.

.

.

Selasa, 07 Mei 2019

Merasa Dicurangi pada Sejumlah TPS di Kecamatan Bua, Caleg Nasdem Surati KPU Luwu

Surat Keberatan yang dilayangkan Bastem selaku Caleg partai Nasdem nomor urut 7 di Dapil IV Luwu,  kepada Ketua KPU Luwu yang tembusannya diterima Redaksi Tabloid SAR, Selasa (7/5/2019) sore. [Foto : William Marthom]

LUWU, Tabloid SAR – Karena merasa dicurangi secara terstruktur, sistematis dan massif (TSM) pada sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel), Caleg partai Nasdem nomor urut 7 di Dapil IV Luwu yang bernama Bastem, mengajukan “Surat Keberatan” kepada KPU Kabupaten Luwu.

Dalam surat yang ditujukan kepada Ketua KPU Luwu tersebut, Bastem meminta agar KPU selaku penyelenggara Pemilu 2019 termasuk Pileg, untuk segera melakukan perhitungan suara ulang pada sejumlah TPS di Kecamatan Bua.

Pasalnya menurut Bastem, pihaknya mendapatkan data dan informasi yang valid mengenai adanya dugaan manipulasi hasil perhitungan suara secara TSM pada semua TPS yang ada di Kelurahan Sakti, Desa Tana Rigella, Desa Pabbarrasang dan Desa Barowa.

Dugaan manipulasi suara yang dianggap merugikan Bastem selaku Caleg Nasdem nomor urut 7 di Dapil IV Luwu tersebut, dilakukan dengan cara merekayasa hasil perhitungan suara pada C1 Plano ketika proses perhitungan suara dilakukan di TPS yang ada pada satu kelurahan dan tiga desa di Kecamatan Bua itu.  

Manipulasi suara yang dimaksud, dilakukan pada saat pengisian hasil perhitungan suara di TPS kedalam C1 Palno.

Selain mengajukan “Surat Keberatan” kepada KPU Luwu, Bastem juga meminta bantuan pendampingan pada LSM Aktivis Pembela Arus Bawah, untuk mengusut dugaan manipulasi suara yang diduga dilakukan secara TSM di Kecamatan Bua tersebut.

Hal ini, sesuai dengan “Surat Keberatan” yang dilayangkan Bastem kepada KPU Luwu tertanggal 7 Mei 2019, yang ditembuskan ke Redaksi Tabloid SAR.

Untuk diketahui, Dapil IV Kabupaten Luwu meliputi wilayah Kecamatan Bua, Bua Ponrang, Ponrang dan Ponrang Selatan.

Diketahui pula, surat yang dilayangkan Bastem ke KPU Luwu ini juga ditembuskan kepada sejumlah pihak, yakni pada Ketua Bawaslu Kabupaten Luwu, Pimpinan LSM Aktivis Pembela Arus Bawah, dan kepada Drs. Hasri Hasim selaku Saksi partai Nasdem pada tingkat Pleno Terbuka di KPU Luwu, serta ditembuskan pula kepada Pers untuk diekspose.

Penulis   : William Marthom
Editor     : Zottok   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.