.

.

.

Jumat, 05 April 2019

Anak Bupati dan Istri Wakil Bupati Tator Jadi Caleg, Nella Retno Buat Surat Terbuka untuk Pasangan NiVi

Bupati Tator, Nicodemus Biringkanae dan Wakil Bupati Tator, Victor Datuan Batara.  

TORAJA, Tabloid SAR – Seorang netizen di group ‘Forum Politik Toraja (FPT)’ yang menggunakan akun facebook bernama ‘Nella Retno’ mengunggah sebuah Surat Terbuka yang ditujukan kepada Bupati & Wakil Bupati Tana Toraja (Tator), Nicodemus Biringkanae dan Victor Datuan Batara (Nivi).

Surat tersebut berjudul ‘Surat Terbuka untuk Pasangan NiVi’, yang berisi kritikan pedas kepada Bupati dan Wakil Bupati Tator.

Kritik dalam surat terbuka, Nella Retno itu, mengungkapkan kegelisahannya dalam melihat adanya indikasi atau upaya pembangunan ‘Dinasti Politik’ yang coba dilakukan oleh pasangan NiVi di Kabupaten Tator, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kekuatiran, Nella Retno tersebut didasari atas majunya anak Bupati Tator, Nicodemus Biringkanae, yakni Sarwindye Biringkanae sebagai Caleg DPRD Sulsel di Dapil X yang meliputi Kabupaten Tator dan Torut (Toraja Utara) dengan mengendarai Partai NasDem.

Dan juga kekuatiran karena majunya istri Wakil Bupati Tator, Victor Datuan Batara, yaitu Hj Nurliah Datuan Batara sebagai Caleg DPRD Sulsel Dapil X melalui Partai Golkar.

Menurut, Nella Retno dinasti politik yang coba dibangun oleh pasangan NiVi akan menumbuhkan oligarki politik dan iklim tidak kondusif dalam kepemimpinan politik di Toraja pada masa-masa yang akan datang.

Surat terbuka yang disharee oleh Nella Retno di group FPT tersebut, diunggah sekitar tiga jam lalu dan telah dikomentari puluhan netizen.

Menariknya, komentar para netizen itu sangat beragam dalam menanggapi surat terbuka Nella Retno, ada yang pro dan kontra sehingga perdebatan hangatpun kian menarik untuk dicermati.

Berbagai argumentasi untuk merasionalkan pendapat para netizen membuat diskusi di group FPT tersebut, kian hangat dan semakin alot.

Berikut kutipan Surat Terbuka dari Nella Retno untuk Bupati dan Wakil Bupati Tator :

Surat Terbuka Untuk Pasangan NiVi

Yang Terhormat Bpk, Nico dan Victor
Di Tempat

Saya langsung saja ke intinya. Surat terbuka ini untuk mengingatkan orang yang saya tuakan dan hormati di Daerah Toraja yang kita cintai bersama.

Bahwa politik dinasti yang akan dilakukan bapak Nico dan Victor di Tana Toraja dengan mendorong Sarwindy anak Pak Nico dan Nurliah istri Pak Victor untuk maju di Pileg telah menutup kesempatan atau akses masyarakat lainnya di luar garis keturunan bapak untuk mendapatkan hak dipilih.

Mereka yang bisa dipilih akhirnya hanya berasal dari keluarga kalian saja sehingga otomatis nantinya yang berkuasa juga dari keluarga kamu kamu saja. Menurut saya yang kalian lakukan itu hal primitif karena mengandalkan Istri dan keturunan kalian saja.

Dinasti politik yang bapak lakukan saat ini, nantinya akan menumbuhkan oligarki politik dan iklim yang tidak kondusif untuk regenerasi kepemimpinan politik di Toraja dimana kekuasaan hanya berkutat atau dikuasai oleh orang-orang mempunyai pertalian kekerabatan atau berasal dari keluarga kalian saja, tanpa memberikan celah kepada pihak lain untuk ikut berpartisipasi, disamping itu Politik dinasti akan berdampak buruk bagi akuntabilitas birokrasi dan pemerintahan di Kampung, karena bapak bapak saya hormati cenderung serakah dan rawan terjadinya praktek KKN dan intervensi perangkat pemerintahan demi memenuhi hasrat berkuasa kalian.

Praktek politik dinasti ini tentunya dapat membuat orang yang tidak berkompeten memiliki kekuasaan, tapi hal sebaliknya pun bisa terjadi, dimana orang yang kompeten menjadi tidak dipakai karena alasan bukan keluarga. Tulisan ini akhirnya saya publis bukan karena sentimen pribadi melainkan cuma mengingatkan pasangan NiVi jika 2020 ada kepentingan kalian yang lebih besar dan janji janji politik pada pilkada sebelumnya belum kalian penuhi.

Salam Hormat

Nella Retno


Penulis : William Marthom
Editor   : Zottok


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.