.

.

.

Rabu, 04 Oktober 2017

KPU Lutra Gelar Talk Show Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilu 2019

Dari kiri kekanan, Kompol Muhammad Tanding yang mewakili Kapolres Lutra, Ketua Komisi I DPRD Lutra, Sudirman Salomba, Bupati Lutra, Indah Putri Indriani, Ketua KPU Lutra, Supriyanto, Kajari Lutra, Syamsuri dan Ketua Panwas Muhajirin.

LUTRA, Tabloid SAR- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Utara (Lutra) menggelar talk show sosialisasi penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 di Teras Adira Masamba, Ibukota Kabupaten Lutra,  Rabu (4/10/2017).

Dalam sosialisasi tersebut, Bupati Lutra, Indah Putri Indriani mengatakan, dalam hal penyelenggaraan Pemilu 2019 mendatang,  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lutra berkewajiban untuk menyiapkan data kependudukan.

“Pemkab Lutra wajib menyiap data agregat kependudukan kecamatan untuk penentuan daerah pemilihan (Dapil), kemudian data penduduk potensial pemilih dikirim ke KPU untuk diolah menjadi data pemilih tetap,” kata Indah dalam acara talk show tersebut.

Sedang Ketua KPU Kabupaten Lutra, Supriyanto mengatakan sosialisasi yang mereka selenggarakan saat itu, berkaitan dengan pelaksanaan Pemilu Serentak yang akan digelar oleh KPU pada tahun 2019 mendatang.

“Pemilu 2019 yang nantinya akan dihelat, sudah memasuki tahap persiapan dengan sejumlah perencanaan maksimal, mulai dari penyusunan anggaran, hingga perhelatannya,” ujar Supriyanto.

Supriyanto juga menerangkan jika Pemilu 2019 mendatang merupakan penyelenggaraan perhelatan politik yang pertama kali dilaksanakan secara serentak dan bersamaan.

“Pada Pemilu 2019 mendatang, KPU Lutra, secara serentak dan bersamaan menyelenggarakan, Pileg dan Pilpres. Sehingga sosialisasi harus dilaksanakan sejak awal oleh KPU selaku penyelenggara,” terangnya.

Dalam kesempatan itu pula, Ketua Komisi I DPRD Lutra, Sudirman Salomba menyatakan bahwa sebenarnya jika mengacu pada Tupoksi (tugas, pokok dan fungsi- red) DPRD Lutra tidak memiliki kewenangan untuk melakukan sosialisasi terkait penyelenggaraan Pemilu kepada masyarakat.

“Sebenarnya terkait Pemilu 2019 kami selaku anggota dewan tidak berwenang maupun berkewajiban melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Tetapi jika menyangkut pendidikan politik kepada masyarakat, tentu alangkah baiknya jika dilaksanakan oleh masing-masing partai. Karena sebagai legislator, kami hanya memiliki tiga Tupoksi utama yakni pengawasan,pengganggaran dan legislasi,” jelas Ketua Komisi I DPRD Lutra yang juga Ketua KNPI Lutra tersebut.

Kendati demikian, melalui kesempatan ini, kami menyarankan kepada semua pihak untuk melakukan pengawasan pada setiap tahapan Pemilu, sehingga hasil Pemilu nantinya lebih berkualitas dan tidak menimbulkan masalah atau konflik sosial di tengah-tengah masyarakat.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Panwas Kabupaten Lutra, Muhajirin, Kajari Lutra, Syamsuri, Kompol Muh.Tading yang mewakili Kapolres Lutra,  serta sejumlah ketua dan pengurus Partai se-Kabupaten Lutra.

Penulis   : Dedhy
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.