.

.

.

Sabtu, 29 Juni 2019

Wabup Lutra Menyambut Tim Surveyor Remedial Akreditasi Snars di RSUD Andi Djemma Masamba

Wabup Lutra, Muhammad Thahar Rum, menyampaikan sambutannya dalam acara penyambutan Tim Surveyor Remedial Akreditasi Snars Edisi I di Aula RSUD Andi Djemma Masamba, Sabtu (29/06/2019).

LUTRA, Tabloid SAR – Wakil Bupati Luwu Utara (Wabup Lutra), Muhammad Thahar Rum, menyambut Tim Surveyor Remedial Akreditasi Snars Edisi I di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Djemma Masamba, Sabtu (29/06/2019).

Acara penyambutan Tim Surveyor tersebut, berlangsung di Aula RSUD Andi Djemma Masamba, yang dimeriahkan dengan  Tarian Paddupa Bosara.

Tari Paduppa Basora, merupakan tari penyambutan tamu kehormatan masyarakat Tana Luwu atau Luwu Raya yang meliputi wilayah Kabupaten Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur dan Kota Palopo.

Direktur Utama (Dirut) RSUD Andi Djemma Masamba, Hariadi dalam laporannya menyampaikan bahwa, rumah sakit yang dinahkodainya telah berhasil mendapatkan penghargaan dengan predikat status utama.

“Sehingga RSUD Andi Djemma Masamba, saat ini telah behasil mendapatkan status Bintang Empat. Saya berharap dengan survey remedial ini, rumah sakit kita bisa naik statusnya menjadi Bintang Lima,” ujar Hariadi.

Selain itu, Hariadi menyampaikan, untuk menjamin kualitas alat kesehatan di RSUD Andi Djemma Masamba, maka setiap tahunnya dilakukan kalibrasi alat kesehatan.

“Setiap tanggal 26 November kita di rumah sakit ini, memperingatinya sebagai hari peningkatan mutu pelayanan dan keselamatan pasien,” tuturnya.

Sementara itu, Wabup Lutra, Muhammad Thahar Rum, dalam sambutannya menjelaskan, tujuan diadakannya akreditasi di rumah sakit berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 12 Tahun 2012 tentang Akreditasi Rumah Sakit.

“Tujuanya adalah untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit, meningkatkan keselamatan pasien, meningkatkan perlindungan bagi pasien, masyarakat dan seluruh staf di lingkup rumah sakit,” jelas Thahar.

Thahar menambahkan, rumah sakit wajib diakreditasi sebagai wujud dari upaya meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien yang dilakukan secara berkala agar mendapatkan suatu pengakuan dari pemerintah.

“Sehingga survey dan penilaian akreditasi rumah sakit wajib dilakukan setiap 3 tahun sekali. Hal tersebut sebagai-mana diatur dalam Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2008 tentang Rumah Sakit,” tambahnya.

Tim Surveyor Remedial Akreditasi Snars Edisi I, yang disambut oleh Wabup Lutra di RSUD Andi Djemma Masamba tersebut,  dipimpin Drg. Wahida M. Kes.
Acara penyambutan Tim Surveyor ini, selain dihadiri oleh Ketua DPRD Lutra, Mahfud Yunus, juga dihadiri sejumlah Kepala OPD lingkup Pemkab Lutra, diantaranya Kepala Dinas Kesehatan Lutra, A. Muhammad Nasrum, dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lutra, Alauddin Sukri.

Penulis   : Dedhy Budiman
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.