.

.

.

Selasa, 03 Oktober 2017

Peringati Hari Jadi Sulsel Ke- 348, Puskesmas Waltim Gelar Pemeriksaan Kesehatan Secara Gratis

Kepala Puskesmas Waltim, Hasnaini Hamid, S.ST, SKM, M.Kes (tengah) diapit oleh Camat Waltim, Yusuf Parante dan Sekcam Waltim foto bersama sejumah staf Puskesmas, serta warga Waltim saat tengah menikmati hidangan buah dan sayuran lokal.   
Hasnaini : Kami Surati Semua Kepala Desa se Kecamatan Waltim untuk Menghadirkan Warganya

LUWU, Tabloid SAR- Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) ke- 348, Dinas Kesehatan Sulsel mencanangkan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) pada 1000 titik di 24 kabupaten/kota se-Sulsel secara serentak pada Senin, (2/10/2017).

Program Germas 1000 titik, secara umum dilaksanakan oleh instansi kesehatan seperti Puskesmas dan Pustu, serta klinik di Sulsel secara serentak pada peringatan Hari Jadi Sulsel ke- 348 kali ini.

Khusus di Kabupaten Luwu, sebanyak 67 titik instansi kesehatan melaksanakan pencanangan program Germas dengan berbagai kegiatan kesehatan.

Seperti di Puskesmas Walenrang Timur (Waltim), peringatan Hari Jadi Sulsel ke- 348 dimeriahkan dengan melaksanakan berbagai macam kegiatan, antara lain program kesehatan olahraga (Kesorga) dengan cara mengadakan Senam Prolanis.

Selain itu juga dilaksanakan, check up kesehatan, pemeriksaan gigi dan mulut khusus bagi pelajar Sekolah Dasar (SD) guna deteksi dini penyakit karies, pemeriksaan deteksi dini penyakit kusta, pemeriksaan kadar Hb dan golongan darah para calon pendonor, serta kegiatan komsumsi buah dan sayur lokal.

Berdasarkan pantuan wartawan media ini, melaporkan bahwa pada Senin (2/10/2017) pagi mulai pukul 07.30 WITA puluhan warga Kecamatan Waltim dari delapan desa, baik orangtua, remaja dan anak-anak, mulai memadati halaman Puskesmas Waltim, yang berada di Desa Tabah, Kecamatan Waltim, Kabupaten Luwu, Sulsel.

Beberapa saat kemudian, Kepala Puskesmas Waltim, Hasnaini Hamid, S.SST, SKM, M.Kes, membuka acara peringatan Hari Jadi Sulsel ke- 348 di halaman kantornya.

Saat acara tersebut dibuka secara resmi, Hasnaini didampingi oleh Camat Waltim, Yusuf Parante bersama Sekcam Waltim.

Seusai acara pembukaan, tepatnya pada pukul 08.00 WITA, acara Senam Prolanis dimulai dengan diikuti oleh puluhan orangtua yang mayoritas terdiri dari ibu-ibu lanjut usia.

Setelah melakukan Senam Prolanis selama hampir satu jam, acara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan mengkomsumsi berbagai jenis buah dan sayur lokal bersama sekitar seratusan warga dari delapan desa yang ada di Kecamatan Waltim.

Buah dan sayur-sayuran lokal yang dihidangkan oleh pihak Puskesmas Waltim dalam acara tersebut, yakni buah pisang, salak, semangka, jeruk manis, dan jagung, serta umbi-umbian seperti ubi kayu, ubi jalar dan berbagai macam buah serta sayuran lokal lainnya.

Setelah mengkomsumsi buah dan sayuran lokal, acara kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan mulut dan gigi siswa-siswi SD sebagai upaya deteksi dini penyakit karies oleh dokter gigi yang bertugas di Puskesmas Waltim.
Tampak, dokter gigi sedang memeriksa mulut dan gigi seorang siswa SD di ruang Poli Gigi Puskesmas Waltim.
Sementara, para orangtua dan sejumlah remaja yang hadir, melakukan check up kesehatan, pemeriksaan kadar Hb dan golongan darah bagi calon pendonor, serta pemeriksaan deteksi dini penyakit kusta.

Kepada wartawan media ini, Kepala Puskesmas Waltim menerangkan bahwa untuk memeriahkan peringatan Hari Jadi Sulsel ke 348, pihaknya menyurati delapan Kepala Desa (Kades) supaya menghadirkan warganya.

“Guna memeriahkan kegiatan ini, beberapa hari sebelumnya kami menyurati seluruh Kades yang ada di Kecamatan Waltim. Dalam surat itu, kami meminta agar para Kades sedapat mungkin menghadirkan warganya, guna mengikuti sejumlah kegiatan yang akan kami laksanakan,” kata Hasnaini saat dikonfirmasi di ruang kerjanya.

Ia menambahkan, bahwa dalam suratnya yang ditujukan ke para Kades se Waltim, pihaknya menjelaskan pula, sejumlah rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan dalam program Germas itu.

“Dalam surat itu, kami jelaskan bahwa akan ada kegiatan pemeriksaan kesehatan secara massal dan gratis, seperti check up kesehatan, pemeriksaan kadar Hb dan golongan darah bagi calon pendonor, serta pemeriksaan deteksi dini penyakit kusta. Selain itu, kami sampaikan pula bahwa akan diadakan Senam Prolanis, serta makan buah dan sayur lokal,” tutur Hasnaini.

Sementara, untuk memaksimalkan kegiatan pemeriksaan mulut dan gigi sebagai upaya deteksi dini penyakit karies, khusus bagi pelajar tingkat SD. “Kami surati para kepala sekolahnya,” jelas Hasnaini.

Pada kesempatan itu, Hasnaini juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang bekerjasama dan berpatisipasi dalam kegiatan tersebut, sehingga dapat terlaksana dengan baik sesuai harapan.

Untuk diketahui, hingga pukul 11.30 WITA, Puskesmas Waltim masih dipadati oleh puluhan warga yang mengantri melakukan pemeriksaan kesehatan.

Penulis   : William Marthom
Editor     : Zottok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.