.

.

.

Senin, 29 April 2019

Hasil Pileg 2019 di Kota Palopo, Partai Golkar Masih Unggul Disusul Nasdem dan Demokrat

Tabulasi hasil Pileg 2019 di Kota Palopo yang dapat dilihat pada situs resmi KPU. [Int]

Pimpinan DPRD Palopo, Kader Golkar Jadi Ketua, Nasdem Wakil Ketua I dan Demokrat Wakil Ketua II

PALOPO, Tabloid SAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU), mulai melakukan proses rekapitulasi perhitungan suara, hasil Pemilihan Umum (Pemilu) yang dilaksanakan secara serentak di Indonesia pada 17 April 2019 lalu.

Dalam pemilu 2019 kali ini, KPU menyelenggarakan pemilihan presiden (Pilpres) maupun pemilihan Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, secara serentak.

Kendati demikian, proses rekapitulasi perhitungan suara yang dilakukan pada tingkat kecamatan atau distrik di seluruh wilayah NKRI, belum seluruhnya rampung. Karena terkendala beberapa faktor, baik yang bersifat teknis maupun non-teknis.

Selain itu, juga karena faktor letak geografis dan kondisi topografi wilayah di Indonesia yang beda-beda. Sehingga di wilayah perkotaan, cenderung lebih cepat merampungkan proses rekapitulasi pehitungan hasil suara pemilu 2019 pada tingkat kecamatan atau distrik.

Seperti halnya di Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), proses rekapitulasi perolehan suara pemilu 2019 pada tingkat kecamatan yang dilakukan sejak 18 April 2019, sudah rampung 100 persen pada Sabtu (27/04/2019) lalu.

Dari 498 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar pada tiga wilayah Daerah Pemilihan (Dapil) di Kota Palopo, secara keseluruhan sudah 100 persen direkapitulasi pada tingkat kecamatan.

Sehingga seluruh hasil rekapitulasi suara yang dilakukan PPK pada sembilan kecamatan yang ada di Kota Palopo, dan semua kotak suara yang digunakan dalam pemilu 2019, telah dimobilisasi ke Kantor KPU Kota Palopo, Sabtu (27/04/2019) sore.

Dengan demikian, hasil Pileg 2019 di Kota Palopo sudah dapat dilihat pada situs resmi KPU (https://pemilu2019.kpu.go.id/#/dprdkab/hitung-suara/).

Seluruh data entri yang ditampilkan pada ‘Menu Hitung Suara’ dalam situs resmi KPU tersebut, merupakan data yang disalin sesuai dengan angka yang tertulis pada salinan Formulir C1 yang diterima KPU dari KPPS se-Kota Palopo.

Berdasarkan data tersebut diketahui bahwa, partai Golkar berhasil menjadi peraih suara terbanyak di Kota Palopo dalam Pileg 2019 dengan total perolehan sebanyak 13.938 suara.

Atas prestasi ini, Golkar berhasil mendapatkan empat kursi DPRD Kota Palopo untuk periode 2019 – 2024 mendatang. Juga berhasil untuk mendudukkan kadernya pada posisi sebagai Ketua DPRD Kota Palopo.

Pada Dapil 1 Kota Palopo yang meliputi wilayah Kecamatan Wara, Wara Barat dan Mungkajang, Golkar berhasil meraih 3.300 suara dan merebut kursi ke-3 dari delapan kursi yang diperebutkan.

Sedangkan di Dapil 2 Kota Palopo yang meliputi wilayah Kecamatan Wara Utara, Bara dan Telluwanua, partai berlambang pohon beringin tersebut, hanya bisa merebut kursi ke-4 dari sembilan kursi yang diperebutkan, dengan perolehan sebanyak 3.617 suara.

Dan di Dapil 3 Kota Palopo yang meliputi wilayah Kecamatan Wara Timur, Wara Selatan dan Sendana, partai besutan Presiden Soeharto tersebut, berhasil merebut dua kursi dari tujuh kursi yang diperebutkan, dengan perolehan sebanyak 7.021 suara.

Sementara posisi kedua perolehan suara terbanyak dalam Pileg 2019 di Kota Palopo, berhasil direbut partai Nasdem, dengan total perolehan sebanyak 13.696 suara.

Sehingga partai besutan Surya Paloh tersebut, hanya bisa merebut posisi pimpinan DPRD Kota Palopo sebagai Wakil Ketua I pada periode 2019 – 2024 mendatang.

Hanya saja, partai Nasdem meski berhasil merebut empat kursi dari tiga Dapil yang ada di Kota Palopo, sama dengan perolehan kursi partai Golkar, namun kalah jumlah perolehan suara.

Di Dapil 1 Kota Palopo, Nasdem berhasil merebut dua kursi, yakni kursi  pertama dan kursi ke-8 atau kursi terakhir.

Untuk Dapil 2 Kota Palopo, partai bertagline Gerakan Perubahan ini, hanya bisa merebut satu kursi meski perolehan suaranya mencapai 4.909 suara.

Dan di Dapil 3 Kota Palopo, partai Nasdem hanya bisa mengumpulkan suara sebanyak 3.607, namun juga berhasil memperoleh satu kursi, yakni kursi ke-5 dari tujuh kursi yang diperebutkan.

Pada posisi ketiga perolehan suara terbanyak dalam Pileg 2019 di Kota Palopo, berhasil direbut partai Demokrat, dengan perolehan sebanyak 9.993 suara.

Partai berlambang mercy tersebut, hanya bisa merebut masing-masing satu kursi dari tiga Dapil yang ada di Kota Palopo.

Sehingga partai besutan Presiden Susilo Bambang Yudohyono (SBY) ini, hanya bisa mendudukkan kadernya pada posisi pimpinan DPRD Kota Palopo sebagai Wakil Ketua II untuk periode 2019 – 2024 mendatang.

Untuk diketahui, sebanyak 92.284 suara sah yang memilih dalam Pileg 2019 pada 498 TPS se-Kota Palopo.

Diketahui pula, data yang ditampilkan pada Situng masih belum bersifat hasil resmi penghitungan perolehan suara. Karena penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara akan dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam rapat pleno terbuka, hingga 22 Mei 2019 mendatang.

Penulis   : Tim Lipsus
Editor     : William Marthom


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.