.

.

.

Kamis, 20 Juni 2019

Salulemo Akan Wakili Kabupaten Lutra pada Lomba Desa Tingkat Sulsel Tahun 2019

Wabup Lutra, Muh. Thahar Rum (tengah) saat memimpin Rakor Persiapan Lomba Desa di ruang rapatnya, Kamis (20/06/2019).
Wabup Lutra : Pimpin Rapat Persiapan Kedatangan Tim Penilai dari Pemprov Sulsel

LUTRA, Tabloid SAR – Desa Salulemo, Kecamatan Baebunta, Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Sulawesi Selatan (Sulsel), terpilih mewakili Kabupaten Lutra untuk mengikuti ajang Lomba Desa Tingkat Provinsi Sulsel Tahun 2019.

Hal tersebut, terungkap dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Lomba Desa yang dipimpin oleh Wakil Bupati (Wabup) Lutra, Muh.Thahar Rum di ruang rapat Wabup, Kamis (20/06/2019).

Rakor ini dihadiri sejumlah pihak terkait, yakni perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Lutra, Tim Penggerak PKK Lutra, Camat Baebunta, dan Pemerintah Desa Salulemo, termasuk perwakilan OPD yang terkait dalam indikator penilaian lomba desa, seperti Dinas Pendidikan, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Lutra.

Menurut, Wabup Lutra sebanyak 12 indikator penilaian yang akan menjadi perhatian khusus para Tim Penilai Lomba dari Pemprov Sulsel, yang akan dijadwalkan berkunjung ke Kabupaten Lutra pada bulan Juli 2019 mendatang.

“Indikator tersebut diantaranya, sektor pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan masyarakat, partisipasi masyarakat, pemerintahan desa, kelembagaan masyarakat, pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, penataan dan kebersihan lingkungan, perpustakaan desa, dan tanggap siaga bencana,” sebut Thahar di depan para peserta rakor.

Dalam rakor ini, Wabup Lutra berpesan, agar seluruh pihak terkait dapat bekerjasama untuk mencapai target.

“Indikator penilaian yang harus menjadi perhatian khusus kita adalah aspek pendidikan, kesehatan dan administrasi kependudukan, tanpa mengesampingkan aspek lainnya,” himbau Thahar.

Selain itu, Thahar berharap, dalam lomba ini nantinya Kabupaten Lutra dapat meningkatkan prestasinya, setelah tahun lalu berhasil meraih peringkat ke empat dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi Sulsel Tahun 2018, yang waktu itu Lutra diwakili  Desa Dandang, Kecamatan Sabbang.

“Kita berharap dalam lomba tahun ini, Kabupaten Lutra dapat meraih juara minimal masuk peringkat tiga besar. Sehingga diperlukan kerjasama seluruh pihak, mulai dari jajaran pemerintah desa, kecamatan, hingga OPD terkait. Terlebih partisipasi masyarakat, dan yang terpenting adalah koordinasi semuai pihak terkait,” tukasnya.

Sebelumnya, Tim Penilai Kabupaten Lutra secara kolektif bermufakat, memilih dan menetapkan Desa Salulemo untuk mewakili Kabupaten Lutra dalam ajang ini dengan sejumlah pertimbangan strategis.

Salah satu indikator penting dalam penilaian tim tersebut adalah melihat kesiapan masyarakat dan Pemerintah Desa Salulemo. Apalagi,sebelumnya  Desa Salulemo pernah mengikuti lomba serupa beberapa tahun yang lalu.

Editor : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.