.

.

.

Selasa, 29 Januari 2019

Masjid Agung Belopa Kebakaran, Petugas Damkar Kewalahan Padamkan Kobaran Api

Petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Luwu dibantu jajaran Polres Luwu dan warga sedang berusaha memadamkan kobaran api yang melalap kubah utama Masjid Agung Belopa di Kompleks Perkantoran Pemkab Luwu, Kelurahan Senga, Kecamatan Belopa Ibukota Kabupaten Luwu, Selasa (29/1/2019) pagi.

LUWU, Tabloid SAR – Masjid Agung Belopa yang berada di Kompleks Perkantoran Pemkab Luwu, Kelurahan Senga, Kecamatan Belopa Ibukota Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel) kebakaran, Selasa (29/1/2019) pagi.

Kebakaran tersebut mengakibatkan sebagian besar kubah utama masjid menjadi setengah gosong dilalap si jago merah.

Petugas pemadam kebakaran (Damkar) dari Dinas Damkar Kabupaten Luwu menurunkan empat armadanya dibantu satu unit mobil Water Cannon milik Polres Luwu yang tiba di lokasi kebakaran kewalahan memadamkan api.


Para petugas Damkar kewalahan memadamkan kobaran api, selain karena kencangnya tiupan angin juga disebabkan oleh tingginya kubah masjid yang terbakar. Ketinggian kubah masjid yang terbakar mencapai puluhan meter.

Menurut saksi mata, kobaran api dan kepulan asap pertama kali terlihat pada bagian kubah utama masjid.

“Waktu saya melihat, kobaran api dan kepulan asap sudah mulai membesar di bagian kubah utama masjid. Saya melihat itu, sekitar pukul 10.54 WITA,” kata Samsir salah satu Komisioner KPU Luwu.

Kantor KPU Luwu hanya berjarak sekitar 200 meter dari masjid yang terbakar.


Menurut Kapolres Luwu, AKBP Dwi Santoso setibanya di lokasi kejadian, pihaknya langsung memerintahkan jajarannya segera mengerahkan mobil Water Cannon milik Polres Luwu untuk membantu memadamkan api.

“Begitu saya tiba di lokasi, saya langsung kerahkan personil Polres Luwu untuk membantu memadamkan api. Termasuk mengerahkan mobil Water Cannon membantu armada Damkar,” ujar Dwi Santoso.

Hingga berita ini dipublikasikan, Kapolres Luwu masih enggan memberikan keterangan terkait penyebab kebakaran tersebut.

“Kita belum bisa memastikan penyebab kebakaran ini, saya masih menunggu hasil penyelidikan yang dilakukan personil kami,” tandasnya.


Untuk diketahui, kobaran api yang melalap kubah utama Masjid Agung Belopa baru berhasil dipadamkan setelah Dinas Damkar Kabupaten Luwu menurunkan empat unit armadanya dibantu satu unit mobil Water Cannon milik Polres Luwu.

Warga di sekitar lokasi kebakaran bersama para Aparatur Sipil Negara  (ASN) dan pejabat lingkup Pemkab Luwu juga berusaha membantu para petugas Damkar untuk memadamkan kobaran api. Mereka juga membantu menyelamatkan sejumlah barang inventaris masjid agar tidak ikut terbakar.

Diketahui pula saat ini, Masjid Agung Belopa sementara dalam tahap renovasi plafon. Tiang yang digunakan untuk mengerjakan pemasangan plafon, sebagian besar menggunakan bambu.

Editor : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.