.

.

.

Sabtu, 27 April 2019

Jelang Akhir Masa Jabatannya, Kades Seriti Tetap Fokus Membangun Desa

Kades Seriti, Yermia Rataba. [Foto : T. SAR - William Marthom]

LUWU, Tabloid SAR – Menjelang  periode  masa jabatannya berakhir, Kepala Desa (Kades) Seriti, Yermia Rataba tetap fokus membangun kampung halamannya yang ia nahkodai.

Tidak sama dengan sejumlah kades lainnya saat memasuki masa purna bakti, mereka kebanyakan lebih memilih memanfaatkan berbagai ruang, waktu dan kesempatan untuk melakukan pencitraan jika masih memiliki keinginan maju pada periode berikutnya.

Bahkan, tak jarang program pemerintahan desa yang mereka pimpin dijadikan sebagai alat untuk meraup sejumlah keuntungan politis.

Sasaran pembangunan lebih banyak mengarah pada tujuan politik semata, baik itu program pembangunan fisik maupun non fisik, umumnya selalu ditunggangi kepentingan pribadi agar dapat  menjadi citra yang baik di mata masyarakat.

Tentu dengan harapan program-program tersebut, dapat menjadi modal dalam memuluskan tujuan politik mereka, agar bisa terpilih kembali menjadi kades pada periode berikutnya.

Hal tersebut, jelas berbeda dengan kepemimpinan, Yermia saat memasuki masa purna baktinya sebagai Kades Seriti periode 2013 – 2019.

Meski masa baktinya tidak lama lagi dan akan berakhir pada bulan Juli 2019 mendatang, Yermia tetap fokus membangun Desa Seriti, berdasarkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPBDes) Tahun Anggaran (TA) 2019 sesuai hasil rekomendasi musyawarah desa yang dipimpinnya.

Yermia tetap konsisten menjalankan roda pemerintahan desa di Seriti,  sesuai dengan aturan perundang-undangan dan regulasi yang ada.

Konsistensi tersebut dapat dilihat secara terang benderang dalam seluruh rencana program kerja pembangunan yang akan dilaksanakan Pemerintah Desa Seriti pada masa menjelang berakhirnya periode, Yermia.

Menurut, Kades Seriti ini, meski periode masa jabatannya sebagai kades, akan berakhir pada bulan Juli 2019 mendatang, namun semua program pembangunan yang bakal dilaksanakan di Desa Seriti, secara keseluruhan tetap berjalan seperti biasanya.

“Semuanya tetap berjalan normal dan biasa-biasa saja, itu bisa dilihat baik dalam kegiatan fisik maupun program non fisik yang terangkum dalam APBDes Seriti Tahun Anggaran 2019. Semua itemnya tetap berdasarkan usulan-usulan masyarakat sebagaimana yang disepakati dalam musyawarah desa,” kata Yermia saat dikonfirmasi wartawan Tabloid SAR, Sabtu (27/04/2019) siang.

Selain itu, Yermia menerangkan bahwa, dalam APBDes Seriti TA 2019 ada sejumlah kegiatan fisik dan non fisik yang akan dibiayai menggunakan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa (ADD).

“Kegiatan pembangunan fisik yang akan dibiayai menggunakan Dana Desa tahun ini antara lain,  pembuatan draenase sepanjang 150 meter pada semua dusun yang ada di Desa Seriti, yakni Dusun Ulu Tondok, Seriti Tengah, Seriti Utara dan Seriti Selatan. Kemudian pembuatan lintasan lari di Lapangan Desa Seriti yang berada di Dusun Seriti Selatan,” sebutnya.

Sedangkan program non fisik yang akan dibiayai menggunakan Dana Desa, kata Yermia adalah tambahan modal untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Pada tahun 2017 lalu, kami telah menganggarkan penyertaan modal awal untuk BUMDes sebesar Rp 50 juta. Tahun kemarin (2018) kami tidak menambah modal itu, tapi dalam tahun ini kami kembali anggarkan tambahan modal untuk BUMDes sebanyak Rp 100 juta,” jelas Yermia.

Sementara, ADD Seriti TA 2019 secara umum akan digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan desa.

“Termasuk untuk gaji aparat dan perangkat desa, serta buat pengadaan ATK (alat tulis kantor) dan biaya-biaya tak terduga lainnya sepanjang tidak bertentangan dengan regulasi,” ungkap Yermia.

Untuk diketahui, Dana Desa Seriti TA 2019 sebesar Rp 780.577.000, sedangkan ADD sebanyak Rp 360.170.000.

Diketahui pula, pada tahun lalu Kades Seriti, Yermia Rataba berhasil membangun talud di Dusun Seriti Utara sepanjang 250 meter, dan membuat draenase pada empat dusun yang ada di Seriti masing-masing sepanjang 232 meter, serta membangun belasan jamban keluarga untuk warga kurang mampu, menggunakan Dana Desa TA 2018.

Dan berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Redaksi Tabloid SAR,  dalam tahun ini ada sejumlah proyek Pemerintah Kabupaten Luwu akan dibangun di wilayah Desa Seriti, Kecamatan Lamasi Timur, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Proyek yang dibiayai menggunakan APBD Kabupaten Luwu TA 2019 tersebut, berupa pembuatan jamban sebanyak 80 unit, pengerasan jalan desa di Dusun Ulu Tondok dan Seriti Tengah, serta pembuatan talud di Dusun Seriti Utara, dan pembangunan pintu gerbang perbatasan Kelurahan Lamasi dengan Desa Seriti.

Penulis   : William Marthom
Editor     : Zottok       
      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.