ngaben di Desa Wanasari

Bupati Lutim, HM Thoriq Husler bersama sejumlah jajarannya menyaksikan langsung proses kremasi jenazah Nyoman Simin saat mengahdiri upacara ngaben umat Hindu di Desa Wanasari, Kecamatan Angkona, Kabupaten Lutim, Selasa (1/8/2017)

Husler : Insyah Allah, Sarana dan Prasarana Terutama Tempat Kremasi akan Kita Bantu Nantinya
LUTIM, Tabloid SAR- Bupati Luwu Timur (Lutim), HM Thoriq Husler menghadiri ritual upacara ngaben atau pembakaran jenazah, Nyoman Simin yang dilaksanakan umat Hindu di Desa Wanasari, Kecamatan Angkona, Kabupaten Lutim, Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa (1/8/2017).  

Jenazah Nyoman Simin diantar oleh ratusan keluarga dan kerabatnya menuju lokasi upacara ngaben (setra/pasetra- red) untuk dikremasi tersebut dihadiri Husler bersama sejumlah jajarannya, yakni Kabag Humas dan Protokoler Alimuddin Bahtiar, Kabag Perlengkapan Syahrir, serta Camat Angkona Rizki.

Proses kremasi jenazah Nyoman Simin dipimpin langsung oleh Paruman Pandita, Ketut Tgig dan Mangku Patri tersebut disaksikan langsung Husler bersama sejumlah jajarannya yang ikut mendampingi orang nomor satu di Lutim itu.

Dalam kesempatan itu, Husler mengapresiasi pelaksanaan prosesi ngaben yang dapat terlaksana dengan aman, tertib dan lancar. Menurutnya, hal itu demikian karena terbangunnya sikap toleransi antar umat dalam masyarakat Lutim yang terjalin dengan baik di wilayah itu.

“Kerukunan antar umat dapat terjalin dengan baik karena terbangunnya sikap tolenrasi yang didukungan penuh oleh para tokoh agama. Saya sangat mengapresiasi sikap toleran seperti ini,” kata Husler.

Selain itu, dihadapan ratusan umat Hindu yang menghadiri prosesi kremasi jenazah Nyoman Simin, Husler juga berjanji akan membenahi sarana dan prasarana tempat prosesi upacara ngaben di tempat itu, agar lebih baik lagi sehingga umat Hindu bisa melaksanakan prosesi tersebut dengan lebih baik lagi tanpa terkendala.

“Insyah Allah, sarana dan prasarana terutama tempat kremasi akan kita bantu nantinya,” tambah Husler.

Sementara, Ketua PHDI Desa Wanasari, Komang Juliarta menyampaikan apresiasinya atas kesediaan Bupati Lutim menghadiri prosesi upacara ngaben itu.

Ia juga menaruh harapan agar sarana dan prasarana tempat upacara ngaben utamanya tempat kremasi bisa segera diwujudkan oleh Pemerintah Daerah Lutim.

“Tempat kremasi ini merupakan salah satu yang menjadi harapan kami umat Hindu  agar dapat dibantu oleh pemerintah daerah,” ujar Komang Juliarta dihadapan Husler.

Editor : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.