.

.

.

Selasa, 21 Mei 2019

Gelar Mutasi Pejabat Eselon II & III, Bupati Luwu Lantik Anaknya dan Istri Wabup


Bupati Luwu, Basmin Mattayang (kiri) membacakan SK pengangkatan para pejabat eselon II & III lingkup Pemkab Luwu di rumah kediaman pribadinya di Desa Buntu Matabbing, Kecamatan Larompong, Kabupaten Luwu, Senin (20/05/2019).

LUWU
, Tabloid SAR – Pada akhir April 2019 lalu, Bupati Luwu, Basmin Mattayang melakukan mutasi perdana, serta melantik sejumlah pejabat eselon II dan III pada lingkup Pemkab Luwu di Aula Gedung Bappeda Kabupaten Luwu.

Dalam pelantikan tersebut, Basmin menegaskan bahwa, para pejabat yang dilantik ini, bukan pilihan pribadinya.

“Pelantikan ini, dilakukan berdasarkan hasil seleksi lelang jabatan yang digelar oleh bupati lama, Andi Mudzakkar. Jadi yang dilantik ini, tidak punya hubungan kedekatan emosional baik dengan saya maupun dengan Pak Wabup, Syukur Bijak” tegasnya.

Sementara dalam mutasi kedua yang dilaksanakan, Bupati Basmin kali ini, ia melantik puluhan pejabat eselon II dan III lingkup Pemkab Luwu.

Pelantikan 20 orang pejabat eselon tersebut, digelar di kediaman pribadi, Basmin di Desa Buntu Mattabing, Kecamatan Larompong, Kabupaten Luwu, Sulsel, Senin (20/05/2019).

Kali ini, pelantikan dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Luwu Nomor: 821.20/144/BKPSDM/2019, yang telah mendapatkan persetujuan tertulis dari Kemendagri melalui surat Nomor: 821/3972/SJ, tertanggal 16 Mei 2019 dan surat Nomor: 821/2801/OTDA, tertanggal 17 Mei 2019.

Dalam sambutannya, orang nomor satu pada lingkup Pemkab Luwu tersebut mengatakan, pelantikan ini merupakan amanah berdasarkan aturan perundang-undangan.

“Sebagai orang yang paham aturan dan regulasi, maka tidak boleh ada jabatan lowong, apa lagi jika jabatan tersebut sangat strategis dalam pemerintahan,” kata Basmin.

Menurut, Basmin jabatan strategis yang dimaksud adalah jabatan di mana dibutuhkan konsentrasi dan pemikiran dalam melaksanakan tata kelola pemerintahan.

“Tujuan tentu untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” jelasnya.

Selain itu, Basmin mengungkapkan, pelantikan pada hari ini sangat bermakna, karena dilaksanakan selain dalam suasana bulan ramadhan, pelantikan tersebut juga bertepatan dengan momentum peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

“Harapan kita kedepan adalah mudah-mudahan dalam jiwa saudara-saudari terpatri jiwa kebangkitan nasional dan kebersamaan. Sehingga mampu memberikan kontribusi besar kepada masyarakat untuk meningkatkan pelayanan publik,” ungkapnya.

Kendati demikian, pelantikan kali ini terkesan berbau nepotisme karena anak bupati dan istri Wabup Luwu, ikut dilantik sebagai pejabat eselon III.

Putra bupati, Muhammad Ahkam Basmin dilantik sebagai Kepala Bidang (Kabid) Mutasi dan Penilaian Kinerja Aparatur Badan Kepegawaian dan pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Luwu.

Sedangkan istri Wabup, Elnita Pakolo dilantik menjadi Kabid Perlindungan Perempuan dan Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Luwu.

Untuk diketahui, nepotisme berdasarkan pendapat para ahli adalah pemilihan orang bukan atas dasar kemampuannya, tetapi atas dasar hubungan kekeluargaan. Kata nepotisme ini, berasal dari kata Latin “nepos” yang berarti “keponakan” atau “cucu”.

Dalam pasal 1 ayat 5 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggara Negara Yang Bersih dan Bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN), diterangkan bahwa, nepotisme adalah setiap perbuatan penyelenggara negara secara melawan hukum yang menguntungkan kepentingan keluarganya dan atau kroninya di atas kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara.

Misalnya jika seorang pejabat negara mengangkat anggota keluarganya menduduki jabatan tertentu dalam pemerintahannya, tanpa memperhatikan aturan hukum yang berlaku.

Diketahui pula, puluhan pejabat eselon II dan III yang dilantik oleh Bupati Basmin tersebut, yakni:

I.                            Pejabat Eselon II
1) Andi Baso Tenri Esa dilantik sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Pembangunan dan SDM;
2)    Sakri dilantik sebagai Inspektur Kabupaten Luwu;
3) Rahman Mandaria dilantik sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu;
4) Hasbullah Bin Mush dilantik sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu;
5) Baharuddin dilantik sebagai Asisten Administrasi Umum Pemkab Luwu;
6) Yermia Maya dilantik sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Pemkab Luwu;
7) Andi Palanggi dilantik sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Luwu;
8)  H. Zaenal Said dilantik sebagai Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Luwu;

 Pejabat Eselon III

9) Mahfud Mahmud dilantik sebagai Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Luwu;
10)H. Andi Muin dilantik sebagai Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Luwu;
11)Muhammad Yusuf dilantik sebagai Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Luwu;
12)Sario dilantik sebagai Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Luwu;
13)Husain dilantik sebagai Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Luwu;
14)Muhammad Ahkam Basmin dilantik sebagai Kepala Bidang Mutasi dan Penilaian Kinerja Aparatur Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Luwu;
15)Elnita Pakolo dilantik sebagai Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan anak Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Luwu;
16)Ruslang dilantik sebagai Kepala Bidang Perekonomian, SDA, Infrastruktur dan Kewilayahan BAPPERLITBANG Kabupaten Luwu;
17)Randi Eka Putra dilantik sebagai Kepala Bidang Persandian Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Luwu;
18)Yulianus Mathius dilantik sebagai Kepala Bidang Jasa Konstruksi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Luwu;
19)Kasmaruddin dilantik sebagai Kepala Bidang Preservasi Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Luwu;
20)Irpan dilantik sebagai Kepala Bidang Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Luwu.

Penulis   : Arizal Ilyas
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.