.

.

.

Kamis, 24 Januari 2019

Pjs Kades Pompengan Pantai : Sungai Lamasi Butuh Normalisasi

Pjs Kades Pompengan Pantai, Kasmal, SPd, MSi. [Foto : T.SAR - Jirham]

LUWU, Tabloid SAR – Pejabat Sementara Kepala Desa (Pjs Kades) Pompengan Pantai, Kasmal mengungkapkan bahwa Sungai Lamasi yang biasa disebut Sungai Pompengan, telah mengalami pendangkalan.

“Sungai itu telah mengalami pendangkalan sedemikian rupa, sehingga perlu segera dinormalisasi oleh pemerintah dalam hal ini pihak terkait,” ungkap Kasmal saat ditemui wartawan Tabloid SAR di ruang kerjanya, Kamis (24/1/2019) siang.

Menurutnya normalisasi sungai tersebut, sangat penting dan mendesak karena pada musim hujan, air Sungai Pompengan meluap keatas jalan raya sepanjang bantaran sungai dan menggenangi pekarangan, serta rumah warganya.

“Ini lantaran sungai sudah mengalami pendangkalan dan belum dirabilitasi atau dinormalisasi,” kata Kasmal.


Camat Lamasi Timur yang didaulat sebagai Pjs Kades Pompengan Pantai tersebut, menerangkan pula, jika saat ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan normalisasi.

“Jika pemerintah daerah maupun pemerintah provinsi mau melakukan normalisasi sungai itu, maka sekaranglah saat yang tepat untuk mengeruknya. Mumpung saat ini masih kemarau, agar ketika musim hujan tiba, air tidak menggenangi rumah dan pekarangan, termasuk lahan pertanian warga.

Selain itu, Kasmal menjelaskan, belakangan ini ketika air laut pasang pada saat hujan deras, maka air sungai tersebut langsung meluap.

“Akhir-akhir ini ketika air laut pasang bersamaan dengan hujan deras, air sungai langsung meluap dan menggenangi rumah, serta lahan pertanian warga. Sehingga tanaman warga setempat menjadi rusak karena tergenang luapan air sungai,” jelasnya.


Ia menambahkan, hingga saat ini Sungai Pompengan belum pernah direhabilitasi dan dinormalisasi oleh pihak terkait.

Kasmal berharap setelah Sungai Lamasi dinormalisasi, maka masyarakat Kecamatan Lamasi Timur, khususnya warga desa yang berada di sepanjang bantaran sungai tersebut, bisa aman dari banjir.

“Baik selaku camat maupun sebagai Pjs Kades Pompengan Pantai, saya ingin agar masyarakat saya bisa lebih aman dari bencana banjir, agar mereka bisa sejatera,” kuncinya.

Untuk diketahui, Sungai Lamasi atau Sungai Pompengan terletak di perbatasan antara Desa Kendekan, Kecamatan Walenrang Timur dengan Desa Pompengan Utara, Pompengan Induk, Pompengan Tengah dan Pompengan Pantai, Kecamatan Lamasi Timur, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

Penulis   : Jirham
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.