.

.

.

Kamis, 17 Januari 2019

Positif Komsumsi Narkoba, Oknum Kapolres Dicopot

Kapolres Empat Lawang, AKBP. Agus Setiawan, S.IK. [Foto : Int]

PALEMBANG, Tabloid SAR – Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) membuktikan bahwa institusi Polri, tidak main-main dengan kasus narkoba. Termasuk jika ada oknum anggota Polri terlibat kasus itu, baik sebagai pengguna maupun pengedar, apalagi bandar.

Hal tersebut, dibuktikan dengan pencopotan oknum Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) yang terbukti mengkonsumsi narkoba.

Ihwal peristiwa ini, berawal ketika Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Selatan (Kapolda Sumsel), Irjen Pol Zulkarnaen Adinegara perintahkan anak buahnya untuk melakukan tes urine terhadap seluruh Kapolres se-Sumsel secara mendadak di Mapolda Sumsel, Jumat (11/1/2019) lalu.


Dalam pemeriksaan urine tersebut, Kapolres Empat Lawang, AKBP Agus Setiawan dinyatakan positif mengandung zat amfetamin.

Bahkan dalam penyelidikan lebih lanjut yang dilakukan oleh Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Sumsel, AKBP Agus dinyatakan positif mengkonsumsi narkoba jenis sabu dan ekstasi.

Hasil penyelidikan Propam Polda Sumsel tersebut, ditindaklanjuti oleh Asisten Kapolri Bidang SDM Polri dengan melakukan pencopotan jabatan AKBP Agus sebagai Kapolres Empat Lawang.

Pencopotan itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri No. ST/118/I/KEP/2019, tertanggal 15 Januari 2019, yang ditandatangani oleh Asisten Kapolri Bidang SDM Polri, Irjen Eko Indra Heri.


Menurut, Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain pencopotan itu merupakan tindakan tegas dalam pemberantasan narkoba terhadap anggota Polri yang terlibat.

“Pencopotan AKBP AS sebagai Kapolres Empat Lawang merupakan tindakan tegas terhadap anggota Polri yang terlibat masalah narkoba. Itu adalah bukti keseriusan kami (Polri) memberantas narkoba, sekalipun melibatkan anggota Polri, pasti kita sikat,” kata Zulkarnaen kepada sejumlah awak media, Rabu (16/1/2019) kemarin.

Lebih lanjut mantan Kapolda Riau itu, menegaskan pihaknya tidak akan pernah mentolerir siapapun yang terlibat dalam kasus narkoba, termasuk anggota Polri.

“Setiap saat selalu saya sampaikan kepada anggota Polri yang berada di jajaran Polda Sumsel, jangan pernah terlibat kasus narkoba sebab saya tidak akan mentolerir dan akan tindak secara tegas,” ujarnya.


Selain itu, Zulkarnaen mengungkapkan, jika AKBP Agus masuk kategori pecandu, maka akan direhabilitasi.

“Saat ini masih dilakukan pemeriksaan secara lebih lanjut dan mendalam terhadap mantan Kapolres Empat Lawang yang terbukti menggunakan narkoba jenis sabu dan ekstasi. Jika hasil pemeriksaan menyebutkan bahwa AKBP AS adalah seorang pecandu, maka akan kita rehabilitasi,” ungkap Jenderal dua bintang tersebut.

Untuk diketahui, saat ini jajaran Polda Sumsel masih menyelidiki  sumber dan jaringan pengedar yang menyuplai narkoba kepada AKBP Agus.

AKBP Agus dilantik sebagai Kapolres Empat Lawang pada akhir November 2017 lalu. Sebelumnya, lulusan Akademi Kepolisian (AKPOL) Tahun 1998 itu, menjabat sebagai Kasubdit III Ditresnarkoba Polda Sumsel.

Editor : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.