.

.

.

Senin, 13 Mei 2019

Dinas Perkimtan akan Bangun 253 Unit Rumah Layak Huni Khusus MBR di Torut

Kadis Perkimtan Kabupaten Torut, Ir. Daniel Tandi, M.Si 

Dinas Perkimtan Torut, Tahun Ini Segera Menyiapkan Lahan untuk Lokasi Pembangunan Terminal

TORAJA, Tabloid SAR – Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Kabupaten Toraja Utara (Torut), tahun ini segera menyiapkan lahan untuk lokasi pembangunan terminal dan lokasi perkantoran instansi vertikal di wilayah Torut.

Informasi ini merupakan kabar gembira, karena selama ini program pembangunan perkantoran maupun sarana pelayanan umum lainnya di Kabupaten Torut, selalu terkendala karena sulitnya mendapatkan lahan yang representatif untuk lokasi pembangunan.

Hal tersebut, diungkapkan Kepala Dinas (Kadis) Perkimtan Kabupaten Torut, Daniel Tandi saat ditemui wartawan Tabloid SAR di ruang kerjanya baru-baru ini.

Menurutnya, penyediaan lahan untuk lokasi pembangunan terminal dan perkantoran jajaran vertikal itu, memang diprioritaskan tahun ini.

“Dan kedepannya akan disiapkan lagi, lahan untuk lokasi pembangunan perkantoran jajaran Pemda Torut,” ungkap Daniel.

Selain itu, mantan Kepala Bappeda Kabupaten Torut ini juga mengatakan, untuk program percepatan pengentasan kemiskinan di Torut, pihaknya akan berkoordinasi dengan sejumlah dinas terkait.

“Koordinasi itu dilakukan dalam rangka mensolidasikan anggaran DAK (Dana Alokasi Khusus) untuk APBD dengan Dana Desa untuk bantuan stimulan rumah swadaya menjadi rumah layak huni,” kata Daniel.

Lebih lanjut, Daniel menerangkan, bahwa tahun ini Pemda Torut mendapat bantuan dari pemerintah pusat untuk pembangunan 253 unit rumah layak huni.

“Anggarannya bersumber dari DAK untuk 153 unit rumah layak huni dan 100 unit melalui APBN Tahun Anggaran 2019,” terangnya.

Ia menjelaskan, bahwa mengingat program rumah layak huni adalah salah satu aspek yang urgen bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), dan sekaligus merupakan indikator pengentasan kemiskinan di Torut.

“Maka perlu adanya inovasi baru, yakni mensolidasikan DAK APBD dengan Dana Desa, demi mempercepat program pengentasan kemiskinan,” jelas Daniel.

Dalam menjawab pertanyaan terkait program Tahun Anggaran 2019 yang akan dilaksanakan Dinas Perkimtan Torut, mantan Kadis PUPR Kabupaten Torut tersebut, menyebutkan sejumlah item pekerjaan.

“Program kita tahun ini antara lain penyedian air minum, sanitasi air, dan lampu penerangan jalan umum (PJU) dari Kaleakan (Jalan Trans Palopo – Torut) menuju Rantepao Ibukota Kabupaten Torut. Pemasangan lampu PJU itu, merupakan program bantuan dari Pemprov Sulsel,” sebut Tandi.

Penulis   : David Luase
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.