.

.

.

Jumat, 19 April 2019

Kecamatan Seko dan Rampi akan Dikembangkan Jadi Sentra Peternakan Sapi di Sulsel


Prof. DR. Lella Rahim, M.Sc (kiri) menyerahkan buku hasil kajian timnya kepada Bupati Lutra, Indah Putri Indriani di ruang kerja bupati, Kamis (18/04/2019). [Foto : Int]
LUTRA, Tabloid SAR – Pemerintah Kabupaten Luwu Utara (Lutra) khususnya Bupati Lutra, Indah Putri Indriani sempat tercengang ketika mengetahui bahwa ada dua wilayah kecamatan di Lutra yang diproyeksikan sebagai sentra pengembangan peternakan sapi. Kedua kecamatan tersebut adalah Seko dan Rampi.

Upaya untuk menjadikan wilayah Seko dan Rampi sebagai sentra peternakan sapi di Kabupaten Lutra, ternyata masuk dalam program skala prioritas Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah.

Pasalnya, proyeksi peternakan sapi di Kecamatan Seko dan Rampi, masuk dalam kajian program kerja 100 hari Nurdin Abdullah setelah dilantik sebagai Gubernur Sulsel pada 2018 lalu.

Hal tersebut diungkapkan Koordinator Tim Kajian Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Prof. Dr. Lellah Rahim M.Sc, seusai menggelar pertemuan dengan Bupati Indah di ruang kerjanya, Kamis (18/4/2019).

“Tadi sewaktu bertemu dengan Ibu Bupati, ada buku yang kami serahkan kepada beliau. Buku itu berisi hasil kajian program kerja 100 hari Bapak Gubernur Sulsel kerjasama dengan Unhas dan Pemprov Sulsel,” ungkap Lella Rahim.

Menurut, Lella Rahim berdasarkan hasil kajian program 100 hari kerja Gubernur Nurdin, diketahui bahwa ada potensi luar biasa yang dapat dikembangkan di wilayah Kecamatan Seko dan Rampi. Sehingga Seko dan Rampi di Kabupaten Lutra ini, kedepannya akan dikembangkan jadi sentra peternakan sapi di Sulsel.

“Karena hasil kajian itu menunjukkan bahwa wilayah Kecamatan Seko dan Rampi, memiliki potensi yang luar biasa untuk sektor peternakan, khususnya sapi. Dan dalam waktu dekat ini, hasil kajian tersebut akan kita ekspose di sejumlah tempat, termasuk di Konjend Australia,” sebutnya..

Ia menambahkan, wilayah Kecamatan Seko dan Rampi di Kabupaten Lutra menjadi pilihan karena  dinilai sangat cocok untuk pengembangan sentra peternakan sapi di Sulsel.

“Pilihannya jatuh pada wilayah Seko dan Rampi di Lutra ini, karena memiliki lokasi yang masih sangat luas untuk dijadikan lahan peternakan. Selain itu, juga sangat didukung dengan kondisi alam dan topografinya,” tambah Lella Rahim.

Tampak sejumlah Kepala OPD lingkup Pemkab Lutra, ikut mendampingi Bupati Indah dalam pertemuan tersebut, yakni Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak Keswan) Adriyani Ismail, Kepala Bappeda Rusydi Rasyid, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Buramin Dannu.

Editor : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.