.

.

.

Senin, 18 Februari 2019

Kades Malangke Prioritaskan Pembangunan Infrastuktur Desanya

Kades Malangke, Hj. Ratna. [Foto : T.SAR - Dedhy]

LUTRA, Tabloid SAR – Kepala Desa (Kades) Malangke, Hj Ratna adalah perempuan yang ke lima terpilih sebagai kades di Kecamatan Malangke, Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Sulawesi Selatan (Sulsel).

Ratna terpilih sebagai Kades Malangke ketika ikut bertarung dalam pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada 3 oktober 2018 lalu.

Menurutnya, berkat investasi sosial yang dilakukan selama ini bagi masyarakat Desa Malangke dan dukungan dari pihak keluarganya, sehingga ia terpilih dalam pilkades serentak 2018 lalu yang diikuti 41 desa di Kabupaten Lutra.

“Awalnya saya menjabat sebagai Sekretaris Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Malangke. Kemudian mencalonkan diri sebagai kades karena didorong oleh segenap rumpun keluarga,” kata Ratna saat ditemui wartawan Tabloid SAR di ruang kerjanya, Senin (18/02/2019) siang.


Ia menambahkan, dirinya akhirnya menentukan sikap untuk ikut bertarung dalam Pilkades Malangke karena dorongan yang kuat dari keluarga besarnya dan dukungan masyarakat Malangke pada umumnya.

“Karena kuatnya arus dukungan yang mengalir begitu deras, maka saya putuskan untuk ikut bertarung dalam Pilkades Malangke. Keputusan itu, saya awali dengan ucapan bismillah dan alhamdulillah saya terpilih,” tuturnya.  

Selain itu, Ratna mengungkapkan, bahwa pihaknya akan lebih fokus pada pembangunan infrastruktur desa pada awal kepemimpinannya.

“Pada awal kepemimpinan saya, pembangunan infrastruktur desa akan menjadi prioritas saya. Agar desa kami bisa sejajar dengan desa yang sudah lebih maju di Kabupaten Lutra ini,” ungkapnya.


Lebih lanjut Kades Malangke menerangkan jika dalam menahkodai desanya, ia akan berupaya bekerjasama dengan semua pihak untuk kemajuan desanya.

“Untuk mengembangkan desa ini, saya akan bekerjasama dengan BPD, para tokoh masyarakat dan tokoh agama, termasuk para tokoh pemuda dan masyarakat Desa Malangke. Juga membangun sinergitas dengan Pemkab Lutra, serta para anggota dan pimpinan DPRD Lutra, agar pembangunan fisik maupun non fisik di Desa Malangke bisa dianggarkan dalam APBD Kabupaten Lutra,” terang Ratna.

Ia menyebutkan pembangunan infrastruktur desa yang menjadi skala prioritas pada awal kepemimpinannya adalah perbaikan lapangan sepak bola, pembuatan jalan tani dan pembangunan TK permanen, serta Posyandu di Desa Malangke.

“Itu menjadi skala prioritas berdasarkan usulan dari masyarakat bersama BPD, dan saya melihat hal itu adalah sebuah kebutuhan mendesak yang tidak berdasarkan keinginan semata,” jelasnya.


Sementara itu, Ketua BPD Malangke, Anwar mengatakan, jika kadesnya adalah seorang pemimpin yang mau menerima kritik dan saran, baik dari BPD maupun masyarakatnya, demi mengakomodasi kepentingan warganya dan untuk mewujudkan kesejateraan.

“Kita berharap, semoga dengan kepemimpinan beliau (Hj Ratna), Desa Malangke bisa lebih maju dan berkembang sesuai harapan masyarakat,” kuncinya.

Penulis   : Dedhy
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jumlah Pembaca

.

.