.

.

.

Rabu, 13 Maret 2019

Ini Penjelasan Kepala BKPSDM Terkait Bupati Tator “Nicodemus Biringkanae” Rangkap Jabatan sebagai Plt Kadis Kesehatan

Surat Perintah Bupati Tana Toraja (Tator), Nicodemus Biringkanae yang mengangkat dirinya sebagai Plt Kadis Kesehatan Kabupaten Tator. [Foto ; Int] 

TORAJA, Tabloid SAR – Beberapa hari terakhir sepanjang pekan ini, Surat Perintah Bupati Tana Toraja bernomor: 820-40/BKPSDM/III/2019, tertanggal 1 Maret 2019 beredar luas di media sosial dan menjadi viral.

Pasalnya dalam surat perintah tersebut, Bupati Tana Toraja (Tator), Nicodemus Biringkanae mengangkat dan memerintahkan dirinya sendiri sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Tator.


Menanggapi hal tersebut,  Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tator, Jony Tonglo angkat bicara.

Jony menanggapi hujatan warga net yang mempersoalkan Bupati Nicodemus karena merangkap jabatan sebagai Plt Kadis Kesehatan Kabupaten Tator.

Menurutnya, Bupati Tator tidak menyalahi aturan lantaran mengambil alih posisi jabatan Kadis Kesehatan dan menjabatnya sebagai Plt, lantaran posisi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Kadis Kesehatan sementara dalam keadaan lowong atau kosong.

“Tidak ada aturan atau regulasi yang dilanggar Pak Bupati dengan merangkap jabatan sebagai Plt Kadis Kesehatan. Sebab hal itu dimungkinkan, karena jabatan Kadis Kesehatan dalam keadaan lowong pada saat diambil alih oleh bupati untuk diisi, berhubung karena Kadis Kesehatan, Anton Rerung telah pensiun dan tidak aktif lagi sebagai PNS terhitung sejak tanggal 1 Maret 2019,” kata Jony ketika dikonfirmasi sejumlah wartawan, Selasa (12/03/2019).


Lebih lanjut, Jony menerangkan, tidak ada masalah bagi Bupati Nicodemus untuk merangkap jabatan dalam kondisi demikian.

“Apa lagi Pak Bupati sendiri yang mau menjabat sebagai Plt Kadis Kesehatan, hingga Kadis Kesehatan yang defenitif dilantik,” katanya.


Untuk diketahui, beberapa bulan sebelum Kadis Kesehatan Tator, Anton Rerung memasuki masa pensiunnya sebagai PNS, yang bersangkutan jarang sekali berkontor.

Bahkan, mantan Kadis Kesehatan Kabupaten Moutong yang juga adik ipar Bupati Nicodemus tersebut, hampir setahun lamanya tidak berkantor dan jarang menghadiri kegiatan kantor sepanjang tahun 2018.

Diketahui pula, sejumlah jabatan Kepala OPD lingkup Pemkab Tator mengalami kekosongan, sehingga masih diisi oleh para Pelaksana Tugas (Plt), diantaranya jabatan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), termasuk jabatan Kadis Pariwisata yang diisi oleh istri Bupati Nicodemus, Rospita Napa Biringkanae.

Editor : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.