.

.

.

Selasa, 19 Maret 2019

Masa Jabatan Kades Sadar Berakhir, Camat Bone-Bone Jadi Pjs

Camat Bone-Bone Syahruddin (pakai peci) bersama Kapolsek Bone-Bone Kompol Agus Mappi, foto bersama mantan Kades Sadar, Daris dan para perangkat desa setempat, seusai acara Sertijab Kades Sadar. 

LUWU, Tabloid SAR – Masa jabatan Kepala Desa (Kades) Sadar, Daris telah berakhir karena sudah genap enam tahun sesuai ketentuan aturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Setelah berhasil menangkan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Sadar pada awal tahun 2013 lalu, Daris dilantik menjadi Kades Sadar yang defenitif pada tanggal 18 Maret 2013 silam untuk periode masa jabatan enam tahun. Sehingga tepat pada tanggal 18 Maret 2019 periode masa jabatan, Daris sebagai Kades Sadar berakhir.

Karena berakhirnya masa jabatan tersebut, Kades Sadar, Daris meletakkan jabatannya dan melakukan serah terima jabatan (Sertijab) kepada Camat Bone-Bone, Syahruddin di Aula Kantor Desa Sadar, Kecamatan Bobe-Bone, Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin (18/03/2019).

Sejak proses sertijab ini, Daris tidak lagi memiliki kewenangan atau tanggungjawab sebagai Kades Sadar. Dan selanjutnya Camat Bone-Bone, Syahruddin resmi menjadi Pejabat Sementara (Pjs) Kades Sadar, hingga adanya penetapan Kades berikutnya.

Acara sertijab tersebut dihadiri segenap aparat Desa Sadar dan Kapolsek Bone-Bone, Kompol Agus Mappi, serta sejumlah warga setempat.

Dalam kesempatan ini, Kapoksek Bone-Bone memperingatkan semua pihak agar tetap menjaga stabilitas keamanan di Desa Sadar supaya kehidupan bermasyarakat di desa ini dapat menjadi aman dan damai.

“Saya berharap di Desa Sadar ini, warganya bisa menjaga keamanan dengan baik demi terciptanya kedamaian,” himbau Agus Mappi.

Sementara itu, Camat Bone-Bone, Syahruddin mengatakan, jabatan Kades Sadar (Daris) saat ini sudah berakhir, sehingga harus diambil alih oleh pemerintah kecamatan sampai dengan selesainya proses Pilkades Serentak dan pelantikan Kades terpilih nantinya.

“Periode masa jabatan Kades Sadar sudah berakhir tepat pada hari ini (Senin 18 Maret 2019). Jadi saya sendiri yang akan menjadi pelaksanakan tugas itu, sebagai Kades Sadar,” kata Syahruddin.

Selain itu, Syahruddin mengucapkan terima kasih kepada Daris atas segala pengabdiannya selama menjadi Kades Sadar.

“Atas nama Pemerintah Kecamatan Bone-Bone dan Pemkab Lutra, saya mewakili mengucapkan terima kasih kepada Pak Daris yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh tanggungjawab selama menjadi Kades Sadar. Semoga segala pengabdian itu dapat bernilai ibadah di hadapan Allah Subahana Wata’Ala,” ungkapnya.

Tak lupa pula, Camat Bone-Bone mengajak agar seluruh elemen masyarakat Desa Sadar dapat bekerjasama dengan dirinya selama ia menjadi Pjs Kades Sadar.

“Melalui kesempatan ini pula, saya mengajak segenap aparat desa bersama seluruh warga Desa Sadar, agar senantiasa bekerjasama dengan saya selama menjadi Pelaksana Tugas Kades di desa ini,” pinta Syahruddin.

Dalam kesempatan yang sama mantan Kades Sadar, Daris meminta maaf kepada segenap warga setempat, jika ada kesalahan dan hal yang kurang berkenan selama dirinya menjadi Kades Sadar.

“Pada kesempatan ini di akhir masa jabatan saya, perkenankan saya untuk memohon maaf dengan segala kerendahan hati atas segala salah dan khilaf yang pernah saya lakukan selama menjadi Kades di desa yang sama kita cintai ini. Jika ada salah dan dosa mohon dimaafkan, karena saya hanyalah manusia biasa,” ungkap Daris.

“Jika ada yang kurang selama era pemerintahan saya di desa ini, maka mari terus bersama-sama dan saling mendukung. Sehingga pada masa mendatang kita dapat memperbaiki segala kelemahan itu dan kita lanjutkan bersama pembangunan di desa yang sama kita cintai ini, demi kebaikan dan kesejateraan bersama,” sambungnya.

Seusai acara ini, Daris mengatakan bahwa, ia akan kembali mencalonkan diri sebagai Kades Sadar pada Pilkades mendatang, sesuai harapan dan permintaan sejumlah warga desa tersebut.

“Insyah Allah, saya akan maju kembali jadi calon kepala desa pada Pilkades mendatang. Semoga masyarakat masih memberikan kepercayaannya kepada saya nantinya untuk melanjutkan pembangunan di desa ini,” jawabnya dengan singkat ketika dikonfirmasi wartawan Tabloid SAR.

Untuk diketahui, sejumlah Kades di Kabupaten Lutra telah berakhir masa jabatannya dalam tahun ini, namun hingga kini jadwal Pilkades Serentak di Kabupaten Lutra belum ditentukan oleh Pemkab Lutra.

Sejumlah pihak berasumsi, Pilkades Serentak akan dilaksanakan etelah Pemilu 2019.

Penulis   : A. M. Rizaldy
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.