.

.

.

Senin, 22 April 2019

Rapat Pembentukan PPSB dan Panitia Semester Genap SMKN 4 Luwu Berlangsung Alot, Ada Apa?

Wakil Kepala SMKN 4 Luwu, Jamaluddin, S.Pd.I. [Foto : T.SAR - William Marthom]

LUWU, Tabloid SAR – Segenap unsur pimpinan dan tenaga pengajar di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Luwu, menggelar rapat pembentukan Panitia Penerimaan Siswa Baru (PPSB) Tahun Pelajaran 2019/2020 di ruang guru SMK yang berada di Jalan Poros Palopo – Masamba Km 14 Karetan, tepatnya di Desa Bara’mamase, Kecamatan Walenrang, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin (22/04/2019) siang.

Rapat pembentukan PPSB yang dirangkaikan dengan rapat pembentukan Panitia Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019 tersebut, berlangsung alot ketika membahas mengenai rencana penambahan jurusan baru di SMKN 4 Luwu.

Pasalnya, sejumlah peserta rapat mengusulkan penambahan jurusan yang berbeda-beda disertai dengan alasan dan argumentasi berbeda pula.

Hal tersebut, diungkapkan Wakil Kepala SMKN 4 Luwu Bidang Sarana dan Prasarana (Sarpras), Jamaluddin, S.Pd.I, ketika dikonfirmasi wartawan Tabloid SAR, Senin (22/04/2019) siang saat rapat masih tengah berlangsung.

Menurutnya, Kepala SMKN 4 Luwu, Harianto Gommo, SPd, MSi, yang memimpin rapat tersebut, meminta para peserta rapat untuk mengusulkan jurusan baru dengan mempertimbangkan beberapa hal penting terkait keberadaan jurusan baru itu nantinya.

“Kita akan membuka jurusan baru yang cocok di sekolah ini, tapi tentu dengan mempertimbangkan ketersediaan sarana dan prasarana yang ada, termasuk ketersedian para tenaga pengajar yang disiplin ilmunya sesuai dengan jurusan baru itu,” kata Jamaluddin mengutip ucapan Kepala SMKN 4 Luwu.

Selain itu, Jamaluddin menerangkan bahwa, ada lima jurusan baru yang diusulkan para peserta rapat saat itu, yakni jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Pengelasan, Teknik Kelistrikan, Perikanan, dan Peternakan.

“Kendati rapatnya masih sementara berlangsung dan belum diputuskan, tapi kemungkinan besar kita hanya akan menambah dua jurusan baru dalam Tahun Pelajaran 2019/2020 mendatang. Sehingga jika mencermati ketersediaan sarana dan prasarana, serta tenaga pengajar yang ada di sekolah ini, bisa jadi jurusan baru yang disetujui nantinya adalah jurusan TKR dan Perikanan,” terangnya.

Lebih lanjut, Wakil Kepala SMKN 4 Luwu Bidang Sarpras tersebut, menjelaskan bahwa, jurusan TKR dan Perikanan yang  paling memungkinkan untuk dibuka di sekolahnya.

“Sebab jika membuka jurusan TKR di sekolah kami ini, guru disiplin ilmu otomotifnya sudah ada, termasuk workshop (bengkel) karena di sekolah ini sudah lama membuka jurusan Teknik Otomotif Alat Berat. Begitu juga jika tahun ini, kami membuka jurusan Perikanan, tentu tempat praktiknya tidak susah karena sekolah ini memiliki banyak kolam yang luas,” jelas Jamaluddin.

Sedangkan terkait dengan pelaksanaan semester genap Tahun Pelajaran 2018/2019, Jamaluddin mengatakan bahwa, berdasarkan Kalander Akademik SMKN 4 Luwu,semester genap  akan dilaksanakan pada minggu kedua bulan Juni 2019 mendatang.

“Semester genap akan kami laksanakan pada minggu kedua bulan Juni 2019. Karena pada minggu pertama bulan Juni, kita merayakan Hari Idul Fitri. Sementara, jika pelaksanaannnya mau dipercepat pada bulan Mei, agak sulit karena minggu pertama Mei kita sudah memasuki Bulan Suci Ramadhan atau bulan puasa,” ujarnya seraya mengatakan kecuali jika Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel mengambil kebijakan yang berbeda dengan kalender akademik sekolah.

Sementara, terkait dengan penerimaan siswa baru (PSB), Jamaluddin mengungkapkan bahwa, setelah Panitia PSB Tahun Pelajaran 2019/2020 terbentuk, maka secepatnya mereka akan melakukan promosi.

“Kalau panitianya sudah terbentuk, maka mulai minggu ini sudah harus melakukan promosi ke SMP (Sekolah Menengah Pertama) atau sederajatnya. Minimal dengan cara membagikan brosur promosi SMKN 4 Luwu di SMP-SMP yang menjadi sasaran promosi, dan jika panitia PSB diberi kesempatan oleh sekolah terkait, maka mereka akan melakukan promosi dengan metode sosialisasi langsung di dalam kelas kepada para siswa-siswi SMP yang akan tamat tahun ini,” tandasnya.

“Dan setelah promosi, maka mulai awal Juni 2019, Panitia PSB SMKN 4 Luwu akan menerima siswa baru Tahun Pelajaran 2019/2020,” kunci Jamaluddin. 

Untuk diketahui, SMKN 4 Luwu tahun ini menammatkan 160 orang siswa-siswinya dari lima jurusan yang ada, yakni Teknik Otomotif Alat Berat, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Telekomunikasi (Telkom), Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura atau Pertanian, serta jurusan Kehutanan.  

Diketahui pula, lebih dari 300 orang siswa-siswi Kelas I dan II SMKN 4 Luwu, akan mengikuti Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019 pada minggu kedua Juni mendatang.  

Penulis   : William Marthom
Editor     : Zottok  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.