.

.

.

Sabtu, 16 Maret 2019

160 Peserta Didik SMKN 4 Luwu Ikuti USBN Tanpa Kendala

Kepala SMKN 4 Luwu, Harianto Gommo, S.Pd, M.Si. [Foto : T.SAR - William Marthom]

LUWU, Tabloid SAR – Sebanyak 160 orang peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Luwu yang berada di Jl. Poros Palopo – Masamba KM 14 Karetan, Desa Baramamase, Kecamatan Walenrang, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel), mengikuti Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) sejak, Senin (11/03/2019).

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala SMKN 4 Luwu, Harianto Gommo, SPd, MSi, ketika ditemui wartawan Tabloid SAR di ruang kerjanya, Sabtu (16/03/2019) siang.

“USBN ini dilaksanakan sejak, Senin 11 Maret dan akan berlangsung hingga, Selasa 19 Maret 2019. Para pesertanya kami bagi dalam tiga sesion dan menggunakan dua ruangan,” ungkap Harianto.


Para peserta USBN di sekolah yang dulunya bernama SMKN 2 Walenrang ini adalah siswa Kelas III SMKN 4 Luwu dari lima kejuruan yang ada di sekolah tersebut.

Menurut, Harianto pelaksanaan USBN di sekolah yang dipimpinnya, diawasi secara silang oleh para guru dari SMK terdekat lainnya.

“Pelaksanaan USBN ini diawasi secara silang oleh guru-guru SMK terdekat yang ada di wilayah Kabupaten Luwu. Siswa kami diawasi oleh para guru dari SMKN 3 Luwu dan SMKN 9 Luwu. Sedangkan guru-guru yang ada di sekolah ini, mengawasi pelaksanaan USBN pada kedua SMK itu,” kata Harianto.

Selain itu, Harianto menerangkan, meski SMKN 4 Luwu masih kekurangan komputer untuk digunakan siswanya dalam USBN tersebut, namun hal itu dapat diatasi dengan meminjam laptop milik orang tua para peserta USBN.

“Sebenarnya sekolah kami masih kekurangan komputer untuk melaksanakan USBN ini, karena di laboratorium komputer kami, cuman ada 35 unit komputer. Sementara, 160 siswa kami yang mengikuti USBN tahun ini, idealnya menggunakan 54 unit komputer jika dibagi dalam tiga sesion dan dua ruangan. Namun kekurangan itu dapat diatasi dengan meminjam laptop milik orang tua peserta USBN,” terangnya.


Lebih lanjut, Kepala SMKN 4 Luwu menjelaskan bahwa setelah pelaksanaan USBN ini, 160 anak didiknya itu akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) atau ujian praktek.

“Setelah mengikuti USBN ini, selajutnya anak didik kami di sekolah ini masih akan mengikuti UNBK selama tiga hari yang dilaksanakan secara nasional, yakni mulai tanggal 25-27 Maret 2019. Setelah mengikuti UNBK, 160 peserta didik kami itu, akan mengikuti UKK dalam rentan waktu, mulai tanggal 1-13 April 2019 untuk semua jurusan,” jelas Harianto. 

Mantan Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 9 Luwu tersebut, juga menuturkan bahwa dalam pelaksanaan UKK nantinya akan melibatkan Tim Assesor (Tim Penilia) dari dunia industri yang bekerjasama dengan SMKN 4 Luwu.

“Jadi nantinya dalam pelaksanaan UKK di sekolah ini, kami tidak hanya melibatkan para guru kejuruan atau guru produktif yang bersertifikasi untuk menguji dan menilai para peserta UKK. Akan tetapi, kami juga akan melibatkan Tim Assesor dari dunia industri yang bekerjasama dengan sekolah kami,” tutur Harianto.

Ia menambahkan, Tim Assesor tersebut akan menguji kelayakan alat-alat praktek yang digunakan dalam UKK nantinya.

“Tim Assessor dari dunia industri itu yang akan menjadi penilia mutu dan kualitas peralatan praktek yang digunakan dalam UKK tersebut,” kunci Harianto seraya mengatakan pihaknya berharap agar seluruh rangkaian ujian yang akan diikuti oleh siswa-siswinya dapat berjalan lancar, aman dan tertib.


Untuk diketahui, SMKN 4 Luwu telah membuka lima kejuruan, yakni Jurusan Pertanian, Kehutanan, Otomotif Alat Berat, Telekomunikasi (Telkom), serta Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Lima kejuruan tersebut, telah bekerjasama dengan dunia industri.

Jurusan Pertanian bekerjasama dengan PT. Mars Cocoa Developmen Center, Jurusan Kehutanan kerjasama PT. Panca Usaha Palopo Plywood (Panply), Jurusan Telkom kerjasama PT. Telekomunikasi Indonesia (PT.Telkom), Jurusan Otomotif Alat Berat kerjasama PT. United Tractors, Tbk (PT.UT), dan Jurusan TKJ kerjasama Handayani Komputer.

Diketahui pula, sejauh ini pelaksanaan USBN di SMKN 4 Luwu dapat berjalan tanpa kendala dan hambatan yang berarti.

Penulis   : William Marthom
Editor     : Zottok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.