.

.

.

Kamis, 17 Agustus 2017

Upacara Pengibaran Bendera Peringatan HUT RI Ke 72 Dipusatkan di Lapangan Gaspa Palopo

Paskibraka Kota Palopo mengibarkan duplikat bendera pusaka Merah Putih saat upacara memperingati HUT RI Ke 72 di Lapangan Gaspa, Kamis (17/8/2017) 
PALOPO, Tabloid SAR- Upacara pengibaran bendera duplikat Pusaka Merah Putih dalam Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke 72 di Kota Palopo dipusatkan di Lapangan Gaspa, Jl Balaikota tepatnya di depan Markas Kodim 1403 Sawerigading, Kamis (17/8/2017). Upacara tersebut berlangsung mulai pukul 09.40 Wita hingga pukul 10.40 Wita

Dalam upacara itu, Walikota Palopo, HM Judas Amir bertindak sebagai Inspektur Upacara, sementara Dandramil Palopo, Kapten Inf. Anton Makmur  berperan sebagai Perwira Upacara, sedangkan Pasi Ops Kodim 1403 Sawerigading, Lettu CZI. Syarifuddin bertindak sebagai Komandan Upacara tersebut.

Menariknya pada kegiatan ini, ada ‘Parade Bendera Pataka Perjuangan’ yang melibatkan unsur TNI, Polri, ASN dan Para Pejuang Veteran RI lengkap dengan berbagai atribut Korps-nya masing-masing.

Parade tersebut menjadi perhatian orang yang lebih duluan berada di lokasi upacara saat ratusan peserta parade tiba dilokasi upacara.

Pasalnya, dalam parade itu ada dua orang pejuang Veteran RI, masing-masing pria dan wanita berumur sekitar 70 tahun lebih, duduk diatas sebuah kursi yang ditandu lengkap dengan payung kebesaran, dan diarak mulai dari Markas Polresta Palopo di Jl Opu To Soppaile yang berjarak sekitar 1 kilo-meter sampai di Lapangan Gaspa tempat upacara pengibaran bendera dilaksanakan.

Dua pejuang Veteran yang ditandu dalam parade tersebut, disambut langsung oleh Walikota Palopo HM Judas Amir, bersama para unsur Forkopimda (Forum Kordinasi Pimpinan Daerah- red) Kota Palopo saat tiba di Lapangan Gaspa.

Keduanya langsung dipersilahkan duduk di tenda VIV bersama rekan seperjuangannya dan para pejabat teras di Kota Palopo.

Setelah Parade Pataka Perjuangan Kemerdekaan RI, tiba dilokasi upacara, tak lama kemudian Komandan Upacara menyiapkan barisan sebagai tanda dimulainya Upacara Pengibaran Bendera Peringatan HUT RI ke- 72.

Jelang pengibaran bendera oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), Ketua DPRD Kota Palopo, Harisal A. Latif membacakan naskah Proklamasi Kemerdekaan RI.

Pengibaran duplikat bendera Pusaka Merah Putih oleh Paskibraka Kota Palopo berlangsung hikmat dalam upacara peringatan HUT RI ke 72 tersebut disaksikan langsung oleh sekitar 3.000an peserta upacara.

Sebelum upacara ini, ditutup terlebih dahulu Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Palopo, Drs Usman, MAg membacakan doa.

Tampak hadir dalam upacara tersebut, Dandim 1403 Sawerigading Letkol Kav. Cecep Tendi Sutandi, Kapolres Palopo AKBP Taswin, Ketua Pengadilan Negeri Palopo Ig. Eko Purwanto, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Palopo Adianto, masing-masing bersama jajarannya.

Hadir pula, Wakil Walikota Palopo Akhmad Syarifuddin Daud bersama para pejabat lingkup Pemkot Palopo mulai dari para Staf Ahli Walikota hingga para Lurah dan Kepala Sekolah se Kota Palopo, serta sejumlah perwakilan siswa-siswi dari berbagai sekolah di Kota Palopo.

Para pejuang kemerdekaan RI dari Legiun Veteran, bersama sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda, serta tokoh politik, termasuk para Anggota DPRD Kota Palopo juga hadir dalam upacara tersebut.

Usai upacara pengibaran bendera, para hadirin menyaksikan ‘Tari Kolosal’ yang bertajuk ‘Sejarah Perjuangan Opu Daeng Risaju.’

Selain itu, para pejabat dan peserta upacara ‘Goyang Maumere’ bersama seusai upacara dan sebagian peserta lainnya foto bersama (selfie-selfie- red) dengan para pejabat yang hadir.

Penulis   : William Marthom
Editor     : Zottok   

Walikota Palopo HM Judas Amir (kiri) bertindak sebagai Inspektur Upacara menerima laporan Pasi OPS Kodim1403 Sawerigading  Lettu CZI Syarifuddin selaku Komandan Upacara (kanan) pada peringatan HUT RI Ke 72

Dua anggota pejuang Kemerdekaan RI dari Legiun Veteran ditandu oleh pasukan TNI, Polri dan ASN dari Polres Palopo menuju Lapangan Gaspa untuk mengikuti Upacara Peringatan HUT RI ke 72 

Parade bendera pataka perjuangan dalam peringatan HUT RI ke 72 yang dipusatkan di Lapangan Gaspa Palopo 
Wakil Walikota Palopo Akhmad Syarifuddin Daud menerima bendera pataka perjuangan dalam acara peringatan HUT RI ke 72
Walikota Palopo HM Judas Amir bersama Wakilnya Akhmad Syarifuddin Daud foto bersama Forkopimda Kota Palopo 
Walikota Palopo HM Judas Amir (tengah) foto bersama para Srikandi DPRD Kota Palopo seusai upacara pengibaran bendera pada peringatan HUT RI ke 72
Walikota Palopo HM Judas Amir (tengah) foto bersama para Camat
Sejumlah peserta upacara dari berbagai institusi  mengikuti upacara pengibaran bendera pada Upacara Peringatan HUT RI ke 72 yang dipusatkan di Lapangan Gaspa Palopo 
Tari Kolosal yang bertajuk ‘Sejarah Perjuangan Opu Daeng Risaju’ diperankan oleh puluhan putra-putri Kota Palopo pada puncak peringatan HUT RI ke 72

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.