.

.

.

Rabu, 29 Mei 2019

Polres Luwu Gelar 30 Adegan Rekontruksi Kasus Pembunuhan di Jembatan Cimpu’

Rekontruksi adegan ke 14 pembunuhan terhadap, Joko Wirawan diperankan anggota Sat Reskrim Polres Luwu saat pelaku, Lauren Sius Rudi menusuk dada korban di atas mobil yang mereka kendarai. Sementara, pelaku Nong Vona Ventura memperagakan perannya, sedang menyetir mobil saat pembunuhan tersebut berlangsung. 

LUWU, Tabloid SAR – Jajaran Polres Luwu melakukan adegan ulang atau rekontruksi, terkait kasus pembunahan terhadap warga Tanjung Pinang, Riau, Pulau Sumatra, Joko Irawan yang dilakukan dua warga asal Kabupaten Sikka, Plores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Rekontruksi ini digelar di Jembatan Cimpu’, Kecamatan Suli, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Rabu (29/05/2019) sore.

Pada adegan ke 14 kedua pelaku yakni, Lauren Sius Rudi (37) dan Nong Vona Ventura (32) melakukan aksi pembunuhan terhadap korban yang diketahui bernama, Joko.

Pelaku Lauren, membunuh Joko, dengan cara menusuknya di bagian dada sebelah kanan korban menggunakan sebilah badik. Sementara, Nong berperan menyetir mobil yang dikendari kedua pelaku dan korban.

Dalam adegan ke 15 dan 16 yang diparagakan pelaku pertama,  Lauren dengan cara kembali menamcapkan badiknya di dada dan belakang korban, hingga korban tewas. Dan pada adegan ke 27, Lauren kemudian membuang mayat korban ke Sungai Cimpu’.
Pelaku, Lauren Sius Rudi dalam rekontruksi memperagakan adegan ke 27 saat membuang korban yang dibunuhnya kedalam Sungai Cimpu' di Jembatan Cimpu', Kecamatan Suli, Kabupaten Luwu, pada Rabu (8/5/2019) malam, sesaat setelah membunuh korban bernama Joko Wirawan.   
Kasat Reskrim Polres Luwu, AKP Faisal Syam menjelaskan, kedua pelaku dan korban, masih rekan kerja dalam komplotan spesialis perampok sarang walet. Para pelaku mengaku bahwa, korban selama ini pelit sehingga kedua pelaku tega menghabisi nyawa Joko.

“Meraka masih rekan kerja, dan rencananya koban dan pelaku, akan berangkat ke Gorontalo untuk melakukan aksi kejahatan dengan cara mencuri sarang burung walet. Tapi naas buat, Joko karena di tengah perjalanan harus meregang nyawa, lantaran selama ini korban pelit kepada kedua pelaku,” ujarnya.

Untuk diketahui, peristiwa ini berawal saat warga Cimpu’ menemukan jenazah korban yang hanyut di Sungai Cimpu’, Kecamatan Suli, Kabupaten Luwu, Jumat (10/05/2019) lalu.

Awalnya, idenditas korban tidak diketahui sama sekali, saat warga menemukan jenazahnya di Sungai Cimpu’. Namun belakangan, Tim Reskrim Polres  Luwu berhasil mengungkap identitas korban yang diketahui bernama, Joko Wirawan, warga Tanjung Pinang, Riau, Pulau Sumatra.

Joko dibunuh diatas mobil yang ia tumpangi bersama kedua pelaku dengan cara ditusuk pada bagian dada sebelah kanan dan punggungnya, menggunakan sebilah badik pada Rabu (8/5/2019) malam.

Kedua pelaku pembunuhan dalam kasus tesebut, berhasil ditangkap Tim Reskrim Polres Luwu di kampung halaman para pelaku di Sikka, Kabupaten Plores, Pulau NTT, Sabtu (18/05/2019) lalu.

Pelaku utama, Lauren Sius Rudi berhasil diamankan Tim Reskrim Polres Luwu pada pagi harinya, sedangkan pelaku kedua, Nong Vona Ventura menyusul ditangkap pada sore hari di kampung halaman mereka di NTT.

Penulis   : Arizal Ilyas
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.