.

.

.

Selasa, 03 Oktober 2017

Peringatan Hari Jadi Sulsel Ke- 348 Berlangsung Meriah di Kecamatan Malbar

Camat Malbar, Sulpiadi (kanan) berada pada barisan paling depan saat mengikut Senam Prolanis bersama ratusan warga Marbar di Lapangan Datuk Sulaiman, Desa Pao.
Program Germas Dilaksanakan pada Tiga Titik di Malbar

LUTRA, Tabloid SAR- Peringatan Hari Jadi Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) ke- 348 di Kecamatan Malangke Barat (Malbar), Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Sulsel berlangsung meriah.

Peringatan hari bersejarah bagi masyarakat Sulsel tersebut, diperingati oleh Dinas Kesehatan Sulsel bersama seluruh jajarannya secara serentak pada 24 kabupaten/kota dengan program pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), pada Senin (2/10/2017).

Program Germas ini dilaksanakan dengan berbagai macam program kesehatan sebagai upaya untuk memasyarakatkan Germas, pada 1000 titik di instansi kesehatan se-Sulsel sebagaimana tema program ini.

Instansi kesehatan seperti Puskesmas, Pustu dan klinik di Sulsel menjadi motor penggerak untuk mensukseskan pencanangan Germas, tentu dengan bekerjasama sejumlah stakeholder terkait, termasuk pemerintah pada tingkat kecamatan dan desa.

Sehingga tak heran jika penyelenggaraan Germas di Kecamatan Malbar, Kabupaten Lutra berlangsung meriah karena diikuti oleh ratusan masyarakat Kecamatan Malbar yang terdiri dari para Kepala Desa (Kades) bersama aparatnya.

Selain itu, kegiatan ini juga diikuti oleh seluruh ASN (Aparatus Sipil Negara) baik pada lingkup Pemerintah Kecamatan Malbar, maupun ASN di Puskesmas Malbar seperti para dokter, bidan, perawat, apoteker dan seluruh jajarannya, tak terkecuali seluruh Kepala Sekolah, serta guru-guru bersama siswa-siswinya mulai dari tingkat SD, SMP, hingga SMA se-Kecamatan Malbar.

Berdasarkan hasil pemantauan wartawan Tabloid SAR, menyebutkan bahwa kegiatan ini diawali dengan pembacaan Sambutan Seragam Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo yang dibacakan oleh Camat Malbar, Sulpiadi.

Usai pembacaan sambutan seragam  orang nomor satu di Sulsel itu, acara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Senam Prolanis, kemudian komsumsi buah lokal dan terakhir dengan pemeriksaan kesehatan oleh Tim Medis Puskesmas Malbar.

Pelaksanaan program pencanangan Germas di Kecamatan Malbar berlangsung pada tiga titik, yakni  di Lapangan Datuk Sulaiman Desa Pao, dan Lapangan Desa Baku-Baku, serta di Lapangan Desa Pengkajoang.

Menurut, Camat Malbar bahwa program Germas yang dipusatkan pada tiga tempat di Kecamatan Malbar tersebut dikoordinir langsung oleh para Kades setempat.

“Khusus di Kecamatan Malbar, lokasi pelaksanaan kegiatan ini kita laksanakan pada tiga titik dan masing-masing dikoordinir langsung oleh Kadesnya. Ya Alhamdulillah, program Germas ini mendapat respon yang sangat positif dari masyarakat, hal itu terbukti dengan tingginya partisipasi masyarakat Malbar dalam mengikuti kegiatan ini pada tiga tempat yang berbeda di Kecamatan Malbar,” kata Sulpiadi.

Untuk diketahui, tujuan pelaksanaan Germas tersebut selain untuk memeriahkan peringatan Hari Jadi Sulsel, juga tak kalah pentingnya adalah dalam rangka memasyarakatkan Germas tentu dengan harapan dapat menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular.

Disamping itu, Germas juga merupakan upaya promotif dan preventif dalam mewujudkan peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.

Penulis   : Dedhy
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.