.

.

.

Senin, 13 Mei 2019

Tahun Ini, Pemda Lutra Kembali Gelontorkan Anggaran untuk Program Stimulan Pembangunan Perumahan

Kadis DPRKP2 Kabupaten Lutra, Muh. Anugerah Ali Anwar

LUTRA, Tabloid SAR – Pemerintah Daerah Luwu Utara (Pemda Lutra) melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPRKP2) Kabupaten Lutra, tahun ini kembali menggelontorkan anggaran untuk membantu warga kurang mampu di Lutra.

Bantuan itu, berupa program stimulasi pembangunan perumahan bagi ratusan kepala keluarga yang masuk kategori masyarakat kurang mampu di Lutra.

Hal itu diungkapkan, Kepala Dinas (Kadis) DPRKP2 Kabupaten Lutra, Muh. Anugerah Ali Anwar.

Menurutnya, program stimulasi pembangunan perumahan bagi masyarakat kurang mampu tersebut, bersumber dari dua mata anggaran yakni dari APBD Kabupaten Lutra Tahun Anggaran (TA) 2019 dan APBN TA 2019.

“Dalam tahun ini, kita akan membangun 214 unit stimulasi pembangunan perumahan bagi masyarakat kurang mampu yang dibiayai menggunakan APBD Lutra. Dan 705 unit yang danai menggunakan APBN,” kata Anugrah Ali saat ditemui wartawan Tabloid SAR di ruang kerjanya, Senin (13/05/2019) siang.

Selain itu, Anugerah Ali menerangkan bahwa, khusus program yang dibiayai menggunakan APBD Lutra tersebut, tersebar di seluruh kecamatan se-Kabupaten Lutra, sedangkan yang anggarannya bersumber dari APBN, hanya tersebar pada 10 kecamatan pada 38 desa yang ada di Lutra.

“Khusus program pembangunan perumahan stimulan yang dibiayai APBN, titik kegiatannya tersebar pada 38 desa yang tersebar di 10 kecamatan, yakni Kecamatan Baebunta, Baebunta Selatan, Sabbang, Sabbang Selatan, Sukamaju, Sukamaju Selatan, Bone-Bone, Malangke, Malangke Barat dan Kecamatan Mappedeceng,” terangnya.

Lebih lanjut, Kadis DPRKP2 Lutra menjelaskan, jika program ini sudah mulai berjalan sejak bulan maret lalu.

“Programnya sudah berjalan sejak maret lalu, kita awali dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” jelas Anugerah Ali.

“Selanjutnya kita melakukan verifikasi ulang nama-nama yang mendapat bantuan sesuai dengan persyaratan yang harus dipenuhi, seperti by name, by adres dan harus memiliki surat kepemilikan tanah yang akan ditempati membangun,” kuncinya.

Untuk diketahui, sudah beberapa tahun terakhir ini, Pemda Lutra menggelontorkan APBD untuk membiayai program situlasi pembangunan perumahan bagi masyarakat kurang mampu di Lutra. Hal serupa juga dilakukan oleh pemerintah pusat dalam kurun waktu tiga tahun terakhir.

Diketahu pula dalam tahun ini, sebanyak 919 kepala keluarga di Kabupaten Lutra yang mendapat bantuan program stimulasi pembangunan perumahan bagi masyarakat kurang mampu. Program tersebut dibiayai menggunakan APBD Lutra dan APBN TA 2019.

Penulis   : Dedhy Budiman
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.