.

.

.

Sabtu, 09 Maret 2019

Peringati HPSN 2019 Pemkab Lutim Canangkan Aksi Bersih Lingkungan Menuju Pesisir Lestari di TPI Wotu


Bupati Lutim, HM Thoriq Husler (kiri) menyerahkan tempat sampah terpilah kepada Pengurus Karang Taruna Bawalipu, Pengelola Objek Wisata Banua Pangka dan Perwakilan Nelayan Wotu di Desa Bawalipu, Kecamatan Wotu, Kabupaten Lutim, Jumat (8/3/2019). [Foto : Int]

LUTIM, Tabloid SAR – Pemerintah Kabupaten Luwu Timur (Pemkab Lutim) melalui Dinas Kelautan Perikanan dan Pangan (DKPP) Lutim, mencanangkan Aksi Bersih Lingkungan Menuju Pesisir Lestari di Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Wotu, Desa Bawalipu, Kecamatan Wotu, Kabupaten Lutim, Sulsel, Jumat (8/3/2019).

Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019. Juga dirangkaikan dengan acara peresmian pengoperasian TPI Wotu.

Pada kesempatan ini, Kepala DKPP Lutim, Nursih Hariani mengatakan, aktivitas di TPI tersebut telah berjalan dengan baik meskipun fasilitas pendukungnya belum tersedia secara maksimal.

Oleh karenanya, Kepala DKPP Lutim mengapresiasi kreativitas para pemuda di sekitar lingkungan TPI Wotu sebab memanfaatkan fasilitas yang tersedia dengan menyulapnya menjadi tempat wisata menarik yang diberi nama Banua Pangka.

“Kehadiran objek wisata ini, telah memberikan dampak positif baik secara ekonomis maupun dampak sosial bagi masyarakat di sekitar lingkungan TPI, desa dan kecamatan bahkan Kabupaten Lutim pada umumnya,” kata Nursih.


Selain itu, kata Nursih, kehadiran wisata Banua Pangka, tidak menggangu fungsi utama TPI. Bahkan dengan komunikasi yang baik telah terjalin hubungan yang saling menguntungkan.

“Namun untuk mengoptimalkan fungsi TPI dan mengembangkan wisata Banua Pangka, diharapkan dukungan lintas sektor sesuai kewenangan masing-masing, diantaranya pelebaran akses jalan, penataan pemukiman, pembinaan kepariwisataan, pembinaan dan edukasi penyelamatan lingkungan, serta pembinaan kuliner,” sebut Nursih.

Nursih menambahkan, DKPP Kabupaten Lutim beserta para pengelola wisata Banua Pangka berharap tempat tersebut akan menjadi salah satu Destinasi wisata terkemuka di Lutim.

“Kita berharap, destinasi wisata ini akan menghadirkan keindahan mangrove, wisata pemancingan, wisata kuliner ikan segar dan keindahan lainnya yang bersih dari sampah dengan pengelolaan berbasis ramah lingkungan, sehingga pesisir pantai kita bisa lestari,” tandasnya.


Sementara, Bupati Lutim, HM Thoriq Husler dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kepedulian masyarakat bersama pemerintah setempat (Desa Bawalipu) dalam mengembangkan kawasan TPI Wotu menjadi salah satu destinasi wisata yang dikenal dengan nama Banua Pangka.

Menurut Husler, pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah tidak akan bermanfaat sepenuhnya bagi masyarakat jika tanpa dukungan dari semua pihak.

“Hari ini adalah moment yang tepat untuk menggalang partisipasi seluruh pihak dalam memanfaatkan aset yang telah disiapkan oleh Pemda untuk kepentingan masyarakat luas,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati Lutim mengungkapkan, pihaknya berharap aksi bersih dan peduli lingkungan yang dilaksanakan tersebut, bukan sekedar seremonial belaka, meski masih merupakan bahagian dari rangkaian acara Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).

“Namun yang paling penting adalah keberlanjutannya di masa yang akan datang, agar fasilitas yang telah disiapkan oleh Pemkab Lutim ini, dapat terpelihara dan terjaga kelestariannya, serta bisa memberikan nilai tambah demi kesejahteraan bagi masyarakat Lutim,” ungkap Husler dengan penuh harap.


Untuk diketahui, peresmian pengoperasian TPI Wotu, dilakukan secara simbolis dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Husler.

Usai penandatangan prasasti, juga dilakukan pembacaan komitmen masyarakat peduli lingkungan oleh karang taruna setempat, pengelola Banua Pangka dan perwakilan nelayan Wotu.

Pada bagian akhir acara ini, juga dilakukan penyerahan tempat sampah terpilah oleh Bupati Lutim kepada karang taruna, pengelola Banua Pangka dan perwakilan nelayan.

Dalam kesempatan ini, Husler juga menyerahkan cinderamata kepada masyarakat peduli lingkungan di Desa Bawalipu dan menyerahkan satu unit motor sampah operasional TPI Wotu kepada Kepala Desa Bawalipu, Solihin B. Kaniyu.

Editor : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.