.

.

.

Sabtu, 07 Oktober 2017

Kades Salujambu Tuntaskan 4 Item Kegiatan Fisik Menggunakan Dana Desa TA 2017

Kades Salujambu, Hamrullah
LUWU, Tabloid SAR- Dalam rangka membangun desanya, Kepala Desa (Kades) Salujambu, Hamrullah memprogramkan sejumlah kegiatan fisik maupun non fisik yang dibiayai menggunakan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun Anggaran (TA) 2017.

Kegiatan fisik yang diprogramkan tahun ini, sebanyak 4 item yakni pembangunan draenase sepanjang 600 meter lebih di Dusun Salujambu Tengah, irigasi di Dusun Beroppa’ sepanjang 500 meter dan pembuatan talut sepanjang 14 meter di Dusun To’ Kalosi, serta normalisasi badan jalan dan parit sepanjang 1.276 meter di Dusun To’ Kalosi dan Dusun Beroppa’.

Sedangkan kegiatan non fisik yang dibiayai menggunakan Dana Desa yakni penyertaan modal untuk Badan Usaha Milik Desa (BumDes) sebanyak Rp 50 juta dan operasional, Pembinaan Kesejatraan Keluarga (PKK) Desa, serta insentif bagi Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD).

Sementara, ADD selain dimanfaatkan untuk kegiatan fisik juga digunakan membiayai kegiatan non fisik.

Kegiatan fisik yang dibiayai dengan ADD di Desa Salujambu, Kecamatan Lamasi, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel) adalah pengerasan jalan (pengkrikilan- red) di Dusun   Bambu Kuning.

Sedangkan kegiatan non fisik yang didanai dengan ADD yakni, penyelenggaraan Pemerintahan Desa (Pemdes), operasional dan pembelian Alat Tulis Kantor (ATK), serta honor aparat desa, termasuk insentif para perangkat desa.

Hal tersebut, diungkapkan oleh Kades Salujambu, Hamrullah saat dikonfirmasi wartawan media ini, pada Sabtu, (7/10/2017) siang.
Pembangunan irigasi di Dusun Beroppa,' Desa Salujambu , Kecamatan Lamasi, Kabupaten Luwu, Sulsel yang dibiayai menggunakan Dana Desa TA 2017
Menurutnya, seluruh kegiatan fisik yang dibiayai dengan Dana Desa, dilaksanakan oleh Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Salujambu.

“Seluruh kegiatan fisik yang menggunakan Dana Desa, dilaksanakan oleh TPK Desa Salujambu,” kata Hamrullah.

Selain itu, Kades Salujambu juga menjelaskan bahwa tahun ini desa yang dinahkodainya mendapatkan Dana Desa lebih dari Rp 700 juta, sedangkan ADD sebanyak Rp 300 juta lebih.

“Tahun ini, desa kami mendapat Dana Desa lebih dari Rp 700 juta, sedangkan ADD juga lebih dari Rp 300 juta,” jelasnya.

Penulis   : William Marthom
Editor     : Zottok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.