.

.

.

Rabu, 29 Mei 2019

Wabup Luwu Pimpin Rapat Reliasisasi Penerimaan PAD Semester Pertama TA. 2019

Wabup Luwu, Syukur Bijak didampingi Kepala Bapenda Kabupaten Luwu, Moch Arsal Arsyal  (kiri) dalam rapat realisasi penerimaan PAD semester pertama Tahun Anggaran 2019 di ruang rapat Kantor Wabup Luwu, Rabu (29/05/2019).
LUWU, Tabloid SAR – Wakil Bupati (Wabup) Luwu, Syukur Bijak bersama Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Luwu, Moch Arsal Arsyal menggelar rapat realisasi penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tahun Anggaran (TA) 2019 di ruang rapat Kantor Wabup Luwu, Rabu (29/05/2019).

Rapat yang dihadiri para Kepala OPD lingkup Pemkab Luwu tersebut, dipimpin langsung oleh Wabup Luwu, Syukur Bijak (SBj) didampingi Kepala Bapenda Luwu, Moch Arsal.

Dalam kesempatan ini, Wabup Luwu menghimbau masyarakat Luwu agar taat membayar pajak.

Selain itu, SBj meminta semua OPD, camat, kepala desa dan lurah se-Kabupaten Luwu, agar lebih serius dalam menggenjot penerimaan PAD.

“Saya harap seluruh OPD pengelola PAD, termasuk para camat, kepala desa dan lurah, lebih serius dan tingkatkan kinerjanya untuk mengoptimalkan pencapaian penerimaan PAD pada triwulan kedua tahun ini,” himbaunya.

Lebih lanjut, SBj juga menghimbau seluruh jajaran Pemkab Luwu, agar tidak membudayakan kebiasaan menunda-nunda waktu.

“Janganlah dibudayakan kebiasaan buruk itu, kebiasaan menunda-nunda waktu, sehingga nanti digenjot kalau sudah pada akhir-akhir deadline waktu. Hal ini perlu jadi perhatian kita semua, karena kita punya tahapan yang sudah diatur dan direncakan secara sistematis,” tambahnya.

Wakil Bupati Basmin Mattayang tersebut juga menegaskan, pajak adalah salah satu barometer untuk mengetahui tingkat kepatuhan masyarakat.

“Karena pajak yang dikelola oleh pemerintah nantinya, akan kembali juga kepada masyarakat dalam bentuk program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bapenda Luwu, Moch Arsal menjelaskan, tujuan dari pada rapat ini untuk memotipasi seluruh perangkat OPD di lingkup Pemkab Luwu agar dapat mengoptimalkan PAD semester pertama TA 2019, sebelum bulan Juni 2019.

“Saya berharap target PAD dalam triwulan pertama yang bisa terealisasi, akan sama hasilnya di bulan Juni mendatang, sehingga nanti kita bisa mencapai target PAD TA 2019 pada semester pertama atau pada triwulan kedua minimal 50 persen,” kata Moch Arsal.

Pada kesempatan ini, Moch Arsal juga menjelaskan, untuk mengoptimalkan PAD TA.2019, pihaknya sudah merampungkan semua data-data laporan dari OPD terkait dan dari 22 kecamatan, 207 desa dan 20 kelurahan se- Kabupaten Luwu.

“Laporanya sudah kami terima dan sudah dirampungkan. Dari hasil laporan PAD yang sudah kami terima itu, capaian PAD Kabupaten Luwu hingga saat ini, baru mencapai sekitar 24 persen atau sekitar Rp 27 milliar dari target tahun ini sebesar Rp 109 milliar lebih,” ujarnya di depan Wabup Luwu.

Sedangkan, target Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), kata Moh Arsal untuk TA 2019 adalah sebesar Rp 4,7 milliar.

“Per 20 Mei 2019, capaian PBB kita baru sebanyak Rp 302 juta atau baru sekitar 6,4 persen dari target,” sebutnya.

Penulis   : Arizal Ilyas
Editor     : William Marthom


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.