.

.

.

Selasa, 26 Maret 2019

Bupati Lutim Serahkan Bantuan Stimulan Bedah Rumah TA 2019 Bagi 390 MBR

Bupati Lutim, HM. Toriq Husler menyerahkan buku rekening berisi Rp 13 juta Bantuan Stimulan Bedah Rumah Kabupaten Lutim Tahun Anggaran 2019 kepada Masyarakat Beperhasilan Rendah (MBR) di Aula Kantor Kecamatan Mangkutana, Kabupaten Lutim, Selasa (26/03/2019). [Foto : Int]

LUTIM, Tabloid SAR – Bupati Luwu Timur (Lutim), HM Thoriq Husler, menyerahkan secara simbolis Bantuan Stimulan Bedah Rumah Kabupaten Lutim Tahun Anggaran 2019.

Bantuan tersebut, diserahkan Husler kepada 390 Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang tersebar di empat kecamatan, yakni Kecamatan Mangkutana, Tomoni, Tomoni Timur dan Kalaena.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan sosialisasi dan penanda-tanganan buku rekening penerima bantuan dana stimulan bedah rumah dari Pemkab Lutim tersebut di Aula Kantor Kecamatan Mangkutana, Selasa (26/03/2019).

Sekretaris Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertamanan Kabupaten Lutim, Syahmuddin mengatakan, dalam UUD 1945 mengamanatkan bahwa rumah adalah salah satu hak dasar rakyat.

“Oleh karena itu, setiap warga negara berhak memiliki tempat tinggal dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat. Karena selain sebagai kebutuhan dasar manusia, rumah juga berfungsi untuk meningkatkan harkat, martabat, mutu kehidupan dan penghidupan masyarakat,” kata Syahmuddin.

Ia menambahkan, rumah juga sebagai pencerminan diri pribadi dalam upaya peningkatan taraf hidup, serta pembentukan watak, karakter dan kepribadian bangsa.

“Namun sayangnya, hak dasar rakyat tersebut, masih belum dapat sepenuhnya dipenuhi hingga saat ini,” tambah Syahmuddin.

Salah satu penyebabnya, kata Syahmuddin adalah adanya kesenjangan dalam pemenuhan kebutuhan perumahan yang relatif masih besar.

“Hal tersebut terjadi antara lain karena masih kurangnya kemampuan daya beli masyarakat, khususnya Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dalam memenuhi kebutuhan akan rumahnya,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Lutim, HM. Thoriq Husler dalam sambutannya mengungkapkan, pembangunan perumahan dan permukiman jika dilakukan secara benar akan memberikan kontribusi langsung terhadap peningkatan kesejahteraan dan pengentasan kemiskinan.

“Karena pembangunan perumahan dapat mendorong pertumbuhan wilayah dan ekonomi daerah, mendukung pembangunan sosial budaya dan memberikan efek multiplier terhadap sektor lain, seperti penciptaan lapangan kerja baik langsung maupun tidak langsung,” ungkap Husler.

Lebih lanjut, Husler menerangkan bahwa, pembangunan perumahan dan permukiman rakyat harus didukung oleh suatu kebijakan strategis dan program yang komprehensif dan terpadu.

“Sehingga selain mampu memenuhi hak dasar rakyat, juga akan menghasilkan suatu lingkungan perumahan dan pemukiman yang sehat, serasi, harmonis, aman dan nyaman, utamanya di kabupaten atau kecamatan kita di Lutim ini,” terangnya.

Selain itu, Bupati Lutim menjelaskan, program bedah rumah bagi MBR di Kabupaten Lutim adalah salah satu visi-misinya.

“Jadi perlu saya sampaikan bahwa, program bantuan bedah rumah kepada seluruh masyarakat yang kurang mampu di Lutim, merupakan program prioritas kami. Program semacam ini, akan kami canangkan setiap tahunnya. Dan Alhamdulillah, hingga saat ini kita sudah bisa merealisasikan sebanyak 4.911 unit,” jelas Husler.

Mantan Wakil Bupati Lutim tersebut, juga menuturkan bahwa pihaknya akan tetap berkomitmen untuk memberikan bantuan secara merata kepada MBR di Lutim.

“Karena kita semua tentunya, berharap agar semua yang membutuhkan dapat terjangkau oleh Pemkab Lutim. Mudah-mudahan, melalui program ini, semua masyarakat Lutim bisa menempati rumah layak huni,” kunci Husler.

Untuk diketahui, Bantuan Stimulan Program Bedah Rumah Kabupaten Lutim TA 2019 yang diserahkan oleh Bupati Lutim, HM. Thoriq Husler kepada 390 orang MBR tersebut diperuntukkan, bagi 80 orang MBR di Kecamatan Tomoni Timur, Tomoni 130 MBR, Mangkutana 110 MBR dan Kalaena 70 MBR.

Diketahui pula, 390 MBR yang menerima bantuan stimulan bedah rumah tersebut, masing-masing mendapatkan total anggaran sebesar Rp 13 juta.

Editor : William Marthom


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.