.

.

.

Kamis, 16 Mei 2019

Launching Aplikasi “Si ANTAR” Masyarakat Kelurahan Amassangan Kini Dimanjakan dengan Layanan Administrasi

Dari kiri kekanan, Camat Wara, Arham bersama Lurah Amassangan, Husrin M.Padda memperlihatkan baju rompi seragam petugas Si ANTAR ketika melaunching aplikasi Si ANTAR di ruang pertemuan Kantor Kelurahan Amassangan, Kecamatan Wara, Kota Palopo, Rabu (15/05/2019) sore.

PALOPO, Tabloid SAR – Pemerintah harus hadir untuk menjawab dan melayani kebutuhan rakyatnya, termasuk dalam memudahkan berbagai macam layanan administrasi kependudukan dan administrasi perizinan.

Komitmen tersebut, kini dibuktikan oleh Lurah Amassangan, Husrin M.Padda dalam memberikan kemudahan dan kecepatan untuk melayani warganya.

Hal itu, dibuktikan oleh Husrin dengan menghadirkan aplikasi Si ANTAR (Sistem Pelayanan Mengantar) yang berbasis digital.  

Dimana masyarakat Kelurahan Amassangan, tidak perlu lagi ke kantor lurahnya untuk mengurus sejumlah berkas, ketika hendak mengajukan permohonan pelayanan yang bersifat administratif, baik itu menyangkut layanan administrasi kependudukan maupun administrasi perizinan.

Aplikasi tersebut, dilaunching oleh Camat Wara, Arham di ruang pertemuan Kantor Kelurahan Amassangan, Kecamatan Wara, Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu (15/05/2019) sore.   

Menurut Lurah Amassangan, aplikasi tersebut memberi kemudahan bagi warga dalam mengurus sejumlah berkas tanpa harus datang ke kantor lurah dengan cara, cukup melakukan pengajuan atau permohonan melalui telpon seluler warga yang ditujukan ke nomor tertentu yang telah disebarluaskan dan disosialisasikan kepada warga.

“Jadi warga yang mau mengurus administrasi kependudukan atau administrasi perizinan, sama sekali tidak perlu lagi ke kantor lurah. Warga juga, tidak perlu pusing dengan kelengkapan berkas berupa foto copy Kartu Keluarga (KK) atau KTP, ketika hendak mengurus. Karena kita sudah punya loker data penduduk, sehingga warga cukup menelpon, SMS atau WA dengan cara, ketik nama pemohon, nama kepala keluarga, RT/RW dan jenis keperluan administrasi yang dibutuhkan,” kata Husrin.

“Setelah itu, operator memeriksa basis data penduduk di loker data, untuk selanjutnya dibuatkan surat yang dimohonkan jika memenuhi syarat. Dan setelah suratnya dibuatkan, maka surat yang dimohonkan warga, akan diantarkan oleh petugas Si ANTAR dari kelurahan ke alamat yang bersangkutan. Proses pengantaran surat yang dimohonkan sesuai dengan durasi waktu yang telah ditentukan,” tambahnya.  

Selain itu, Alumni Universitas Andi Djemma (Unanda) Palopo tersebut menerangkan bahwa, untuk saat ini layanan yang menggunakan aplikasi Si ANTAR baru dapat mencakup dua RW yang ada di Kelurahan Amassangan.

“Hanya saja cakupan layanan aplikasi ini, baru dapat melayani warga pada dua RW di kelurahan ini, tapi itu sebagai sebuah langkah awal. Dan kedepannya kita akan terus kembangkan dan diproyeksikan untuk diterapkan secara menyeluruh bagi seluruh warga pada semua RW yang ada di kelurahan ini,” terang Husrin.  

Lebih lanjut, mantan aktivis Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) Eksekutif Kota Palopo tersebut menuturkan, malah sebelum dilaunching aplikasi Si ANTAR sudah digunakan melayani warganya.

“Alhamdulilah, beberapa hari sebelum dilaunching, aplikasi ini sudah mendapat respon positif dari sejumlah warga ketika kami sosialisasikan, dan bahkan sejumlah warga kami sudah dilayani menggunakan layanan aplikasi Si ANTAR. Mudah-mudahan program ini dapat terjaga kesinambungannya dan terus bisa dikembangkan menjadi lebih sempurna,” tandas Husrin.

Sementara itu, Camat Wara, Arham yang melaunching aplikasi tersebut, mengaku bangga dengan terobosan yang dilakukan Lurah Amassangan.

“Sungguh sebuah terobosan yang kreatif dan inovatif, karena dengan adanya layanan Si ANTAR di kelurahan ini, maka kita tidak perlu lagi jauh-jauh pergi study banding untuk mendapatkan informasi aplikasi serupa,” ujarnya Arham disambut tepuk tangan yang meriah dari para hadirin.

Mantan Lurah Sampoddo ini, juga mengungkapkan harapannya agar aplikasi itu dapat terus dikembangkan, dan kalau bisa diakses melalui website.

“Sehingga aplikasinya lebih sempurna dan dapat ditiru oleh lurah lainnya untuk diterapkan di kelurahannya masing-masing, khususnya bagi kelurahan yang berada di wilayah Kecamatan Wara,” pinta Arham.

Launching aplikasi ini, ditandai dengan penandatanganan berita acara, dan pemakaian rompi Si ANTAR secara simbolis oleh Camat Wara kepada petugas Si ANTAR.

Penulis   : Kiki
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.