.

.

.

Rabu, 20 Februari 2019

Ini 21 Program Usulan Prioritas dari Tujuh Kelurahan dalam Musrenbang Tingkat Kecamatan Telluwanua Tahun 2019

Dari kiri kekanan, Sekretaris Tim Perumus Rencana Pembangunan Kecamatan Telluwanua Badaruddin, Camat Telluwanua Darsan Dappy, Kabid Perencanaan Makro Bappeda Kota Palopo Hendri, Ketua Tim Perumus Perencanaan Pembangunan Kecamatan Telluwanua Muhammad Nurdin, ketika melaksanakan Musrenbang Tingkat Kecamatan Telluwanua Tahun 2019 di Aula Kantor Kecamatan Telluwanua, Rabu (20/02/2019). [Foto : T.SAR - William Marthom]

PALOPO, Tabloid SAR – Berdasarkan regulasi yang ada, setiap awal tahun pemerintah mulai dari tingkat kelurahan hingga tingkat nasional menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang).

Musrenbang diatur dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Untuk tingkat nasional, musrenbang diatur oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasioanl) dan pada tingkat daerah musrenbang diatur oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Berdasarkan hal tersebut, Pemerintah Kecamatan Telluwanua, Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), menggelar Musrenbang Tingkat Kecamatan Tahun 2019 di Aula Kantor Camat Telluwanua, Jl Poros Salutete, Kelurahan Maroangin, Rabu (20/02/2019).


Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Camat Telluwanua, Darsan Dappy disaksikan langsung oleh para peserta musrenbang yang terdiri dari oleh para Lurah, Ketua LPMK, Ketua RT/RW, Babhinsa dan Babhinkamtibmas se-Kecamatan Telluwanua, serta para tokoh masyarakat setempat.

Selain itu, hadir pula Kabag Pemberdayaan Setda Kota Palopo, Ardas dan Kabid Perencanaan Makro Bappeda Kota Palopo, Hendri, serta sejumlah perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkot Palopo.

Dalam musrenbang tersebut, Camat Telluwanua, Darsan Dappy memfalisilitasi pembentukan Tim Perumus Program Rencana Pembangunan Kecamatan Telluwanua untuk mengawal usulan-usulan program yang diusulkan oleh para Lurah, Ketua LPMK, Ketua RT/RW bersama para tokoh masyarakat se-Kecamatan Telluwanua.

Sekcam Telluwanua, Muhammad Nurdin didaulat sebagai Ketua Tim Perumus dan Ketua LPMK Kecamatan Telluwanua, Badaruddin ditunjuk sebagai Sekretaris Tim Perumus oleh para peserta musrenbang.

Sedangkan anggota Tim Perumus  terdiri dari para Ketua LPMK Kelurahan dan sejumlah Ketua RT/RW di wilayah Kecamatan Telluwanua.


Para Tim Perumus Program Rencana Pembangunan Kecamatan Telluwanua, mengiventarisir program-program usulan yang diusulkan dari para peserta musrenbang berdasarkan hasil Musrenbang Tingkat Kelurahan dari tujuh keluruhan di wilayah Kecamatan Telluwanua.

Sebanyak 387 program diusulkan oleh para peserta musrenbang tersebut, 21 usulan diantaranya merupakan 3 (tiga) program skala prioritas yang diusulkan oleh setiap kelurahan di Kecamatan Telluwanua.

Sementara 366 program lainnya adalah program usulan bersifat mendesak berdasarkan kebutuhan masyarakat yang diharapkan dapat pula direalisasikan dalam APBD Pemkot Palopo Tahun Anggaran (TA) 2020 mendatang.


Dua puluh satu program usulan prioritas yang diusulkan oleh perwakilan dari tujuh kelurahan di wilayah Kecamatan Telluwanua tersebut diantaranya ;

I.              Kelurahan Batu Walenrang :
1.    Program pembuatan jamban keluarga sebanyak 12 unit
2.    Pembuatan draenase sepanjang 500 meter  
3.    Pembangunan pagar belakang Kantor Lurah Batu Walenrang
II.            Kelurahan Mancani :
1.    Pembuatan jamban keluarga sebanyak 20 unit
2.    Pembuatan saluran air limba
3.    Pembuatan WC SMP Nusantara Mancani
III.           Kelurahan Maroangin :
1.    Pembangunan SDN Salupao
(sekolah yang baru diusulkan untuk dibangun)
2.    Saluran pembuangan air
3.    Rehab rumah sebanyak 20 unit
IV.          Kelurahan Jaya :
1.    Pengadaan air bersih (pembuatan sumur bor) sebanyak 9 unit
2.    Pembuatan SPAR/IPAL
3.    Pembronjongan sungai sepanjang 2.300 meter
V.           Kelurahan Sumarambu :
1.    Pembuatan saluran air limba pada dua titik yakni RT1/RW4 dan RT1/RW5
2.    Pengadaan pipa air bersih
3.    Pengerasan Jalan Sungai Batakan
VI.          Kelurahan Pentojangan :
1.    Pembronjongan sungai pada dua titik
2.    Pembangunan pagar Kantor Lurah Pentojangan
3.    Pembangunan jembatan permanen/beton di RW 04
VII.         Kelurahan Salu Battang :
1.    Pengaspalan ulang Jl Poros Salu Battang – Sangkin
2.    Peninggian badan jalan sepanjang 300 meter
3.    Pembangunan jembatan permanen/beton Sungai Marobo


Untuk diketahui, dari 387 program yang diusulkan dalam Musrenbang Kecamatan Telluwanua Tahun 2019, sekitar 95 persen diantaranya merupakan program pembangunan fisik dan hanya 5 persen program pembangunan non fisik yang diusulkan.

Camat Telluwanua, Darsan Dappy bersama para lurah dan masyarakatnya berharap agar 21 program usulan skala prioritas yang diusulkan oleh masing-masing kelurahan sebanyak tiga program dapat direalisasikan pada TA 2020 mendatang dalam APBD Pemkot Palopo. Demikian pula dengan 366 program usulan lainnya yang sangat mendesak berdasarkan kebutuhan masyarakat Kecamatan Telluwanua.

Penulis   : William Marthom
Editor     : Zottok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jumlah Pembaca

.

.