.

.

.

Senin, 18 Februari 2019

Kades Tokke : Saya Akan Lanjutkan Program Pembangunan di Desa Tokke

Kades Tokke, Nurlang Tabbo. [Foto : T.SAR - Dedhy Budiman]

LUTRA, Tabloid SAR – Bagi seorang kepala desa (kades), membangun sebuah desa adalah hal yang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Karena banyak hal yang harus dibiayai dengan anggaran pemerintah desa, baik Alokasi Dana Desa (ADD) dari APBD Kabupaten, maupun Dana Desa dari APBN.

Sebab pembangunan desa bukan hanya melalui kegiatan fisiknya, tapi juga harus dibarengi dengan kegiatan nonfisik untuk mewujudkan kemajuan desa dan kesejateraan warganya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kades Tokke, Nurlang Tabbo ketika ditemui wartawan Tabloid SAR di Kantor Desa Tokke, Kecamatan Malangke, Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin (18/02/2019).


Menurutnya, pasca dilantik oleh Bupati Lutra, Indah Puri Indriani sebagai Kades Tokke untuk periode ketiganya, pihaknya berkeinginan untuk melanjutkan pembangunan yang belum dituntaskan pada periode sebelumnya.

“Setelah dilantik oleh Ibu Bupati pada akhir tahun 2018 lalu, saya membulatkan tekad bahwa dalam periode ketiga saya sebagai Kades Tokke, akan berupaya menuntaskan semua pembangunan yang belum bisa dituntaskan pada periode sebelumnya,” kata Nurlang.

Ia mengakui, masih banyak program pembangunan yang belum dapat dituntaskan pada periode sebelumnya karena faktor keterbatasan anggaran dan tuntutan pemerataan pembangunan di desanya.

“Ya harus diakui, masih banyak program pembangunan yang belum bisa saya tuntaskan pada periode sebelumnya karena terbatasnya anggaran yang ada. Sehingga proses pembangunan harus dilakukan secara bertahap sesuai ketersedian anggaran dan harus pula dilakukan secara merata pada setiap wilayah dusun sesuai harapan warga,” ungkap Nurlang.


Selain itu, Nurlang menerangkan, dirinya bisa terpilih kembali pada periode ketiganya sebagai Kades Tokke karena selama ini selalu berupaya untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat secara adil.

“Mungkin karena selama ini saya selalu berupaya berlaku adil bagi seluruh warga, termasuk dalam hal pemerataan pembangunan di wilayah desa berdasarkan usulan warga sesuai kebutuhan yang menjadi skala prioritas, sehingga saya bisa terpilih kembali untuk ketiga kalinya menahkodai Desa Tokke,” ujarnya.  

Kendati demikian, Nurlang menjelaskan bahwa terpilihnya kembali sebagai Kades Tokke merupakan kemenangan bersama seluruh masyarakat Tokke untuk melanjutkan pembangunan di desanya.

“Karena masyarakat masih mempercayai saya untuk menahkodai desa ini, maka saya harus melanjutkan sejumlah program pembangunan yang belum saya kerjakan pada periode lalu. Program pembangunan yang mendesak untuk segera dituntaskan dalam awal periode ketiga saya adalah pemasangan bronjong, serta pembangunan talud dan draenase, termasuk pengerasan jalan tani pada sejumlah titik di desa ini,” sebutnya.

“Saya juga akan melakukan pemeliharaan rabat beton dan membuat kolam untuk budidaya ikan lele jumbo sebagai inovasi desa,” tambahnya.


Kades Tokke tiga periode tersebut, juga berharap kepada masyarakatnya untuk bersama-sama berupaya mewujudkan pembangunan dan kesejateraan warganya.

“Saya berharap agar seluruh komponen masyarakat Desa Tokke untuk bersama-sama memperbaiki kampung kami. Saya minta kalau ada yang salah tolong diingatkan dan jangan langsung menyalahkan,” pintanya.

Untuk diketahui, Nurlang dilantik sebagai Kades Tokke oleh Bupati Lutra, Indah Puri Indriani di pelataran Kantor Bupati Lutra, Jl Simpurusiang, Masamba Ibukota Kabupaten Lutra, pada Rabu (26/12/2018) lalu.

Nurlang dilantik bersama 40 calon Kades yang terpilih dalam Pilkades Serentak 2018 yang dilaksakan pada 41 desa di Kabupaten Lutra, 3 Oktober 2018 lalu.

Penulis   : Dedhy Budiman
Editor     : William Marthom


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jumlah Pembaca

.

.