.

.

.

Sabtu, 29 Juni 2019

Awal Juli Mendatang 100 Mahasiswa Unhas Bakal Laksanakan KKN Tematik di Lutim

Plt. Asisten II Pemkab Lutim, Budiman Hakim (tengah) membawakan materi berjudul “Potensi dan Rencana Pengembangan Kawasan Perdesaan Kecamatan Towuti” dalam acara pembekalan khusus bagi para Peserta KKN Tematik Unhas Tahun 2019 yang diselenggarakan di Aula Fakultas Kehutanan Unhas, Jumat (28/06/2019).


LUTIM,
Tabloid SAR – Pada awal bulan Juli mendatang, sekitar 100 orang mahasiswa dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, bakal melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik, selama 40 hari di wilayah pedesaan yang ada di Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur (Lutim), Sulawesi Selatan (Sulsel).

Pelaksanaan KKN Tematik ini, merupakan salah satu bentuk kerjasama Pemkab Lutim dengan Unhas.

Sebelum pelaksaan KKN tersebut, Bupati Lutim, HM Thoriq Husler diundang membawakan materi pada kegiatan pembekalan khusus bagi para Peserta KKN Tematik Unhas yang diselenggarakan di Aula Fakultas Kehutanan Unhas, Jumat (28/06/2019).

Dalam acara tersebut, Bupati Lutim diwakili oleh Plt. Asisten II Pemkab Lutim, Budiman Hakim, dengan membawakan materi berjudul “Potensi dan Rencana Pengembangan Kawasan Perdesaan Kecamatan Towuti.”

Selain itu, Budiman memaparkan program Pemkab Lutim yang dijadikan sebagai arah dan kebijakan pembangunan di Kabupaten Lutim.

Melalui kesempatan ini pula, mantan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lutim tersebut mengatakan, sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi Pemkab Lutim dan masyarakatnya atas kepercayaan Unhas memilih Kabupaten Lutim khususnya Kecamatan Towuti sebagai tempat pelaksanaan KKN Tematik.

Menurut Budiman, sudah saatnya para peserta KKN untuk membantu pengembangan potensi yang dimiliki oleh setiap desa yang tempati melaksanakan KKN, termasuk dalam penyiapan teknologi informasi desa.

“Sebab saat ini, seluruh Pemerintah Desa dituntut untuk banyak melakukan inovasi guna memajukan desanya. Sehingga dalam pelaksanaan KKN, peran para mahasiswa untuk membantu dan menfasilitasi desa dalam memberikan solusi pengembangan desa sangat diperlukan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, melalui pembekalan ini para peserta KKN diharapkan dapat bekerjasama dalam menyusun program kerja, dengan mempelajari terlebih dahulu latar belakang masing-masing daerah lokasi KKN dan menyesuaikannya dengan indikator yang akan dicapai dalam KKN Tematik di Kabupaten Lutim.

“Oleh karena itu, Gambaran Potensi dan Rencana Pengembangan Kawasan Perdesaan Kecamatan Towuti di Kabupaten Lutim sangat diperlukan oleh para mahasiswa Unhas yang akan mengikuti KKN Tematik di Bumi Batara Guru (Lutim),” tambah Budiman.

Lebih lanjut, Budiman menjelaskan, gambaran kondisi pertanian, perkebunan, peternakan dan perdagangan ini akan memberikan informasi awal dalam mengidentifikasi permasalahan Kawasan Perdesaan Kecamatan Towuti.

“Sehingga mahasiswa nantinya bisa melakukan kegiatan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan sejalan dengan program kerja Pemkab Lutim,” jelasnya.

Untuk diketahui, acara pembekalan peserta KKN Tematik tersebut, turut dihadiri oleh Koordinator KKN Lutim Tahun 2019, Dr. Ir. Syarifuddin M. Parenreng, ST, MT, Supervisor KKN Lutim,  Dr. Iqbal, STP, MSi, dan Senior Koordinator PPM PT. Vale Indonesia, Laode Muh. Ichman, ST, serta Camat Towuti, Alimuddin Nasir.

Diketahui pula, Peserta KKN Unhas Tahun 2019 di Kabupaten Lutim rencananya akan diterima pada tanggal 10 Juli 2019 di Kecamatan Towuti.

KKN Tematik tersebut, sedianya diikuti oleh 100 mahasiswa Unhas yang akan fokus pada program-program pertanian, perkebunan, peternakan dan perdagangan.

Editor : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.