.

.

.

Rabu, 15 Mei 2019

Bupati Luwu Lantik 85 Anggota BPD dari 13 Desa

Bupati Luwu, Basmin Mattayang melantik 85 Anggota BPD dari 13 desa di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Luwu, Rabu (15/05/2019). [Foto : T.SAR - Arizal Ilyas] 

LUWU, Tabloid SAR – Bupati Luwu, Basmin Mattayang melantik Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) periode 2019 – 2025 di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Luwu, Rabu (15/05/219).

Para Anggota BPD yang dilantik oleh Basmin tersebut, berasal dari 13 desa dan delapan wilayah kecamatan se-Kabupaten Luwu.

Dalam pelantikan ini, Bupati Basmin didampingi Wakil Bupati Luwu, Syukur Bijak, dan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Luwu, Masling Malik.

Pada bagian awal sambutannya, Bupati Luwu menyampaikan, ucapan selamat menunaikan ibadah puasa.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Luwu beserta jajarannya, kami menyampaikan selamat menunaikan ibadah puasa. Muda-mudahan puasa kita di bulan suci ramadhan ini, dapat diterima dan menjadi penyejuk hati bagi kita,” kata Basmin.

Selain itu, Basmin mengapresiasi para Anggota BPD yang dilantiknya untuk masa bakti enam tahun kedepan.

“Saya merasa bangga melihat para Anggota BPD, karena di dalamnya terdapat para tokoh pemuda, tokoh perempuaan dan tokoh masyarakat, serta tokoh agama,” ujarnya.

Lebih lanjut, Basmin menghimbau agar para Anggota BPD yang baru saja dilantiknya, agar senantiasa dapat bekerjasama dengan kepala desa dan para aparat desa untuk memajukan desanya.

“Saya harap bapak/ibu setelah kembali ke desanya nanti, bisa mulai membangun sinergitas dan kerjasama yang baik dengan kepala desa dan aparat desanya, untuk mengupayakan percepatan pembangunan desa dan peningkatan kesejateraan warga desa,” himbaunya.

Orang nomor satu pada lingkup Pemkab Luwu tersebut juga menerangkan bahwa, fungsi BPD adalah membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa (Ranperdes) bersama kepala desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa dan melakukan pengawasan kinerja kepala desa.

“Dari tiga tugas dan fungsi tersebut, berarti sangat jelas bahwa BPD adalah sebuah lembaga yang memiliki kekuatan dalam menyepakati peraturan desa yang akan menjadi pedoman pelaksanaan pembangunan desa,” terang Basmin.

BPD juga kata, Basmin, memiliki kekuatan untuk menyampaikan aspirasi warga. Dan yang tak kalah hebatnya, BPD memiliki kekuatan untuk mengawasi proses pembangunan desa dalam seluruh aspek. Ini menunjukkan betapa kuatnya dan strategisnya BDP dalam ranah politik dan sosial desa.

“Semua itu dijelaskan secara gamblang dalam Permendagri Nomor 110 Tahun 2016 tetang Badan Permusyawaratan Desa,” kuncinya.

Penulis   : Arizal Ilyas
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.