.

.

.

Senin, 11 September 2017

Kadis Kesehatan Lutra Kunjungi Rumah Seorang Balita Penderita Hydrocephalus

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lutra, Andi Nasrum saat meninjau langsung kondisi Aco' yang menderita penyakit hydrocephalus
Andi Nasrum : Dinas Kesehatan Lutra Akan Rutin Menyuplai Susu dan Vitamin untuk Memenuhi Asupan Gizi Aco’

LUTRA Tabloid SAR- Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Andi Nasrum kunjungi rumah seorang balita penderita hydrocephalus di Desa Bone Subur, Kecamatan Sabbang, Kabupaten Lutra, Sulsel, Senin (11/9/2017).

Saat, Andi Nasrum bersama Tim Medis dari Dinas Kesehatan Lutra dan Puskemas Sabbang, menyambangi rumah Anugrah alias Aco’ anak ketiga dari pasangan Amir dan Sasmi yang menderita penyakit hydrocephalus itu, terbaring lemas di atas tempat tidur.

Kondisi kepala Aco’ yang kian membesar membuatnya tidak bisa banyak beraktifitas ataupun bermain seperti anak seusianya.

Sayangnya kendati, Aco’ sudah mendapat surat rujukan dari Rumah Sakit Andi Djemma Masamba untuk melanjutkan pengobatannya pada salah satu Rumah Sakit di Kota makassar, namun kedua orang tua penderita hydrocephalus tersebut enggan membawanya ke Makassar karena faktor tidak memiliki biaya.

Karena terkendala personal biaya, sehingga Amir dan Sasmi memutuskan untuk membawa pulang dan merawat anaknya yang menderita penyakit hydrocephalus  di kediaman mereka.

Amir bapak kandung Aco’ mengatakan bahwa mereka sangat menginginkan anaknya sehat dan normal seperti anak Balita (bawa lima tahun- red) lainnya, namun mereka tidak punya biaya untuk pergi berobat di Rumah Sakit, apa-lagi kalau anaknya harus dirujuk ke Makassar.

“Kami mau anak kami ini sembuh dan sehat seperti anak seusianya, tapi kami tak punya uang untuk membiayanya jika dirawat di Rumah Sakit, apa lagi jika dirujuk ke Rumah Sakit yang ada di Makassar,” ujar Amir dengan rada lesuh.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Lutra, Andi Nasrum menegaskan bahwa seluruh biaya pengobatan Aco’ akan dibebankan melalui Kartu JKN (Jaminan Kesehatan Nasional).

“Kami akan bantu menguruskan kartunya, sehingga orang tua Aco’ tidak perlu lagi kuatir dengan biaya pengobatan anaknya saat dirawat di Rumah Sakit manapun,” kata Andi Nasrum saat mengunjungi penderita hydrocephalus itu.

Selain itu, Andi Nasrum juga menegaskan bahwa pihaknya dari Dinas Kesehatan Lutra akan rutin menyuplai susu dan vitamin untuk memenuhi asupan gizi Aco’.

Ia juga mengatakan bahwa mereka akan berkoordinasi dengan dinas terkait, dalam hal ini Dinas Sosial Kabupaten Lutra agar turut memberikan bantuan lainnya kepada Aco’.

Untuk diketahui penyakit hydrocephalus adalah akumulasi abnormal cairan cerebruspinal di dalam otak. Penyakit tersebut dapat terjadi menyerang anak sebelum lahir atau setelah lahir dan dapat pula menimpa semua tingkatan umur, namun yang paling rentan terserang penyakit ini adalah anak pada anak usia Balita.

Penulis   :Dedhy
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.