.

.

.

Jumat, 29 Maret 2019

Dinkes Lutim Gelar Pengukuran Kebugaran JCH Kabupaten Lutim Tahun 2019

Mewakili Bupati Luwu Timur (Lutim), HM Thoriq Husler, Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Lutim, Aini Endis Anrika, S.STP, M.Si, mengangkat bendera sebagai simbol pembukaan secara resmi kegiatan pengukuran kebugaran para Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Lutim yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Malili, Kecamatan Malili Ibukota Kabupaten Lutim, Jumat (29/03/2019). [Foto : Int] 

LUTIM, Tabloid SAR – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Luwu Timur (Lutim) menggelar kegiatan pengukuran kebugaran para Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Lutim Tahun 2019 yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Malili, Kecamatan Malili Ibukota Kabupaten Lutim, Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (29/03/2019) pagi.

Kegiatan yang diikuti 157 JCH dari berbagai kecamatan se-Kabupaten Lutim tersebut, dibuka secara resmi oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah (Setda) Lutim, Aini Endis Anrika mewakili Bupati Lutim, HM Thoriq Husler.

Dalam sambutannya, Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Lutim mengatakan, sudah menjadi kewajiban bersama antara pemerintah, JCH dan masyarakat Lutim untuk mewujudkan kesehatan para jamaah haji, melalui program pengukuran kebugaran, pemeriksaan dan pembinaan kesehatan haji, sejak JCH mendaftarkan diri.

“Pengukuran kebugaran, sangat baik untuk menilai sekaligus meningkatkan kinerja jantung, paru-paru dan otot para JCH. Pengukuran kebugaran juga dapat diartikan sebagai pengukuran daya tahan kardiorespirasi, kekuatan dan fleksibilitas otot,” kata Aini Endis.

Selain itu, Aini Endis juga menghimbau agar para JCH Kabupaten Lutim selalu pro aktif mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang diwajibkan oleh pemerintah dalam rangka persiapan pemberangkatan para JCH untuk melaksanakan ibadah haji ke tanah suci negeri Arab Saudi.

“Saya berpesan kepada jamaah sekalian, agar aktif mengikuti setiap kegiatan pembinaan manasik, baik pembinaan kesehatan maupun pembinaan dari Departemen Agama,” himbaunya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kabupaten Lutim, dr. April mengatakan, program tersebut dimaksudkan untuk mengukur kemampuan fisik dan mental para JCH.

“Kegiatan ini dilaksanakan guna meningkatkan kualitas fisik dan mental para JCH dalam mengikuti ibadah haji nantinya,” kata April.

Ia menambahkan, dengan pembinaan dan pengukuran kebugaran ini, diharapkan para JCH yang akan melaksanakan ibadah haji dapat diketahui sejak awal mengenai kemampuan fisik dan mentalnya.

“Disamping itu, pengukuran kebugaran jasmani bagi JCH, juga menjadi sarana menimba ilmu bagi para JCH, agar bisa lebih memahami bagaimana cara meningkatkan kebugaran jasmani. Dan diharapkan pula dapat lebih mengenal lingkungan, serta kondisi cuaca di Arab Saudi yang sangat berbeda dengan Indonesia,” terang April.

“Sehingga dari pengukuran ini, akan diketahui kondisi kesehatan para JCH yang masuk kategori bugar, cukup atau kurang,” tambahnya.

Untuk diketahui, kegiatan pengukuran kebugaran JCH ini dilaksanakan oleh Dinkes Kabupaten Lutim, melalui Bidang Kesehatan Masyarakat Seksi Promosi Kesehatan, Lingkungan dan Olahraga dengan dipantau langsung oleh Tim Kesehatan JCH Provinsi Sulsel.

Editor : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.