.

.

.

Jumat, 18 Agustus 2017

Camat Malangke Adakan Lomba Masak-Masakan Tradisional Khas Luwu

Camat Malangke, Sofyan Zubair (kanan) saat mencicipi masakan tradisional khas Luwu Tim PKK Desa  Malangke
LUTRA, Tabloid SAR- Seusai upacara pengibaran bendera merah putih pada hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, Camat Malangke, Sofyan Zubair adakan lomba masak-masakan tradisional antar desa se Kecamatan Malangke di halaman kantornya, Kamis (17/8/2017).

Adapun jenis masakan tradisional khas Luwu yang diperlombakan pada acara ini antara lain parede, lawak, pacco, songkolo, gogos dll.

Dalam lomba tersebut, Sofyan bersama para ‘Dewan Juri’ mencicipi satu persatu masakan yang dimasak para peserta lomba tersebut.

Setelah lomba masak tradisional dilaksanakan, selanjutnya dilakukan lomba gerak jalan indah yang pesertanya diikuti oleh seluruh Tim PKK se Kecamatan Malangke, siswa/siswi SD, SMP, SMA/SMK se Kecamatan Malangke.

Usai lomba gerak jalan indah, pada pukul 17.30 Wita dilaksanakan penurunan benderah merah putih di Lapangan Andi Ponda, Desa Tolada, Kecamatan Malangke, Kabupaten Luwu Utara (Lutra).

Sedangkan pada malam harinya digelar penyerahan piala bagi para juara pemenang lomba atau pertandingan.

Namun sebelumnya Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Olahraga dan Seni, Amirullah menyampaikan laporannya.

Mantan Sekcam Malangke tersebut mengatakan, sumber dana yang digunakan dalam kegiatan kali ini merupakan sumbangan dari seluruh Kepala Desa dan ASN (Aparatus Sipil Negara- red) se Kecamatan Malangke.

“Jumlah dana yang berhasil dikumpulkan oleh rekan-rekan panitia, sebanyak Rp 51.250.000,” sebutnya.

Sementara Camat Malangke, Sofyan Zubair dalam sambutannya mengatakan pihaknya sangat berterima kasih kepada seluruh Panitia Pelaksana dan masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam meriahkan HUT RI ke 72.

“Ini adalah kado pertama dan terakhir yang dapat saya diberikan untuk masyarakat Malangke selama saya menjadi camat di tempat ini dalam perayaan HUT RI, karena pada bulan Maret atau April 2018 mendatang, saya sudah pensiun yang tentunya tidak lagi menjabat sebagai camat lagi di Malangke,” ujarnya.

Sofyan menambahkan pula bahwa, meski pada pertandingan sepak bola ada sedikit insiden yang tidak diinginkan terjadi, karena adanya perkelahian antara para pendukung club, namun pihaknya berharap hal demikian tidak terulang lagi.

“Kalaupun ada insiden yang tidak diinginkan terjadi dalam turnamen sepak bola kemarin, kita tidak perlu berkecil hati karena kita sadari bahwa ketika ingin mencapai suatu keberhasilan pasti ada tantangannya dan tantangan itu harus kita jawab dengan keberhasilan,” harap Sofyan seraya menyerukan agar masyarakat Malangke tetap bersatu dan tidak lagi berkelahi dalam menyelesaikan perselisihan atau perbedaan pandangannya.
Kapolsek Malangke AKP.R.Pranowo Eko (keempat dari kiri) foto bersama para juara seusai menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba
Sedangkan Kapolsek Malangke AKP. R. Pranowo Eko dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya berharap agar persatuan dan hubungan harmonis ditengah-tengah masyarakat selalu dijaga dan dipertahankan.

“Kami selaku aparat penegak hukum, berharap agar semua pihak senantiasa menjaga keamanan dan ketertiban dalam lingkungan masyarakat. Jaga keutuhan persatuan kita bersama,” himbaunya.

Kendati demikian perwira berpangkat tiga balok dipundaknya itu, menegaskan bahwa jika ada pihak yang merusak atau mencederai keamanan dan ketertiban dalam lingkungan masyarakat, khususnya pada wilayah hukum Polsek Malangke maka ia tidak akan segan-segan memprosesnya secara hukum jika pendekatan presuasif sudah dilakukan namun pelanggaran hukum tetap dilakukan.

“Kalau tidak mau diingatkan atau dinasehati secara presuasif, maka upaya hukum akan kami lakukan dalam memastikan terjaminnya keamanan dan ketertiban lingkungan masyarakat dalam wilayah hukum kami,” tegas R. Pranowo Eko.

Adapun juara dalam pertandingan sepak bola tingkat desa se Kecamatan Malangke yakni juara 1 Desa Pincepute, juara 2 Desa Takkalala, juara 3 bersama Desa Tolada dan Desa Pattimang.

Pada lomba gerak jalan indah, untuk Tim PKK, juara 1 Tim PKK Desa Takkalala, juara 2 Tim PKK Desa Salekoe, juara 3 Tim PKK Desa Tandung.

Sedangkan juara lomba masak-masakan tradisional khas Luwu pada tingkat desa dimenangkan oleh Desa Takkalala sebagai juara 1, Desa Pattimang juara 2 dan Desa Tingkara juara 3, sementara Desa Malangke juara 4.

Untuk diketahui, pada acara malam penyerahan piala tersebut, hadir Wakil Ketua DPRD Lutra Andi Sukma, para guru dan Kepala Desa se Kecamatan Malangke, para peserta lomba dan tokoh masyarakat.

Penulis   : Dedhy
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.