.

.

.

Jumat, 26 Juli 2019

Keciprat Anggaran Lebih dari Rp 1 M, Kades Tabah Genjot Pembangunan Infrastruktur Desanya

Kades Tabah, Adriadi, ST

LUWU, Tabloid SAR – Desa Tabah, Kecamatan Walenrang Timur, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel), tahun ini keciprat anggaran lebih dari Rp 1 milliar.

Hal tersebut diungkapkan, Kepala Desa Tabah, Adriadi ST, saat ditemui wartawan Tabloid SAR di ruang kerjanya, Jumat (26/07/2019) siang.

Menurut, Adriadi, dana sebanyak Rp 1 milliar lebih yang masuk ke rekening desanya tersebut, bersumber dari APBN dan APBD Tahun Anggaran (TA) 2019.

“Kalau yang bersumber dari APBN Tahun Anggaran 2019 adalah Dana Desa sebanyak Rp 800 juta lebih. Sedangkan yang sumbernya dari APBD Kabupaten Luwu, yakni Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp 379 juta,” ujarnya.

Kades Tabah dua periode tersebut menerangkan, Dana Desa itu akan digunakan untuk membangun enam item kegiatan pembangunan fisik infrastruktur di desanya.

“Dana Desa sekitar Rp 800 juta yang kami terima tahun ini, akan kami gunakan membangun enam item infrastruktur di Desa Tabah ini, sesuai hasil musyawarah desa (Musdes) yang kami laksanakan beberapa beberapa waktu lalu,” terang Adriadi.

Lebih lanjut, Alumni Fakultas Teknik Sipil Jurusan Arsitek Universitas Hasanuddin Makassar ini menyebutkan, enam item pekerjaan pembangunan infstruktur desa yang akan dibangun dalam tahun ini, yakni pembuatan draenase sepanjang 1.278 meter pada dua titik, dan pembuatan talud sepanjang 873 meter di satu titik, serta pembuatan plat dukker sebanyak tiga unit pada dua titik.

“Draenase yang akan kami bangun pada dua titik itu, masing-masing 636 meter di Dusun Pappoko’ dan 642 meter di Dusun Tabah. Sementara pembuatan talud sepanjang 873 meter di Dusun Pongrakka. Sedangkan tiga unit plat dukker yang akan kami bangun di Dusun Pongrakka sebanyak dua unit, dan satu unit di Dusun Tabah,” sebut Adriadi.

Selain itu, Kades Tabah menjelaskan, ADD sebanyak Rp 379 juta yang diterima desanya dalam tahun ini, tidak ada yang digunakan untuk membiayai kegiatan pembangunan fisik.

“Kalau ADD yang bersumber dari APBD Kabupaten Luwu itu, tidak ada yang kami gunakan untuk membiayai kegiatan pembangunan fisik. Semua kita gunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan desa, operasional dan honor aparat desa, serta untuk membiayai ATK (alat tulis kantor) dan biaya tak terduga lainnya,” jelasnya.

Untuk diketahui, Desa Tabah memiliki luas wilayah sekitar 9 Km2 yang terdiri dari lima dusun, yakni Dusun Tabah, Pongrakka, Padang Lempang, Pappoko’, dan Pani’ Langkan.  
Kelima dusun tersebut, dihuni 617 Kepala Keluarga atau sekitar 4.607 jiwa yang mayoritas warganya berprofesi sebagai petani penggarap sawah, dengan luas areal persawahan secara keseluruhan sebesar 602 hektar.

Diketahui pula, pada tahun 2018 lalu, Kades Tabah bersama warganya sepakat memfokuskan pembangunan infrastruktur desanya di Dusun Pani’ Langkan dan Dusun Padang Lempang dengan menggunakan Dana Desa TA 2018.

Sementara, pada tahun 2017 lalu pembangunan infrastruktur difokuskan di Dusun Tabah dan Dusun Pongrakka. Sedangkan Dana Desa pada TA 2016 lalu lebih difokuskan untuk membiayai pembangunan infrastruktur desa di Dusun Pappoko’ dan Dusun Padang Lempang.

Penulis   : William Marthom
Editor     : Zottok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.