.

.

.

Minggu, 03 Maret 2019

Tahun Ini Masa Jabatan Kades Pongko Berakhir, Arifuddin Nyatakan Siap Lanjutkan Pembangunan

Kades Pongko, Arifuddin. [Foto : T.SAR - A.M.Rizaldy]

LUTRA, Tabloid SAR – Tahun 2019 adalah tahun politik bagi segenap bangsa Indonesia. Pasalnya pemilihan umum (pemilu) di negeri ini, baik pemilihan presiden (pilpres)  maupun pemilihan legislatif (pileg) akan dilaksanakan secara serentak pada 17 April mendatang.

Semua pihak berharap agar pesta demokrasi tersebut dapat berjalan lancar dan terlaksana secara demokratis, jujur dan adil.

Dalam tahun ini pula, sejumlah periode masa jabatan kepala desa (kades) di Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Sulawesi Selatan (Sulsel), akan berakhir. Sehingga pada tahun 2020 mendatang, pemilihan kepala desa (pilkades) secara serentak juga akan dilaksanakan di Lutra pada sejumlah desa.

Salah satu desa yang akan mengkuti pilkades serentak 2020 mendatang adalah Desa Pongko, Kecamatan Bone-Bone, Kabupaten Lutra.


Hal tersebut dibenarkan oleh Kades Pongko, Arifuddin ketika ditemui wartawan Tabloid SAR di rumah kediamannya, Jumat (1/3/2019).

“Tahun ini periode masa jabatan saya akan berakhir dan berdasarkan informasi yang ada, tahun 2020 mendatang akan dilaksanakan pilkades serentak,” kata Arifuddin.

Pada era kepemimpinan, Arifuddin sebagai Kades Pongko, pembangunan sudah mulai nampak dan telah bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Arifuddin terus berupaya menggenjot sejumlah program pembangunan di desanya, baik fisik maupun non fisik, dalam hal ini pembangungan infrastruktur desa dan pemberdayaan masyarakat.


Menurut Kades Pongko, selama ini pihaknya memprioritaskan program pembangunan infrastruktur jalan di desanya.

“Selama menjabat sebagai kades, saya selalu memprioritaskan pembenahan jalan desa, supaya mobilitas warga desa bisa menjadi lebih lancar dengan harapan dapat mengakselerasi peningkatan kesejateraan masyarakat,” ujar Arifuddin.

Selain itu, Kades Pongko menerangkan, dirinya selalu berupaya untuk melanjutkan pengaspalan jalan di desanya. Namun karena factor keadaan tanah yang labil, sehingga pengaspalan belum dapat dilakukan, sebelum membangun talud pada sisi kiri dan kanan jalan itu.

“Supaya pengaspalan jalan di desa kami dapat dilaksanakan, maka terlebih dahulu kami harus membangunan talud di sepanjang sisi kiri dan kanan jalan desa tersebut. Dan insya Allah tahun ini, akan dilakukan penambahan pengaspalan sepanjang satu  kilo meter,” terang Arifuddin.


Sementara program non fisik yang digalakkan oleh Arifuddin selama ini adalah pengembangan sumber daya manusia (SDM) melalui sejumlah program pemberdayaan masyarakat.

Dalam kesempatan ini, Arifuddin juga mengungkapkan, bahwa pada prinsifnya ia masih bersedia untuk mencalonkan diri sebagai salah satu kompetitor dalam Pilkades Pongko yang akan digelar pada tahun 2020 mendatang, jika masyarakat masih menginginkan dirinya.

“Jika masyarakat masih menginginkan saya untuk menjadi Kades Pongko kedepannya, tentu saya harus mengakomodasi aspirasi itu. Karena masyarakat sudah bisa melihat dan merasakan secara langsung, apa yang telah saya lakukan untuk mereka. Termasuk apa yang telah saya bangun selama menjadi kades di desa ini, sudah bisa dirasakan oleh warga desa,” ungkapnya.

Lebih lanjut, mantan Kepala SDN Pongko yang sederhana, arif dan bijaksana tersebut menegaskan, dirinya siap maju kembali sebagai calon Kades Pongko untuk melanjutkan pembangunan dan memberikan yang terbaik kepada masyarakat.

Penulis   : A.M.Rizaldy
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.