.

.

.

Minggu, 14 Juli 2019

Kabupaten Torut Berhasil Meraih Predikat Terbaik SPIP “Level 3”

Inspektur Kabupaten Torut, Hendrik Lemun Simak 

TORAJA, Tabloid SAR – Kabupaten Toraja Utara (Torut) berhasil meraih predikat terbaik Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). Predikat tersebut, resmi mulai disandang sejak bulan Juli 2019. Sebelumnya, Kabupaten Torut berada pada peringkat level 2 naik keperingkat level 3 SPIP.

Kenaikan level tersebut, berdasarkan hasil penilaian Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dengan berpedoman pada 5 unsur SPIP sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang SPIP.

Lima unsur SPIP yang dimaksud dalam PP No 60 Tahun 2008, meliputi lingkungan pengendalian, penilaian resiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi, serta pemantauan pengendalian intern.

Sistem Pengendalian Intern (SPI) adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan dan aset negara dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

Sedangkan, SPIP adalah Sistem Pengendalian Intern yang diselenggarakan secara menyeluruh di lingkungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Hal tersebut, diungkapkan oleh Inspektur (Kepala Inspektorat) Kabupaten Torut, Hendrik Lemun Simak, saat ditemui di ruang kerjanya baru-baru ini.

Dalam kesempatan ini, Hendrik juga menerangkan, bahwa BPKP dalam menentukan predikat SPIP Torut, digelar dengan melakukan penilaian pada Inspektorat Kabupaten Torut sebagai leading sektor.

“Dan melakukan penilaian pada 10 OPD di lingkup Pemkab Torut yang dilaksanakan dengan metode sampling atau acak,” terangnya.

Selain itu, Inspektur Kabupaten Torut menjelaskan pula, dalam bulan ini pihaknya juga tengah berjuang untuk meningkatkan predikat Akuntansi Manajemen Pemerintah (AMP) di Kabupaten Torut dari level dua ke level 3.

“Semoga perjuangan itu berhasil, sehingga Kabupaten Torut bisa segera naik level AMP dari level dua ke level 3,” ujar Hendrik.

Untuk diketahui, saat ini tercatat baru 8 kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) yang menyandang predikat terbaik (level 3) SPIP, termasuk Kabupaten Torut.

Diketahui pula, untuk kategori predikat terbaik AMP di Sulsel, baru berhasil diraih oleh tiga kabupaten/kota.

Penulis   : David Luase
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.